Pendidikan TK Juga Penting. Ikuti 6 Langkah Memilih TK yang Tepat!

Jessica,
0
Memilih TK yang Tepat!

Orang tua harus memilih TK yang tepat karena ini merupakan peristiwa penting bagi kehidupan anak dan Anda sebagai orang tua. TK adalah tempat bagi anak untuk mendapatkan pendidikan dan bereksplorasi di lingkungan baru. Ini akan berdampak pada keberhasilannya di masa yang akan datang.

Ini dia beberapa hal yang harus orang tua pertimbangkan saat memilih TK:

  1. Pilih antara TK full day atau half day

 Memilih TK yang Tepat!

elmifermetures.com

Banyak taman kanak-kanak yang menawarkan sekolah full day atau half day. Jam sekolah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, sekolah full day cocok bagi anak yang memiliki orang tua yang bekerja, tetapi anak bisa kelelahan berada di sekolah. Sebaliknya, sekolah half day menyediakan waktu anak bermain di rumah, tetapi orang tua yang bekerja harus mencari cara lain untuk mengasuh anaknya.

  1. Dapatkan rekomendasi dari teman

Memilih TK yang Tepat!

marinatimes.com

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan TK yang menyediakan akses yang mudah untuk para orang tua. Memilih TK yang tepat bisa melalui website yang menyediakan informasi tentang fasilitas, kurikulum, peraturan dan prosedur, detail kontak, dan lokasi.

Meskipun demikian, Anda bisa bertanya kepada teman, tetangga, atau orang tua lain tentang pengalaman dan rekomendasinya sehingga Anda bisa mendapatkan sudut pandang baru tentang TK tersebut.

  1. Keliling ke sekolah-sekolah

Memilih TK yang Tepat!

taiwannews.com

Cara lain memilih TK yang tepat adalah meluangkan waktu untuk mengunjungi sekolah-sekolah yang Anda minati. Anda bisa jadi membutuhkan jadwal untuk membuat janji ketemu dengan pihak sekolah yang bisa mengakomodasi kunjungan Anda.

Kunci untuk menemukan sekolah yang baik adalah suasana positif di kelas. Murid yang senang dan proaktif biasanya diajar oleh guru yang suportif dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam aktivitas kelas. Tanyakan juga tentang jumlah murid di dalam kelas. Pastikan perbandingan antara guru dan murid itu optimal.

Jika diperbolehkan, luangkan waktu untuk melihat suasana kelas. Pastikan kelas tersebut memiliki ruang yang luas untuk beraktivitas dan aman bagi anak.

  1. Pertimbangkan mengenai jarak

Memilih TK yang Tepat!

thestar.com

Jika Anda menemukan TK yang bagus tetapi jaraknya terlalu jauh dari rumah, sebaiknya pikir ulang. Jarak yang jauh hanya akan membuat anak lelah di jalan. Ini akan membuat suasana hati anak turun saat sampai di sekolah. Jika sudah begitu, guru atau orang tua harus bisa membuat anak semangat belajar lagi.

  1. Kemukakan pertanyaan

Memilih TK yang Tepat!

parenttoolkit.com

Selain bertanya tentang kurikulum, pastikan Anda bertanya mengenai metode belajar, peraturan, prosedur, absensi, program pulang sekolah, fasilitas rekreasional, program makan siang, acara sekolah, dan hal lain yang penting untuk anak. Pastikan yang sekolah miliki akan berdampak secara intelektual, fisik, dan psikologis anak. Dengan ini, Anda bisa membayangkan kegiatan sehari-hari anak di sekolah.

  1. Pilih yang berpihak pada perkembangan anak

Memilih TK yang Tepat!

usforacle.com

Program pembelajaran termasuk hal penting saat memilih TK yang tepat. Pastikan program sekolah tersebut bisa mencakup enam aspek perkembangan anak, yaitu fisik motorik, moral agama, bahasa, kognitif, seni, dan sosial emosional.

TK juga harus memiliki program yang melatih kemandirian anak seperti toilet training, makan sendiri, memakai dan melepas sepatu atau baju, dan lainnya. Biasanya sekolah alam memiliki program melatih kemandirian seperti ini.

Belajar di luar ruangan juga bisa menjadi nilai tambah karena ini sangat penting bagi anak karena bisa belajar bersosialisasi dengan alam dan lingkungan baru.

Memilih TK yang tepat membutuhkan pertimbangan yang hati-hati. Ingatlah bahwa Anda hanya membuat keputusan ini satu kali, oleh karena itu pertimbangkanlah dengan bijak.

Be the first to write a comment.

Your feedback