Bukan Hanya Lucu, Berikut 5 Tips Memilih Perlengkapan Sekolah Anak

Jessica,
0
perlengkapan sekolah anak

Kerap kali, untuk membangkitkan antusiasme si kecil, orang tua memberikannya sesuatu yang memiliki tampilan lucu. Namun, hal ini bukanlah aspek tunggal yang perlu diperhatikan. Masalah kenyamanan dan keamanan pun harus mendapatkan perhatian. Misalkan, ketika memilih perlengkapan sekolah anak,  orang tua bisa menerapkan sejumlah tips berikut agar aktivitas anak di luar rumah bisa ditunjang secara maksimal.

Tips Memilih Tas

perlengkapan sekolah anak

pixabay.com

Dilansir dari situs Theasianparent.com, tas sekolah yang memiliki bobot lebih dari 10% berat badan anak dapat menyebabkannya mengalami sakit bahu, lengan, dan punggung bagian bawah. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini, mengingat jenis bawaan yang di bawa anak kini semakin beragam, mulai dari buku, alat tulis, perlengkapan makan, dan lain sebagainya.

Tips pertama, pilihlah tas ransel dibandingkan tas selempang. Pastikan juga tas tersebut memiliki tali yang lebar serta empuk. Hal ini berguna untuk mendistribusikan beban muatan secara merata sekaligus mengurangi rasa sakit pada bahu anak.

Kedua, cocokkan tas tersebut dengan ukuran tubuh anak. Sebaiknya pilih tas yang tingginya tidak melebihi empat inci di bawah pinggang. Pilih yang dilengkapi sabuk pinggang dan memiliki banyak kantong. Fitur tambahan tersebut merupakan suatu kelebihan karena dapat meringankan beban bawaan.

Ketiga, carilah jenis bahan yang ringan, tetapi tahan lama. Terakhir, cari tahu apakah sekolah menerapkan sistem berganti ruang di setiap pelajaran. Pemilihan model troli atau dorong akan sangat membantu mereka dalam bermobilitas.

Tips Memilih Sepatu

perlengkapan sekolah anak

pixabay.com

Sepatu mahal dengan model terbaru tidak selalu menjadi pilihan yang terbaik untuk si kecil. Orang tua harus mempertimbangkan perlengkapan sekolah anak yang satu ini dari segi kenyamanan, keamanan, dan pilihan materialnya yang tahan lama. Dengan begitu, tumbuh kembang mereka tidak akan terganggu.

Tips Memilih Perlengkapan Makan

perlengkapan sekolah anak

pixabay.com

Perlengkapan makan memang bukanlah bawaan utama anak ke sekolah. Namun, tentu akan lebih menyehatkan jika orang tua membekali buah hati dengan penganan buatan dari rumah. Nah, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih item ini?

Pertama-tama, pastikan perlengkapan makan pilihan Anda tidak memiliki sudut tajam.Telitilah apakah tempat makan tersebut menggunakan material yang aman alias food grade. Anak-anak cenderung kurang telaten melakukan suatu hal, oleh karena itu, pilihlah wadah makan yang memiliki fitur anti tumpah agar ia tidak ketumpahan dan agar tasnya tidak kotor. Terakhir, berikan kesempatan mereka untuk menentukan motif atau warna kesukaannya.

Tips Memilih Seragam

perlengkapan sekolah anak

pixabay.com

Perlengkapan sekolah anak yang satu ini bisa dibilang cukup vital karena menjadi salah satu perlengkapan wajib di tempat mereka belajar. Untuk itu, orang tua harus cermat saat membeli atau memilihkannya. Pilihlah bahan yang sejuk dan tidak mudah membuatnya berkeringat sehingga memicu iritasi kulit. Selain itu, jangan memilih ukuran terlalu ketat karena pertumbuhan anak di masa sekolah tergolong pesat. Adapun hal lain yang harus diperhatikan adalah meneliti kualitas jahitan agar senantiasa nyaman saat dipakai, terlebih si kecil masih sangat aktif.

Tips Memilih Alat Tulis

perlengkapan sekolah anak

pixabay.com

Alat tulis adalah perlengkapan sekolah anak yang dibutuhkan setiap saat, sehingga tidak hanya dibeli pada tahun ajaran baru saja. Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membelikannya secara grosir agar mendapatkan harga lebih murah. Tidak kalah penting, pertimbangkan desain kesukaan si kecil dan keamanan materialnya. Selain itu, pilihlah tempat pensil berukuran cukup besar agar semua item dapat tersimpan secara baik.

Adapun manfaat lain yang bisa diperoleh jika orangtua memberikan alat tulis yang menarik bagi anak adalah membuatnya semakin suka belajar, karena secara tidak langsung mereka seperti diberi hadiah.

Itulah lima tips dalam memilih perlengkapan sekolah anak. Dua poin utama yang harus diperhatikan dalam menentukan pilihan adalah keamanan dan kenyamanan, mengingat mereka masih berada dalam masa tumbuh kembang. Selain itu, tampilan lucu pun bisa menjadi pertimbangan lain untuk menumbuhkan antusiasmenya.

Be the first to write a comment.

Your feedback