Cara Jitu Cari Kerja Setelah Lulus Kuliah. Fresh Graduate Perlu Coba

Jessica,
0
hello-pet.com

Lulus kuliah adalah saat-saat yang paling membahagiakan dalam hidup seseorang dan menjadi tahap awal menghadapi kehidupan sebenarnya, yaitu dunia kerja. Namun, ingatlah bahwa setelah menyelesaikan bangku perkuliahan, perjuanganmu belum selesai karena masih harus mencari pekerjaan.

Mencari pekerjaan bukanlah perkara yang mudah, terlebih adanya ketidakseimbangan antara lapangan kerja serta pelamar yang membuat sulitnya mencari pekerjaan. Namun, tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk cari kerja setelah lulus kuliah. Apa saja? Ini dia ulasannya.

Percaya Diri

http://www.utakatikotak.com

http://www.utakatikotak.com

Kamu sudah memiliki kemampuan serta pengetahuan yang memukau di dalam daftar riwayat hidup. Nah, sekarang saatnya menunjukkan bahwa dua hal tersebut bukan hanya teori saja, tapi juga bisa kamu aplikasikan di dunia kerja.

Siapkan mental sebaik mungkin untuk menghadapi proses wawancara dan tunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang percaya diri dan dapat diandalkan. Hal ini akan memberikan nilai plus kepada perusahaan dan membuka peluang lebih besar untuk diterima.

Mengukur Kemampuan Kamu Miliki

d1a93tmhdolgw4.cloudfront.net

d1a93tmhdolgw4.cloudfront.net

Hal yang sangat penting untuk disadari bahwa kamu harus mampu mengukur diri saat bekerja. Kemampuan ini adalah poin besar yang akan dilirik oleh perusahaan. Mengapa demikian? Mereka menginginkan seseorang yang dapat bekerja dengan baik, membagi waktu dan membedakan kapan harus santai dan serius, serta konsisten saat berada di bawah tekanan.

Jangan sampai saat kamu diterima sebagai karyawan di suatu perusahaan, kamu malah lebih sering tidak masuk dan sakit karena terlalu lelah bekerja yang akan menghambat kinerja dari kantor tersebut.

Hindari Mudah Tergiur dengan Nama Besar Suatu Perusahaan

Wallscovers.com

Wallscovers.com

Ingat, nama besar suatu perusahaan bukanlah jaminan kamu akan mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi setelah lulus kuliah. Perusahaan besar umumnya diminati banyak pelamar yang akan membuat mereka sangat mempertimbangkan pemberian gaji kepada setiap karyawannya.

Sebaliknya, bekerja di perusahaan kecil tidak melulu akan mendapatkan gaji kecil. Umumnya, perusahaan dengan skala kecil menengah memerlukan lebih banyak karyawan sehingga bersedia untuk membayar lebih tinggi dari ekspektasimu.

Melihat Rentang Gaji Profesi yang Diinginkan

Romaniaexperience.com

Romaniaexperience.com

Mengetahui rata-rata gaji profesi yang kamu inginkan adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat cari kerja setelah lulus kuliah. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan browsing ke sejumlah situs yang menyediakan berbagai informasi rentang gaji untuk suatu profesi.

Informasi ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam melamar. Selain itu, hal penting yang perlu kamu ingat adalah gaji karyawan baru pastinya tidak sebesar dengan gaji karyawan lama.

Hal yang menjadi perhatian saat melamar dan masuk ke dalam sesi pertanyaan mengenai ekspektasi gaji adalah kamu tidak terkesan menjual diri terlalu mahal untuk ukuran fresh graduate. Ini akan membuka peluang lebih besar agar kamu diterima di perusahaan tersebut.

Jangan Patah Semangat

2.bp.blogspot.com

2.bp.blogspot.com

Cari kerja setelah lulus kuliah memang susah-susah gampang. Kunci utama yang harus ditanamkan dalam diri adalah jangan mudah menyerah dan selalu optimis bahwa kamu akan mendapatkan pekerjaan yang layak. Menanamkan sikap tidak mudah menyerah juga akan memberikan dampak positif saat bekerja.

Itu dia beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk cari kerja setelah lulus kuliah. Memiliki pengetahuan selama duduk di bangku universitas memang akan membantu kamu mencari pekerjaan impian. Namun, ingatlah bahwa dunia kerja tidak selalu berjalan seperti yang kamu harapkan. Oleh karena itu, berusahalah sekeras mungkin untuk mencapai tujuan serta mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Be the first to write a comment.

Your feedback