Tips Memilih SMP yang Tepat bagi Generasi Millenial

Jessica,
0
Memilih SMP

Pendidikan adalah kunci dalam meningkatkan kualitas SDM di masa depan, maka dari itu pemilihan sekolah seharusnya tidak asal-asalan karena akan memengaruhi perkembangan karier anak-anak Anda di kemudian hari. Nah, apa saja sih yang harus kita pertimbangkan dalam memilih SMP bagi buah hati kita, Ayah Bunda?

 

Generasi anak Anda yang lahir di atas tahun 2000 ini adalah generasi yang melek IT. Mereka cukup mahir dalam bidang IT dibandingkan para orangtuanya karena dukungan internet. Tentunya generasi ini harus mendapatkan sekolah yang mendukung kemampuan mereka tersebut. Yuk, intip beberapa tips memilih SMP yang tepat bagi generasi millenial berikut ini!

1.  Sekolah Dekat Rumah

Memilih SMP

calgaryhomeboys.com

 

Pemerintah Indonesia sudah mengembangkan sistem penerimaan murid berdasarkan zonasi. Anak Anda disarankan untuk memilih SMP yang dekat dengan rumah masing-masing.

 

Keuntungan sekolah dekat rumah terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar adalah jarak tempuh yang lumayan pendek. Semua orang pasti paham bahwa kemacetan di kota-kota besar semakin membabi buta, oleh karena itu untuk menyiasatinya anak-anak dianjurkan supaya mendaftar di sekolah terdekat. Anak Anda tidak terlambat masuk ke sekolah dan berangkat ke sekolah pun tidak terburu-buru.

 

2.  Akreditasi Sekolah

Memilih SMP

mbacrystalball.com

Sudah lumrah sekali apabila Anda melamar kerja akan ditanyakan mengenai nilai akreditasi sekolah Anda. Sekolah yang mendapat nilai akreditasi A tentunya akan meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan terkemuka.

 

Begitupun saat memilih SMP, sekolah yang memiliki akreditasi A tentunya akan meningkatkan peluang anak Anda untuk dapat diterima di SMA unggulan yang juga mempunyai nilai akreditasi A. Sekolah-sekolah yang mempunyai nilai akreditasi bagus biasanya juga dilengkapi dengan guru-guru dan fasilitas sekolah yang memadai.

 

Fasilitas sekolah yang bisa Anda jadikan referensi antara lain labolatorium bahasa, labolatorium kimia, labolatorium fisika, perpustakaan, kamar kecil, tempat ibadah, kantin, lapangan olahraga, ruang UKS, dan labolatorium komputer. Anda sebagai orangtua tentunya tidak akan khawatir menitipkan generasi millenial Anda di sekolah yang memiliki akreditasi dan fasilitas yang bagus.

 

3.  Kurikulum yang Dipakai

Memilih SMP

exploringfamilies.com

Apakah sekolah yang anak Anda tuju menerapkan kurikulum terbaru dari pemerintah? Kurikulum yang dipakai bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih SMP untuk buah hati Anda. Cara belajar siswa aktif adalah salah satu aspek yang bisa Anda jadikan tolak ukur mengenai sistem pembelajaran di sekolah incaran Ayah Bunda.

 

Selain kurikulum yang dipakai, Ayah Bunda juga harus mencermati ekstra kurikuler yang ditawarkan oleh sekolah. Kegiatan ekstra kurikuler ini bisa menjadi sarana untuk mengembangkan kepribadian anak di luar lingkup akademis. Jalan menuju karir yang sukses dimulai sejak sekolah lho, Bunda.

 

4. Kondisi Perekonomian Keluarga

 

P

Memilih SMP

kompasiana.com

stikan Anda memilih SMP yang sesuai dengan kondisi keuangan keluarga. Banyak kok sekolah bagus dengan akreditasi A yang biayanya tidak terlalu mahal, biasanya sekolah-sekolah ini milik pemerintah dan banyak peminatnya. Oleh karena itu, anak Anda harus berusaha ekstra keras supaya dapat diterima di sekolah negeri dengan persaingan yang tinggi ini.

 

5. Lingkungan Sekitar Sekolah

Memilih SMP

originalgreen.org

Pastikan juga lingkungan sekitar sekolah yang Anda bebas dari polusi dan aman ya, Ayah Bunda. Polusi ini bisa berarti polusi suara dari lalu lalang kendaraan, bisa juga polusi udara akibat dekat tempat pembuangan sampah atau daerah operasional pabrik. Sekolah yang asri bisa menjadi pertimbangan Ayah Bunda dalam memilih SMP yang tepat bagi generasi millenial.

 

Itu dia beberapa tips memilih SMP yang tepat bagi buah hati Anda yang termasuk dalam generasi millenial. SMP incaran Ayah Bunda apakah sudah memenuhi semua kriteria tersebut? Pastikan secepatnya ya, Bunda, karena tahun ajaran baru masuk SMP semakin dekat. Selamat memilih!

 

Be the first to write a comment.

Your feedback