Tips Cepat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Jessica,
0
Berdoa - timesofoman.com

Lulus kuliah merupakan masa yang menyenangkan, membanggakan, namun sekaligus mengkhawatirkan. Banyak mahasiswa yang telah lulus kuliah merasa cemas dan khawatir tidak segera mendapat kerja. Terlihat menganggur dan tidak memiliki pekerjaan merupakan hal yang menjadi momok menakutkan. Berikut beberapa tips cepat kerja yang bisa Anda coba:

Bangun Personal Branding di Dunia Maya

Bangun Personal Branding di Dunia Maya - mediad.publicbroadcasting.net

Bangun Personal Branding di Dunia Maya – mediad.publicbroadcasting.net

Seiring dengan semakin majunya teknologi, banyak perusahaan yang menilai calon pekerjanya melalui media sosial yang dimilikinya. Bangun citra baik Anda di dunia maya terutama di Facebook, Instagram, dan LinkedIn yang biasanya dijadikan rujukan untuk mengintip profil calon karyawannya. Semakin bagus personal branding Anda di dunia maya maka semakin besar pula peluang Anda untuk lebih “dilirik” oleh calon perusahaan yang Anda tuju.

Untuk membangun personal branding yang bagus di dunia maya, hindari memposting hal-hal yang berbau porno, SARA, maupun hal-hal yang bersifat provokatif. Sebaliknya, perbanyak posting mengenai hal-hal yang bermanfaat atau prestasi Anda agar Anda dilihat sebagai orang yang memiliki nilai lebih dan berkarakter bagus.

Perbanyak Relasi

Perbanyak Relasi - hipwee.com

Perbanyak Relasi – hipwee.com

Tips cepat kerja berikutnya yaitu memperbanyak relasi. Memperbanyak teman dan relasi juga dapat membantu Anda memperoleh pekerjaan lebih cepat. Semakin banyak relasi dan kenalan yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang kerja yang Anda dapatkan. Siapa tahu satu di antara relasi Anda merupakan pemilik perusahaan atau pegawai perusahaan yang memiliki posisi tertentu yang dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan secepatnya.

Ikut Magang

Ikut Magang - himabis.ub.co.id

Ikut Magang – himabis.ub.co.id

Tips cepat kerja berikutnya yaitu mengikuti program magang. Jika ada program magang, jangan malas untuk mengikutinya. Magang dapat memberikan pengalaman kerja bagi Anda. Selain itu, sertifikat magang yang Anda dapatkan juga dapat menjadi nilai lebih saat Anda lampirkan di lamaran pekerjaan Anda.

Ambil Sertifikasi

Ambil Sertifikasi - 2.bp.blogspot.com

Ambil Sertifikasi – 2.bp.blogspot.com

Jika Anda merupakan lulusan pendidikan yang memiliki pendidikan profesi seperti perawat, dokter, apoteker, advokat, maka segera ambil program profesi untuk bisa mendapatkan sertifikasi. Jika Anda sudah memiliki sertifikasi profesi, maka peluang Anda untuk mendapatkan kerja menjadi lebih besar.

Sering Mengikuti Job Fair

Sering Mengikuti Job Fair - news.lk.com

Sering Mengikuti Job Fair – news.lk.com

Tips cepat kerja berikutnya yaitu sering mengikuti job fair. Di job fair, Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang lowongan pekerjaan di perusahaan-perusahaan ternama. Anda juga bisa sekaligus memasukkan lamaran pekerjaan pada event ini, jadi jangan lupa siapkan lamaran pekerjaan Anda sebaik mungkin saat berkunjung ke acara ini.

Bekerja secara Freelance

Bekerja secara Freelance - checkinjakarta.co.id

Bekerja secara Freelance – checkinjakarta.co.id

Sebelum Anda mendapatkan pekerjaan tetap, Anda juga bisa mencoba peruntungan dengan menjadi pekerja lepas. Di era modern saat ini banyak sekali posisi pekerja lepas yang ditawarkan seperti penulis, animator, editor, surveyor dan berbagai posisi lain yang bisa dikerjakan secara paruh waktu.

Membuka Usaha Sendiri

Membuka Usaha Sendiri - cdn0-a.production.images.static6.com

Membuka Usaha Sendiri – cdn0-a.production.images.static6.com

Jika Anda tidak tertarik bekerja pada orang lain, maka tips cepat kerja yang paling tepat yaitu membuka usaha atau bisnis sendiri. Bagi Anda yang menyukai tantangan atau memiliki passion yang ingin Anda kembangkan, maka membuka usaha merupakan cara paling pas untuk Anda.

Saat ini banyak startup dan bisnis baru yang digawangi oleh banyak anak muda, jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba kan?.

Berdoa

Berdoa - timesofoman.com

Berdoa – timesofoman.com

Hal yang tidak kalah penting di dalam tips cepat kerja yaitu berdoa. Sekuat apa pun manusia jika Tuhan tidak mengizinkan maka keinginan itu akan sulit tercapai. Jadi berdoalah kepada Tuhan agar Anda diberikan pekerjaan yang sesuai dengan harapan serta mendapatkan keberkahan.

Demikian beberapa tips cepat kerja setelah lulus kuliah yang bisa Anda coba. Selamat berburu pekerjaan terbaik, ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback