Cara Duduk Yang Tepat Selama WFH

Charles,
0
cara duduk yang tepat

Selama masa PSBB, rata-rata orang akan melakukan WFH atau Work From Home agar mereka tetap dapt produktif dan efektif dalam dunia kerja, meski begitu anda harus perhatikan cara duduk yang tepat selama WFH berlangsung, karena jika salah dengan posisi duduk anda, anda bisa mengalami sakit yang cukup mengganggu anda tentu-nya.

Saat ini memang PSBB sebentar lagi akan usai, tetapi masih ada beberapa kantor yang tidak berani memasukkan karyawan mereka secara berbarengan, dan biasa akan ada waktu dan jumlah karyawan yang di sesuaikan.

Dan hal tersebut tentu saja akan membuat anda dalam satu minggu bisa bekerja di rumah, dan tentu saja hal itu juga akan membuat anda berada di depan komputer terus menerus.

Tentu saja posisi duduk akan berpengaruh selama anda bekerja, karena selain memudahkan anda ketika sedang bekerja, hal itu juga berpengaruh untuk kesehatan anda.

Posisi Duduk Seperti Berdiri

Salah satu salah duduk yang tepat menurut beberapa ahli adalah postur tubuh yang tetap tegak berdiri, dengan begitu, maka anda akan duduk dengan punggung tegak, kepala tegak, maka itu di kategorikan dengan posisi duduk yang tepat.

Kepala akan maju ke depan laptop saat anda sedang fokus mengerjakan sesuatu di depan layar, dan secara tidak sadar itu bisa mempengaruhi tulang punggung anda yang akan bekerja ekstra keras di dalam posisi seperti itu.

Mata anda juga bisa menjadi lelah karena terlalu dekat dengan layar.

Telapak kaki menempel di lantai

Salah satu yang akan membuat nyaman juga adalah posisi pinggul dan telapak kaki, pastikan kaki anda menekuk sempurna yakni 90 derajat.

Dan juga usahakan paha dan pinggul sama rata, tidak terlalu tinggi, dan juga tidak terlalu rendah, pastikan juga untuk menempatkan telapak kaki di lantai secara sempurna, tidak menjinjit atau melipat kaki, karena hal itu akan membuat kaki anda jauh lebih cepat merasakan pegal.

Tidak masalah jika ingin bersender

Anda duduk dengan punggung tegak bukan berarti anda tidak bisa bersandar, duduk bersandar tentu saja tidak menjadi masalah namun pastikan anda tidak terlalu lama karena bisa membuat diri anda juga tidak nyaman.

Memajukan tangan anda ke depan, bersandar dengan tangan dalam waktu yang cukup lama juga tidak baik untuk tubuh anda sendiri.

Siku Tangan

Hal yang biasanya membuat beberapa orang lupa adalah posisi siku tangan mereka dimana mereka biasa menekuk siku dalam waktu yang lama bisa membuat tangan anda sakit.

Otot di dekat tangan anda tersebut akan terasa sakit jika anda terlalu lama berada di posisi tersebut, anda sendiri akan merasakan tangan anda seperti tersebut ketika anda terlalu lama memegang mouse komputer anda.

Pastikan tandan anda ditempatkan dengan posisi yang tepat, berpangku pada tangan tidak masalah apabila hal tersebut dilakukan dalam durasi yang tidak cukup lama, sedangkan jika ingin bekerja dalam waktu yang lama, maka anda bisa menempatkan siku pada posisi yang berbeda agar anda tidak merasa pegal dan tubuh anda juga tidak merasakan rasa pegal.

Ganti posisi tiap 20 menit

Meski anda telah merasakan posisi yang nyaman untuk anda, anda juga harus tetap menggantinya minimal 20 menit sekali, karena hal tersebut akan sangat penting agar sirkulasi darah di tubuh anda terjaga.

Mengganti posisi cara duduk anda secara rutin bisa mengurangi rasa pegal dan lelah jika anda bekerja dalam waktu lama di depan komputer, anda juga bisa bangun dari kursi anda, jalan sebentar, gerakkan tubuh anda dan kembali ke posisi duduk dan hal itu juga akan membuat anda merasa lebih nyaman dan segar dibandingkan duduk diam berlama-lama di depan meja kerja anda.

 

Sambil bekerja jangan lupa anda harus tetap minum air putih yang cukup yah, krena hal tersebut tentu saja akan membantu anda untuk memulihtkan kembali tenaga anda selama anda bekerja, dan tidak lupa semoga pandemi ini segera usai dan anda bisa beraktivitas seperti normal kembali yah, dan di simak yah cara duduk yang tepat selama WFH ini agar tubuh anda tetap terjaga.

Be the first to write a comment.

Your feedback