8 Tips Mempersiapkan Diri dalam Menghadapi Ujian Nasional

Jessica,
0
Menghadapi Ujian Nasional

Ujian Nasional atau yang saat ini berganti nama menjadi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) merupakan tahap akhir seorang siswa dalam menempuh pendidikan formal, baik itu SD, SMP atau SMA sederajat. Sudah menjadi tradisi sejak lama bahwa ujian nasional kerap dianggap sebagai ujian yang menakutkan, padahal untuk menghadapinya dibutuhkan ketenangan.

Lalu bagaimana cara menghadapi Ujian Nasional? Yuk, simak beberapa tips mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional berikut ini.

Ikuti Semua Program Belajar di Sekolah

Menghadapi Ujian Nasional

pixabay.com

Bila biasanya kamu sering izin atau tidak masuk, serta kurang memerhatikan materi yang diterangkan guru di depan kelas, mulailah buang kebiasaan itu sejak saat ini. Ikuti semua kegiatan belajar di sekolah dengan tekun demi meraih hasil maksimal di Ujian Nasional. Bertanyalah langsung kepada guru yang bersangkutan jika ada materi pelajaran yang kurang dimengerti.

Jaga Kesehatan dengan Baik

Menghadapi Ujian Nasional

pixabay.com

Hal lain yang tidak kalah penting dipersiapkan dalam menghadapi ujian nasional adalah kesehatan. Biasanya menjelang masa ujian, siswa lebih memforsir otak dan fisiknya dengan berbagai aktivitas belajar dan kelas tambahan. Bila fisik tidak kuat, hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan.

Agar fisik selalu sehat, usahakan untuk selalu makan dan istirahat tepat waktu. Bila perlu minum vitamin dan makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi aktivitas yang padat. Jangan sampai kamu sakit di saat menjelang hari ujian.

Belajar Kelompok

Menghadapi Ujian Nasional

pixabay.com

Belajar kelompok adalah alternatif kegiatan yang sebaiknya kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional. Dibandingkan belajar sendiri, dengan belajar kelompok kamu dapat bertukar pikiran dengan teman lain terkait soal-soal yang sulit dipecahkan atau belum dipahami.

Berusahalah untuk Fokus

Menghadapi Ujian Nasional

pixabay.com

Tetap fokus pada tujuan, yaitu lulus ujian nasional dengan nilai memuaskan. Untuk itu coba singkirkan atau kurangi beberapa kegiatan yang tidak berhubungan dengan Ujian Nasional seperti ekstra kulikuler atau bahkan game online yang saat ini mulai banyak digemari.

Lakukan Penyegaran/Refreshing

Menghadapi Ujian Nasional

pixabay.com

Meski dihadapkan dengan berbagai kesibukan, otak tentunya tetap membutuhkan penyegaran agar tidak tidak mudah stres. Refreshing tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa melakukan aktivitas ringan di sekitar rumah seperti jalan-jalan pagi/sore di taman dekat rumah.

Dapatkan Dukungan dari Orang-Orang Terdekat

Menghadapi Ujian Nasional

pixabay.com

Banyaknya tekanan saat menghadapi ujian tentu berdampak buruk pada psikologis kamu dan hal ini bisa memengaruhi performa kamu saat ujian nanti. Jangan terlalu memforsir diri, carilah dukungan dari orang terdekat. Jika dirasa amat membebani, ceritakan setiap masalah atau kendala yang kamu rasakan kepada orang-orang terdekat, khususnya orang tua. Berjuang bersama-sama tentu akan lebih mudah dibandingkan berjalan sendiri.

Berdoa

Menghadapi Ujian Nasional

pixabay.com

Hal utama yang juga tidak boleh dilupakan adalah berdoa. Sebagai umat beragama sudah sepatutnya kamu berdoa dan meminta pertolongan kepada Yang Kuasa agar dimudahkan dalam proses ujian nasional. Setelah berusaha dengan sungguh-sungguh, selanjutnya biarkan Tuhan yang melakukan sisanya. Sejatinya manusia hanya bisa berencana, namun keputusan tertinggi ada pada Tuhan yang Maha Esa.

Nah, dalam mempersiapkan ujian nasional ternya bukan hanya fisik dan penguasaan materi saja yang haris dipersiapkan, tetapi juga mental. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Tanpa harus memaksakan diri.

Jadi, bagaimana, sudah siap menghadapi Ujian Nasional tahun ini?

Be the first to write a comment.

Your feedback