Tanda Imun Si Kecil Sedang Bermasalah 

Vana Vana,
0
Imun Si Kecil

Anak yang aktif adalah anak yang sehat, hal itu sering Anda dengar, tetapi jika imun si kecil sedang bermasalah, maka akan ada beberapa tanda sederhana yang bisa menjadi alarm Anda jika si kecil memang imun sedang bermasalah atau terganggu.

Anak anak sendiri memang lebih mudah terkena virus dan bakteri, terlebih jika daya tahan si kecil sedang tidak maksimal, dengan mengetahui beberapa tanda sederhana ini, Anda bisa mengambil langkah pencegahan dan berusaha untuk memperkuat imun si kecil.

Dan berikut adalah tanda si kecil mengalami gangguan sistim kekebalan tubuh:

  • Malas Bergerak

Pagi hari selalu menjadi awal yang selalu menyenangkan bagi anak-anak, mereka akan berceloteh, melompat, dan juga berlarian.

Tetapi jika merasa si kecil lebih malas dan memilih tiduran di kasur atau sofa, mungkin itu bisa menjadi pertimbangan, karena itu bisa menjadi pertanda sistim kekebalan tubuhnya sedang berperang melawan sesuatu.

Hal ini tentu saja Anda harus perhatikan lebih lanjut, apakah sebelum tidur ia selalu malam, maka malas di pagi hari, jika iya mungkin itu hanya pertanda si kecil masih kurang tidur saja.

 

  • Lebih Rewel

Setiap anak yang mengalami tantrum atau rewel biasanya dikarenakan sesuatu, termasuk ketika badan mereka sedang tidak enak, dan jika Anda menemukan ia selalu menolak apapun, bahkan menangis, tidak suka ketika sedang didekati siapapun, maka ia sedang sakit yang Anda masih belum ketahui gejalanya.

 

  • Suhu Tubuh Lebih Dari 38 Derajat Celcius

Menurut dokter anak, demam merupakan beberapa respon dari infeksi di tubuh anak, saat anak sedang demam, maka tubuhnya sedang berperang melawan infeksi yang tengah menyerangnya, demam biasanya bisa dirawat sendiri di rumah sambil memantau perkembangan si kecil, Anda bisa khawatir jika si kecil yang berusia kurang dari dua tahun dan memiliki suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, jika seperti itu maka Anda bisa memberikan obat penurun panas, tetapi jika tidak turun, maka Anda bisa membawa anak Anda langsung ke dokter atau rumah sakit.

 

  • Tidak Selera Makan

Satu tanda yang Anda juga bisa perhatikan ketika si kecil tidak tertarik makan makanan apapun, tanda si kecil sedang tidak enak badan adalah mereka akan tetap menolak makan meski makanan kesukaannya yang Anda biasa larang Anda telah berikan.

Jika si kecil tetap menolak untuk makan cokelat atau makanan lainnya, mungkin bisa menjadi perhatian karena sebuah penelitian mengatakan kekebalan tubuh anak yang sedang bermasalah biasanya mempengaruhi selera makannya.

Anda bisa memberikan air yang cukup pada si kecil jika mereka menolak makan, saat keperluan air ditubuhnya tercukupi, maka ia akan merasa lapar dan selera makannya bisa kembali.

 

  • Ada Ruam

Ruamh mungkin bisa terjadi karena kulit kering atau alergi, tetapi ruam juga bisa menjadi pertanda adanya infeksi berbahaya, Anda harus khawatir jika ruamh ditubuh tetap ada setelah lebih dari seminggu, terlebih lagi jika ruamnya menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh si kecil.

 

  • Pencernaan Bermasalah

Kekebalan tubuh yang bermasalah memiliki kaitan erat dengan perncernaan, anak yang sedang terganggu kesehatannya biasanya disertai dengan keram perut atau diare.

Jika mengalami itu, penting sekali untuk membuat si kecil bisa minum air dengan cukup, diare dan dehidrasi merupakan masalah yang bisa menjadi bahaya.

Diare terlalu sering bisa membuat anak lemas dan malas makan dan minum, dan Anda bisa segera ke dokter untuk meminta pertolongan pertama.

Untuk itu Anda harus memperhatikan beberapa tanda di-atas jika memang anak Anda mengalami tanda seperti di-atas tidak ada salahnya membawa anak si kecil ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

 

 

 

Be the first to write a comment.

Your feedback