Ini Faktor Pertimbangan Untuk Sekolah Anak!

Vana Vana,
0
faktor pertimbangan sekolah anak

Bukan uang atau harta yang paling berharga untuk anak, namun adalah pendidikan dan menentukan sekolah anak yang paling penting bagi anak sebagai investasi untuk kesuksesan masa depan sih kecil. Memang tidak mudah untuk menemukan sekolah yang terbaik bagi anak, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua jangan sembarangan dalam memilih pendidikan anak. Bahkan sekolah dengan biaya mahal tidak menjamin itu cocok untuk anak. Karena bukan hanya tentang sekolahnya saja yang harus diperhatikan, namun juga dari karakter dan juga potensi sang anak. Karena pemilihan yang tepat akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan anak!

Dari mulai pendidikan PlayGroup, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai Sekolah Menengah Akhir (SMA) pastinya Anda sebagai orang tua menginginkan yang terbaik untuk pendidikan sih kecil. Ingin tahu apa saja faktor pertimbangan untuk edukasi sang buah hati ini dia yang harus Anda pertimbangkan!

 

  1. Potensi Anak

Hal yang paling utama dalam memilih tempat edukasi yang tepat adalah Anda harus terlebih dahulu memahami karakter anak Anda. Apakah potensi anak Anda? Carilah sekolah yang bisa menyalurkan potensinya agar anak Anda bisa berkembang. Jika anak Anda memiliki bakat di bidang olahraga usahakan dia masuk ke sekolah yang memiliki kegiatan olahraga yang aktif. Atau contoh lainnya mungkin sang anak berpotensi dalam bidang bahasa atau juga seni. Anda bisa meneliti lebih dalam lagi apakah sekolah tersebut cocok untuk potensi anak Anda.

 

  1. Karakter Anak

Masih berhubungan dengan poin nomor satu, Anda harus juga memahami karakter pada anak. pilihlah sekolah yang sesuai dengan karakter anak. Jangan sampai Anda salah pilih, jika sekolah yang Anda pilih bertolah belakang dengan karakter anak, bisa saja membuatnya tidak betah atau malah ke sekolah. Dan cermati pula kondisi dan minat dari anak Anda.

 

  1. Track Record Sekolah

Track Record dari sekolah amatlah penting, lihat apa saja prestasi dari sekolah yang pernah dicapai untuk mengembangkan potensi anak Anda. Mau dari akademik atau non-akademik. Prestasi yang dicapai sekolah pastinya akan membawa pengaruh baik untuk anak Anda agar psikologinya terpacu untuk melakukan hal yang sama atau lebih baik lagi. Dan hal lainnya yang harus diperhatikan adalah catatan buruk di sekolah tersebut, seperti kekerasan, bullying atau pelecehan yang terjadi. Usahakan Anda menghindari sekolah dengan track record yang buruk karena Anda pasti tidak ingin sang buah hati masuk ke dalam lingkungan tersebut.

 

  1. Kondisi Lingkungan dan Fasilitas Sekolah

Anda bisa menilai lingkungan dan fasilitas saat dibukanya open house. Anda bisa memperhatikan sarana dan prasarana di sekolah. Bukan hanya sekedar laboratorium atau lapangan yang dimiliki sekolah, namun Anda juga harus memperhatikan detil-detil seperti kebersihan toilet atau mungkin suasana kantin dan juga kondisi kelas dari sekolah itu sendiri. Apakah itu seua cukup untuk mendukung proses belajar yang membuat anak Anda nyaman?

 

  1. Guru Yang Berkualitas

Guru seperti Orang Tua, Orang Tua yang bertugas di sekolahan. Mungkin Anda bisa datang berkunjung agar Anda bisa melihat gurunya seperti apa. Guru yang baik, professional, menyenangkan, dapat berkomunikasi dengan anak dan memiliki kompetensi dalam bidangnya adalah kunci utama. Jika memungkinkan, buah hati Anda bisa mengikuti trial class dan Anda bisa melihat bagaimana suasana dari pembelajaran tersebut.

 

  1. Kurikulum Yang Diterapkan

Pada umumnya, sekolah swasta atau negeri di Indonesia mengikuti kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Namun ada juga beberapa sekolah yang mengikuti kurikulum yang diadopsi diluar kurikulum pendidikan yang sudah ditetapakan pemerintah. Cari tahu benar-benar apakah kurikulum yang ditetapkan disekolah cocok dengan anak Anda. Karena ini salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan ketika mendaftarkan anak Anda ke sekolah.

 

  1. Pilihan Anak

Yang terakhir yang juga penting dalam pemilihan tempat edukasi adalah pilihan anak Anda sendiri. Ajaklah sang anak dalam pemilihan ini. Karena anak Anda sendirilah yang akan menjalankannya. Jadi Anda harus membuat anak nyaman, karena ia akan melewati setengah harinya di sekolah. Tanyakan kepadanya, sekolah manakah yang kiranya menyenangkan.

 

Nah, kini Anda sudah mengetahui apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk sekolah anak Anda. Pastikan Anda menyediakan waktu dan perhatian khusus untuk hal ini. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sekolah yang tepat bagi anak Anda. Jangan sampai salah pilih ya!

 

Be the first to write a comment.

Your feedback