Tips Sukses Raih Beasiswa ke Luar Negeri

Jessica,
0
Melatih Keterampilan Wawancara - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Melanjutkan kuliah di luar negeri memang menjadi impian kebanyakan orang karena dianggap menjanjikan dan menawarkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Berbagai fasilitas pendidikan yang ditawarkan dapat kamu nikmati selama mengemban pendidikan di sana. Selain itu, peluang yang terbuka lebar untuk memperluas jaringan dengan teman dari berbagai negara juga bisa kamu dapatkan.

Bagi sebagian orang, kuliah di luar negeri bukanlah perkara yang sulit karena dukungan kemampuan finansial, tapi bagaimana jika hal tersebut tidak mendukung? Mendapatkan beasiswa adalah solusi paling tepat untuk memecahkan permasalahan tersebut. Namun, perlu diingat bahwa mendapatkan fasilitas beasiswa bukanlah perkara mudah, terutama untuk kuliah di luar negeri. Ada berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi, termasuk kriteria serta kemampuan akademik. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu benar-benar siap berjuang untuk mendapatkan beasiswa. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Berjuang Menjadi yang Terbaik

Berjuang Menjadi yang Terbaik - akupaham.com

Berjuang Menjadi yang Terbaik – akupaham.com

Perlu diingat bahwa prestasi di bidang akademik adalah kunci utama yang akan menentukan keberhasilan seseorang dalam mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Jika saat ini kamu tengah menempuh pendidikan di SMA atau bangku kuliah, maksimalkanlah prestasi akademik sebaik mungkin. Kemampuan di bidang akademik adalah tolok ukur seberapa seriuskah kamu dalam menempuh pendidikan. Ingat, sejumlah institusi yang memberikan beasiswa akan menjadikan prestasi akademik seseorang sebagai poin utama dalam menyeleksi para calon.

Melatih Kemampuan Berbahasa Asing

Melatih Kemampuan Berbahasa Asing - hellosehat.com

Melatih Kemampuan Berbahasa Asing – hellosehat.com

Tidak hanya bidang akademis saja, kemampuan berbahasa asing juga perlu diperhatikan, terutama bahasa Inggris. Sebab, saat kamu mengemban pendidikan di luar negeri, bahasa asing akan dipergunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya, institusi yang memberikan beasiswa akan menjadikan hal ini sebagai syarat utama yang harus dipenuhi.

Ada beberapa tes yang akan dilakukan untuk menguji kemampuan bahasa asing kamu. Selain itu, kamu juga diwajibkan memiliki skor TOEFL >550 dan nilai IELTS >6,5. Oleh karena itu, persiapkan diri kamu sedini dan sebaik mungkin dengan mengasah kemampuan bahasa asing untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Aktif dalam Organisasi

Aktif dalam Organisasi - hipwee.com

Aktif dalam Organisasi – hipwee.com

Aktif dalam suatu organisasi juga menjadi salah satu pertimbangan suatu institusi bagi para pemburu beasiswa. Organisasi yang dimaksud tentunya berkaitan dengan pendidikan yang sedang kamu tempuh, seperti OSIS atau UKM. Kebanyakan institusi pemberi beasiswa lebih tertarik dengan seseorang yang aktif dan berkemampuan baik dalam organisasi.

Membuat Curriculum Vitae Terbaik

Membuat Curriculum Vitae Terbaik - image.slidesharecdn.com

Membuat Curriculum Vitae Terbaik – image.slidesharecdn.com

Pihak institusi pemberi beasiswa akan berusaha mengenal diri kamu lebih jauh. Biasanya, mereka akan memeriksa curriculum vitae (CV) yang dilampirkan oleh para calon. Buatlah CV sebaik mungkin dan hindari kesalahan ejaan di dalamnya. Jangan lupa untuk mencantumkan berbagai prestasi dan kegiatan penting yang pernah kamu lakukan. Hal ini akan menjadi pertimbangan penting bagi para institusi dalam mengambil keputusan.

Melatih Keterampilan Wawancara

Melatih Keterampilan Wawancara - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Melatih Keterampilan Wawancara – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Tahap selanjutnya yang akan kamu lewati setelah lolos seleksi berkas CV adalah wawancara. Tentunya tahap ini akan dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Berlatihlah dengan baik sebelum melakukan wawancara yang sesungguhnya. Persiapan ini dipercaya efektif untuk membuat kamu tampil percaya diri dan terhindar dari rasa grogi.

Itu dia beberapa tips sukses yang bisa kamu coba lakukan untuk sukses meraih beasiswa ke luar negeri. Jika berniat untuk melanjutkan kuliah di luar dengan beasiswa, tentunya kamu perlu memenuhi sejumlah kriteria serta persyaratan yang telah ditetapkan oleh institusi. Meskipun terbilang ketat, selalu ada peluang bagi kamu untuk lolos seleksi dan berhasil mendapatkannya. Jadi, persiapkan dengan baik sejak dini ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback