5 Cara Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris

Jessica,
3
Cara Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris

Banyak yang salah kaprah dan menyamakan bahasa Inggris dengan beragam ilmu pengetahuan lainnya. Padahal, bahasa adalah keterampilan yang pada hakikatnya membutuhkan latihan rutin sehingga mampu meningkatkan kemampuan dalam menggunakannya. Ada beberapa cara meningkatkan keterampilan bahasa Inggris yang bisa kamu coba.

Cara-cara ini dijamin bisa membantu kamu semakin percaya diri menggunakan bahasa Inggris. Syaratnya, asal dilakukan rutin. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Belajar Melalui Lagu

    Semua orang pasti punya lagu favorit. Nah, kamu bisa menambah lagu berbahasa Inggris ke dalam daftar lagu yang wajib kamu dengarkan. Minimal, kamu mengulang lagu yang sama tiga hingga empat kali.

    Tapi, jangan gunakan sembarang lagu, ya. Pilih lagu berlirik dengan tata bahasa yang cukup baik. Akan lebih baik jika kamu menghindari lagu rap atau hiphop. Alasannya adalah lagu bertema tersebut biasanya menggunakan bahasa gaul yang kurang pas bila digunakan sebagai media belajar.

    Saat mendengarkan lagu, berhentilah sejenak untuk menuliskan liriknya di secarik kertas. Periksa hasil tulisanmu, benarkah telah sesuai dengan lirik yang sebenarnya. Dengan melakukan hal ini, kamu akan melatih kemampuan mendengarkan sekaligus menuliskan kalimat berbahasa Inggris.

    Sebaiknya lakukan hal ini berulang-ulang. Kamu akan terkejut dengan peningkatan kemampuanmu. Apalagi jika sambil mendengarkan lagu, kamu turut bernyanyi. Wah, kamu akan semakin lancar mengucapkan kalimat berbahasa Inggris.

  2. Menonton Film Berbahasa Inggris

    Setiap orang lebih mudah mempelajari dan mengingat sesuatu secara audio-visual. Maka, film akan menjadi media belajar yang menarik dan tidak membosankan. Apalagi jika kamu memang menggemari film-film asing.

    Pilihlah film yang menarik dan menggunakan bahasa Inggris yang cukup baku. Misalnya, film Harry Potter, Pursuit of Happyness, dan lain sebagainya. Selain makna filmnya baik untuk disimak, kamu pun bisa membiasakan melihat gesture sekaligus pelafalan kata secara tepat.

    Supaya keterampilanmu semakin terasah, ada baiknya kamu menuliskan resume cerita film yang sudah ditonton. Tujuannya adalah supaya kamu mampu menarik makna dari kisah yang telah kamu saksikan. Kemampuan ini termasuk salah satu yang diujikan dalam tes kemampuan bahasa Inggris.

  3. Membaca Buku Berbahasa Inggris

    Bagi para kutu buku, alihkan segera kegemaranmu ke buku-buku berbahasa Inggris. Yah, setidaknya tambahkan 1 buku dalam ‘menu’ membacamu. Alasannya tidak lain agar kamu terbiasa melihat kalimat berbahasa Inggris yang baku.

    Sebaiknya kamu mencari buku dengan tema yang menarik. Cukup banyak buku dengan materi fiksi yang enak dibaca. Contohnya, buku Sherlock Holmes. Kisah misteri akan membuat kamu tertarik untuk membacanya hingga akhir. Saat membaca, kamu bisa menggunakan kamus tatkala menemukan kata yang belum dimengerti.

    Sama halnya dengan menonton film, biasakan menuliskan resume dari kisah yang sudah dibaca. Dengan demikian, kamu akan terbiasa menemukan inti cerita dari bahan bacaan.

  4. Berlatih

    Ini adalah cara yang paling penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Dengan sering menggunakan bahasa Inggris, kamu akan terbiasa dan mampu merangkai kata secara mudah. Baik menggunakannya saat menulis, bercakap-cakap, atau berlatih melalui pengerjaan soal, yang pasti jika ini dilakukan secara terus-menerus kamu bisa semakin pandai berbahasa Inggris.

  5. Membuat Kelompok Belajar

    Nah, cara yang satu ini akan membantu kamu membiasakan diri memakai bahasa Inggris. Berkumpul dengan orang yang sama-sama belajar bahasa Inggris akan membuatmu termotivasi. Selain itu, kamu dapat saling mengoreksi, jika terdapat kesalahan.

Kelima cara meningkatkan keterampilan bahasa Inggris ini dapat segera kamu terapkan. Setidaknya cobalah satu atau dua cara meningkatkan keterampilan bahasa Inggris yang paling kamu sukai. Yang pasti, tidak ada kata sulit sebelum mencoba. Selamat belajar.

Feedback

Your feedback