Bingung memilih sekolah swasta atau negeri? Berikut perbandingannya.

Jessica,
0
sekolah swasta atau negeri

Pemilihan sekolah adalah salah satu hal penting yang menentukan masa depan anak. Dengan bersekolah di sekolah yang baik, minat dan bakat anak akan tergali, dan prestasinya pun akan semakin baik. Namun, memilih sekolah yang baik tidak semudah membalik telapak tangan. Ada berbagai faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih sekolah. Perbandingan sekolah swasta atau negeri pun menjadi tidak terelakkan.

Sekolah swasta atau negeri yang baik menawarkan fasilitas yang sama baiknya. Bahkan, jika Anda memutuskan untuk memasukkan anak ke SD atau SMP negeri, Anda tidak perlu memikirkan biaya SPP lagi. Namun, ada beberapa faktor lain yang membedakan sekolah swasta atau negeri. Faktor ini dapat menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum mendaftarkan anak. Apa sajakah faktor tersebut?

Ukuran kelas

sekolah swasta atau negeri

pixabay.com

Umumnya, kelas di sekolah negeri lebih besar dari sekolah swasta. Satu kelas di sekolah negeri dapat menampung hingga 40 anak, sementara banyak sekolah swasta yang menawarkan rasio siswa dan guru lebih rendah. Semakin banyak siswa dalam suatu kelas, semakin sulit pula guru memetakan minat dan bakat setiap anak di kelasnya. Jika Anak Anda merupakan anak dengan kebutuhan belajar khusus, Anda dianjurkan untuk mendaftarkan anak ke sekolah swasta.

Kurikulum

sekolah swasta atau negeri

pixabay.com

Kurikulum yang diajarkan di sekolah negeri merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang selalu diperbarui setiap beberapa tahun sekali. Kurikulum yang saat ini digunakan adalah kurikulum 2013 yang mendorong siswa untuk menjadi pembelajar aktif. Namun, beberapa sekolah swasta internasional menawarkan kurikulum internasional seperti International Baccalaurate (IB) atau Cambridge. Kurikulum internasional ini menyiapkan anak untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Keberagaman

sekolah swasta atau negeri

pixabay.com

Sekolah swasta tertentu didirikan oleh yayasan berdasarkan agama, sementara sekolah negeri didirikan oleh negara. Hal ini tentu membedakan keberagaman yang ada di sekolah. Siswa di beberapa sekolah swasta tentu lebih homogen, sementara siswa di sekolah negeri lebih beragam latar belakangnya, baik latar belakang agama, ekonomi, maupun ras. Jika ingin mengajarkan keberagaman pada anak, Anda dianjurkan untuk menyekolahkan anak ke sekolah negeri.

Fasilitas

sekolah swasta atau negeri

pixabay.com

Sayangnya, fasilitas yang tersedia di sekolah negeri belum merata. Sekolah unggulan biasanya dilengkapi dengan fasilitas seperti lapangan, laboratorium, proyektor, atau ruangan ekstrakurikuler yang mendukung proses belajar anak. Tidak dapat dimungkiri juga bahwa sekolah negeri yang “biasa” atau bukan unggulan masih belum memiliki fasilitas lengkap. Sementara itu, sekolah swasta biasanya menawarkan berbagai fasilitas lengkap untuk menarik siswa. Ketersediaan fasilitas ini dapat menjadi pertimbangan untuk menyekolahkan anak, meski mungkin tidak dijadikan pertimbangan utama.

Biaya sekolah

sekolah swasta atau negeri

pixabay.com

Pemerintah menjamin biaya sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama. Artinya, selama anak bersekolah di SD dan SMP negeri, Anda tidak perlu memikirkan biaya SPP. Sebaliknya, jika Anda memutuskan untuk menyekolahkan anak di sekolah swasta, Anda harus mempertimbangkan uang pangkal, SPP bulanan, uang praktik, dan berbagai biaya lainnya yang tentu wajib dianggarkan. Sebaiknya, cari tahu tentang sekolah swasta tujuan sebelum mendaftar dan pastikan Anda telah menyiapkan dana pendidikan dari jauh-jauh hari.

Sekian perbandingan sekolah swasta atau negeri yang kami sajikan, semoga Anda semakin yakin untuk mendaftarkan anak ke sekolah terbaik demi masa depannya.

Be the first to write a comment.

Your feedback