4 Tips Asyik Cara Pilih Beasiswa di Lembaga Pendidikan Dalam atau Luar Negeri

Jessica,
0
Memilih Lembaga Jurusan

Pernah bercita-cita melanjutkan pendidikan dengan mendapatkan beasiswa? Ingat, memperoleh beasiswa ada trik tersendiri, lo. Apalagi, banyak pesaing yang juga ingin mendapatkan beasiswa. Terutama jika pilihan lembaga pendidikan yang dipilih berada di luar negeri. Berikut ini ada tips asyik cara pilih beasiswa yang bisa dicoba. Simak, yuk!  

Beasiswa dapat menjadi alternatif terbaik bila dana untuk melanjutkan pendidikan terbatas. Namun, layaknya persaingan hanya orang pilihan saja yang sukses meraih beasiswa impian. Tidak perlu khawatir. Jika mempersiapkan diri dengan baik, beasiswa pasti di tangan. Cek 4 tips cara pilih beasiswa ini, antara lain:

  1. Pastikan bidang ilmu apa yang akan dipelajari

Menentukan Bidang

Menentukan Bidang

Tips cara pilih beasiswa pertama adalah memastikan bidang ilmu apa yang akan dipelajari kelak. Cara ini dilakukan bagi mereka yang baru memulai untuk mengambil beasiswa.

Ada beragam bidang ilmu yang dapat dipelajari di universitas atau lembaga pendidikan. Cermat dalam memilih fakultas dan jurusan bisa menguntungkan calon peraih beasiswa. Terutama jika pilihan bidang studi tersebut tidak banyak peminat. Atau jika sebaliknya, Anda dapat memastikan jumlah pesaing yang kelak harus dihadapi untuk memperoleh beasiswa impian.

  1. Pilih lembaga pendidikan atau universitas yang sesuai dengan bidang ilmu tersebut

Memilih Lembaga Jurusan

Memilih Lembaga Jurusan

Tips kedua adalah memilih lembaga pendidikan atau universitas. Setiap lembaga pendidikan mengklaim bahwa kualitas ilmu yang diterapkan adalah yang terbaik. Biasanya, beberapa universitas memiliki jurusan favorit atau bidang ilmu yang diajarkan di lembaga tersebut berkualitas dunia.

Misalnya Universitas Harvard yang jurusan hukumnya terbaik di dunia, atau ITB yang terkenal dengan jurusan teknik & sains-nya. Cari tahu apakah jurusan di fakultas tersebut sesuai dengan bidang ilmu yang ingin dipelajari? Jika ya, segera persiapkan diri sebaik mungkin.

  1. Persiapkan diri untuk ikut tes masuk dan syarat lainnya

Persiapan Tes

Persiapan Tes

Setelah menerapkan kedua tips tadi, segera beralih ke tips berikut. Ya, mempersiapkan diri untuk memenuhi semua syarat yang dibutuhkan. Anda perlu mengajukan berkas pendaftaran ke lembaga pendidikan atau universitas tujuan.

Selain syarat seperti ijazah terakhir, hasil tes bahasa Inggris (untuk universitas luar negeri dan berkas lampiran lainnya, siapkan diri untuk tes masuk. Beberapa lembaga pendidikan dalam negeri memberikan syarat nilai minimal tertentu agar dapat lulus tes masuk. Begitu pula dengan lembaga pendidikan luar negeri.

  1. Pilih beasiswa dari lembaga pemerintahan, yayasan, atau langsung dari universitas

Program Beasiswa

Program Beasiswa

Ada beberapa jenis beasiswa yang bisa dipilih. Misalnya beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Di Indonesia banyak beasiswa yang diberikan oleh negara. Contohnya Bidik Misi, beasiswa dari kementerian, dan LPDP. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) ini termasuk Beasiswa Presiden Republik Indonesia.

Pemerintah negara lain seperti Australia dan Amerika Serikat juga sering memberikan kontribusi beasiswa bagi warga negara lain. Dan beasiswa yang sering jadi incaran seperti Chevening, Fullbright, dan Australia Award. Beasiswa dari pemerintah Jepang yaitu Monbukagakusho atau KGSP dari pemerintah Korea Selatan.

Kemudian, ada pula beasiswa dari yayasan atau lembaga bisnis seperti Djarum Foundation, Astra, BCA, dan banyak lagi. Karena persyaratannya berbeda-beda, pastikan untuk mengecek dahulu ke yayasan atau lembaga tersebut, ya.

Selain dua jenis beasiswa di atas, Anda dapat mengajukan beasiswa langsung ke lembaga pendidikan atau universitas tujuan. Beasiswa jenis ini diberikan untuk mahasiswa berprestasi atau mereka yang dianggap memiliki potensi untuk belajar di universitas tersebut.

Itulah 4 tips cara pilih beasiswa yang bisa diterapkan. Tidak sulit bukan mengikuti tips cara pilih beasiswa di atas? Dengan tekad kuat dan persiapan yang sepadan, semoga beasiswa idaman dapat diraih. Semoga sukses, ya!

Be the first to write a comment.

Your feedback