Kamu Mahasiswa Salah Jurusan? Berikut 5 Tips Agar Kamu Tetap Bisa Survive

Jessica,
0
Mahasiswa Salah Jurusan

Dalam beberapa kasus, balada memilih jurusan kuliah tak pernah benar-benar selesai ketika seseorang sudah diterima di jurusan tertentu. Justru, bisa jadi itu adalah awal kegalauan baru karena jurusan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bisa karena jurusan adalah pilihan orang tua, asal pilih ketika mendaftar, ikut-ikutan teman, atau bahkan yang lebih parah asal kuliah. Inilah yang kemudian menyebabkan mahasiswa salah jurusan.

Umumnya, perasaan bahwa mereka salah jurusan ini memang tidak selalu  muncul di awal masa perkuliahan melainkan bisa ketika menginjak tahun kedua atau selanjutnya. Nah, bagi kamu yang juga merasakannya, simak tips berikut ini agar masa kuliah tidak sia-sia belaka.

Segera Ambil Keputusan, Lanjutkan atau Tinggalkan!

Mahasiswa Salah Jurusan

pixabay.com

Ketika kamu mulai sadar bahwa ada yang salah dengan hidupmu selama ini, tanpa buang-buang waktu segeralah perbaiki. Segera ambil keputusan apakah studi di jurusan tersebut akan dilanjutkan atau dihentikan.

Pada fase ini, mahasiswa harus paham bahwa semuanya sah untuk dipilih termasuk juga harus dipertanggungjawabkan. Jika kamu mau menyerah, silakan berhenti dan berjuanglah kembali di jurusan yang memang dikehendaki. Atau, jika tetap ingin maju, bulatkan tekad untuk menjalani semuanya dengan baik dan serius. Yang jelas, di fase ini kamu tidak boleh hanya berdiam diri tanpa melakukan apapun. Ini justru lebih bahaya dari salah jurusan itu sendiri.

Bangun Pertemanan yang Positif

Mahasiswa Salah Jurusan

pixabay.com

Secara tidak langsung, jalinan pertemanan juga berpengaruh besar terhadap kehidupan seseorang. Begitupun bagi hidup mahasiswa salah jurusan. Di tengah kondisi bimbang seperti ini, kamu tentu membutuhkan teman-teman yang mampu memberi energi dan pengaruh positif. Tak lain, agar kamu tidak semakin tertekan dan terpuruk oleh keadaan yang seolah tidak berpihak.

Di saat seperti ini, teman yang positif akan membantu dan mendukungmu. Hingga akhirnya, pikiran dan tindakan bisa lebih terarah, terkontrol, dan fokus. Jadi, pilihlah teman yang tidak hanya asyik untuk diajak nongkrong, tetapi juga menyenangkan untuk diajak berdiskusi hal-hal positif.

Kembangkan Hobi

Mahasiswa Salah Jurusan

pixabay.com

Nyatanya, menjadi mahasiswa salah jurusan memang rentan terhadap stres. Mereka cenderung tertekan, bingung, atau bahkan terpuruk ketika berada di fase ini. Karenanya, mengembangkan hobi bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperbaiki mood agar Anda setidaknya bisa melewati masa ini dengan perasaan yang lebih bahagia.

Jangan pernah sepelekan hobi, sesederhana apapun hobi tersebut. Justru, hobi yang sering kali dianggap remeh bisa menjadi sesuatu yang hebat dan menghasilkan uang jika ditekuni dengan serius. Bukan tidak mungkin pula jika nantinya, hobi inilah yang membawamu pada hal-hal menakjubkan yang tak pernah terpikirkan selama menjadi mahasiswa salah jurusan.

Ikut Organisasi

Mahasiswa Salah Jurusan

pixabay.com

Selain mengembangkan hobi, cara lain yang bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran dari mumetnya dunia perkuliahan adalah dengan ikut organisasi. Kamu bisa bergabung dengan organisasi kemahasiswaan sesuai dengan karakteristik atau latar belakang.

Percayalah, dengan organisasi hidupmu akan jauh lebih berwarna. Karena selain akan mendapatkan banyak pengalaman dan relasi, kepribadian seseorang juga akan lebih terbentuk. Utamanya, dalam hal kepemimpinan, kemandirian, dan softskill lainnya.

Miliki Prinsip ‘Cepat Lulus’

Mahasiswa Salah Jurusan

pixabay.com

Tak ada salahnya jika kamu memegang teguh prinsip, ‘sudah terlanjur nyemplung, basah sekalian’. Artinya, daripada harus menyesal dan kembali mengulang, lebih baik meneruskan dan menyelesaikannya dengan cepat. Tanamkan dalam benak, bahwa saya harus segera selesai (lulus) agar bisa mengejar apa yang diinginkan. Dengan prinsip seperti ini, tidak akan ada cerita tentang mahasiswa salah jurusan yang terseok-seok dalam perjalanan studi.

Itulah yang bisa kamu lakukan agar masa menjadi mahasiswa salah jurusan tidak berlalu sia-sia.

Be the first to write a comment.

Your feedback