4 Cara Mendongkrak Prestasi Akademik dengan Mengubah Kebiasaan Sehari-hari

Jessica,
1
Prestasi Akademik

Bagi seorang pelajar, prestasi akademik merupakan pencapaian tertinggi yang patut dibanggakan. Hal tersebut merupakan bukti kesungguhan belajar sekaligus hasil dari jerih payah usaha yang dilakukan demi menjadi yang terbaik di antara para pelajar lain. Karena itu tidak heran jika ada banyak siswa yang mati-matian mengejarnya.

Sayangnya, meski sudah diusahakan semaksimal mungkin, mendongkrak prestasi akademik bukanlah perkara gampang. Dibutuhkan konsistensi dan strategi yang tepat agar seorang pelajar dapat meningkatkan prestasinya di sekolah.

Untuk membantu Anda menjadi siswa berprestasi, cobalah untuk mengubah 4 kebiasaan di bawah ini:

  1. Sistem Kebut Semalam

Prestasi Akademik

inews.id

Sistem kebut semalam adalah sebuah kebiasaan buruk yang membuat siswa menunda-nunda untuk belajar hingga mendekati waktu ujian. Cara ini mungkin bisa dilakukan untuk membuat Anda mendapat nilai rata-rata, tapi tidak akan membuat Anda meraih prestasi akademik yang gemilang.

Jika Anda menargetkan nilai tinggi, cobalah untuk “mencicil” pengayaan materi pelajaran yang hendak diujikan minimal 1 bulan sebelum ujian dilaksanakan. Hal ini akan memberikan Anda banyak waktu untuk mendalami materi pelajaran yang akan diujikan.

Jika bisa, cobalah buat kelompok belajar dengan teman-teman lainnya khusus untuk menghadapi ujian. Anda bisa melakukan kegiatan belajar kelompok sepulang sekolah atau di akhir pekan.

  1. Menyalin Tugas

Prestasi Akademi

assignmenttexpert.com

Kebiasaan untuk menyalin tugas teman adalah hal yang harus Anda hilangkan agar menjadi siswa yang berprestasi. Kebiasaan ini lama-kelamaan akan menimbulkan rasa malas sehingga Anda pada akhirnya akan kesulitan menemukan motivasi untuk belajar.

Jika Anda lupa mengerjakan tugas yang diberikan, maka akui saja hal tersebut ke guru. Meskipun mendapat hukuman atau dimarahi, dalam jangka panjang hal ini akan menempa mental Anda menjadi mental seorang siswa berprestasi.

  1. Tidak Mengulang Materi yang Telah Diajarkan

Prestasi Akademik

cedarheightsbaptist.com

Materi yang diajarkan di sekolah kerap kali dihabiskan dalam waktu satu atau dua pertemuan saja. Padahal, bagi seorang siswa, pendalaman materi membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar dapat “menempel” dan tidak mudah dilupakan.

Untuk menghindari hal ini, Anda wajib mengulang materi yang telah diajarkan di sekolah. Anda bisa menanyakan bagian yang tidak dimengerti pada guru atau kawan yang lebih paham. Apabila memungkinkan, cobalah untuk mengambil les mata pelajaran yang sulit untuk dikuasai agar Anda dapat mengulang pembahasan materi yang telah diajarkan secara rutin.

  1. Mengandalkan Pembelajaran di Sekolah

Prestasi Akademik

entrepreneursworld.net

Untuk mendongkrak prestasi akademik, Anda mesti menghilangkan pola pikir bahwa belajar hanya dapat dilakukan di sekolah atau dengan mengerjakan PR di rumah. Cobalah untuk mencari sumber materi pembelajaran dari tempat lain seperti lembaga kursus, internet, atau buku latihan.

Dengan menggali materi dari tempat lain, Anda dapat mempelajari sebuah materi secara lebih dalam. Anda pun bisa menguasai materi tersebut jauh lebih cepat daripada siswa lainnya di kelas. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan prestasi akademik bagi banyak siswa.

Itu dia 4 cara mendongkrak prestasi akademik yang bisa Anda praktikkan. Bagaimanapun, terlepas dari prestasi yang berhasil Anda raih, masih ada banyak hal yang tidak kalah pentingnya dengan hal tersebut, misalnya hubungan Anda dengan keluarga dan teman-teman sebaya, serta kemampuan untuk bersosialisasi dengan baik.

Pada akhirnya, perlu dipahami bahwa siswa yang baik tidak hanya bisa dinilai dari hasil tes-tes di sekolah, tapi juga dari kepribadian yang santun dan positif. Anda pun bisa mencoba meraih prestasi dari jalur lain dengan mengikuti ekstrakurikuler atau perlombaan di luar sekolah. Selamat belajar!

Feedback


  1. Luar biasa artikelnya bagus sekali. Sangat membantu saya sebagai ibu,membuka cakrawala berpikir saya,untuk mendidik anak-anak,supaya jadi anak-anak yang cerdas,bisa “bersaing positif” dengan teman-temannya.Mkasih mba

Your feedback