Mengenal 4 Jenis Kegiatan Ekstrakurikuler yang Bermanfaat bagi Masa Depan Anak

Jessica,
0
Kegiatan Ekstrakurikuler yang Bermanfaat

Salah satu cara untuk menyempurnakan pendidikan formal anak melalui sekolah adalah dengan mengikutsertakan anak pada berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat.

Saat ini ada banyak sekali jenis kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang bisa anak ikuti. Selain mempertimbangkan faktor minat dan bakat, Anda juga perlu mempertimbangkan manfaat dari kegiatan ekstrakurikulertersebut di masa depan.

Dari sekian banyak kegiatan kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat, ada beberapa jenis kegiatan yang dijamin mampu memberi dampak positif bagi masa depan anak Anda, yaitu:

  1. Ekstrakurikuler Musik

Kegiatan Ekstrakurikuler yang Bermanfaat

isleworthsyon.org

Musik merupakan salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang paling umum ditemui baik di sekolah umum maupun sekolah swasta. Bermain musik adalah sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat bagi anak karena dapat mendukung perkembangan aspek kognitif dan motorik si kecil.

Musik secara ilmiah terbukti mampu menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri anak, terutama jika anak dilatih sejak dini untuk memainkan alat musik yang membutuhkan koordinasi gerak tubuh seperti piano atau drum.

  1. Ekstrakurikuler Olahraga

Kegiatan Ekstrakurikuler yang Bermanfaat

marketwatch.com

Jenis ekstrakurikuler ini adalah yang paling populer di antara para pelajar. Tak hanya menyehatkan, jenis ekstrakurikuler ini juga sangat menyenangkan untuk dilakukan serta dapat membuat si kecil terbiasa untuk berteman dan bekerja sama dengan orang lain.Dengan kata lain, ekstrakurikuler olahraga juga dapat melatih interaksi sosial si kecil dengan lingkungan di sekitarnya, terutama jika olahraga yang dimainkan berupa permainan dalam tim dengan jumlah pemain yang banyak seperti sepak bola, bola voli, atau bola basket.

Manfaat dari mengikuti ekstrakurikuler olahraga dapat dirasakan dalam jangka panjang. Bagi Anda yang memiliki anak dengan bobot tubuh berlebih, mengikutsertakan anak dalam ekstrakurikuler olahraga merupakan langkah ampuh untuk mengembalikan berat normal tubuh.

  1. Ekstrakurikuler Bahasa

Kegiatan Ekstrakurikuler yang Bermanfaat

theconversation.com

Meski tidak sepopuler musik atau olahraga, manfaat dari mengikuti ekstrakurikuler bahasa dapat disejajarkan dengan kedua jenis ekstrakurikuler tersebut. Pada dasarnya ekstrakurikuler bahasa dapat berupa klub debat, klub bahasa asing, atau klub sastra.

Sayangnya, keberadaan ekstrakurikuler bahasa sangat jarang ditemui di level pendidikan awal. Apabila Anda tidak dapat menemukan program ekstrakurikuler sejenis di sekolah si kecil, Anda dapat meminta bantuan guru atau wali kelas untuk mengajak anak membuat forum bahasa kecil-kecilan dengan kegiatan yang sederhana seperti membaca puisi atau bertukar cerita sehari-hari.

  1. Ekstrakurikuler Seni

Kegiatan Ekstrakurikuler yang Bermanfaat

mynextmove.org

Beragam ekstrakurikuler berbau seni seperti melukis, mewarnai, atau membuat kerajinan tangan kerap dianggap sebagai ekstrakurikuler sampingan yang tidak memiliki manfaat dalam jangka panjang, padahal, ekstrakurikuler tersebut sejatinya sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang anak.

Selain melatih anak untuk mengenal seni dan memahami estetika visual, ekstrakurikuler seni juga dapat memberikan efek langsung terhadap perkembangan anak.

Menurut beberapa penelitian, anak yang aktif terlibat dalam beragam aktivitas seni cenderung lebih kreatif daripada teman-teman sebayanya. Keterlibatan seni dalam proses pendidikan anak dapat meningkatkan perkembangan kemampuan otak kanannya secara signifikan.

Demikianlah 4 jenis kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat bagi masa depan anak Anda. Jika anak Anda termasuk ke dalam katagori aktif dan senang bersosialisasi, Anda mungkin dapat merayunya untuk bergabung ke lebih dari satu jenis ekstrakurikuler di sekolah.

Terlepas dari keempat jenis kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat di atas, sejatinya masih ada banyak jenis kegiatan ekstrakurikuler lain yang bisa menjadi pilihan. Bagi Anda yang memiliki anak usia dini, berkonsultasilah dengan guru atau wali kelas anak Anda di sekolah untuk menemukan jenis  ekstrakurikuler yang paling cocok untuk si kecil.

Be the first to write a comment.

Your feedback