Bingung akan Kuliah di mana? Lakukan 8 Tips Memilih Universitas Berikut ini

Jessica,
0
Bingung akan Kuliah di mana?

Kampus atau universitas yang akan Anda pilih setelah lulus SMA nanti sebagian besar akan menentukan masa depan Anda. Bukan hanya soal akademik, ada pula hal-hal nonakademik lainnya yang akan ikut mendukung masa depan, seperti organisasi, bahkan pergaulan Anda di lingkungan kampus tersebut. Oleh karena itu, memilih universitas tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan dalam memilih universitas, di antaranya adalah sebagai berikut.

Pilih Jurusan atau Program Studi yang Sesuai

Bingung akan Kuliah di mana?

pixabay.com

Hal pertama yang menjadi pertimbangan tentu saja Anda harus memilih universitas yang sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Bila masih bingung, sebaiknya pikirkan mulai dari sekarang karena ini akan berdampak pada masa depan.  Sudah banyak ‘korban’ dari salah jurusan. Anda tidak ingin menjadi salah satunya, ‘kan?

Tentukan Lokasi Kampus yang Diinginkan

Bingung akan Kuliah di mana?

pixabay.com

Lokasi kampus adalah pertimbangan dalam memilih universitas. Bagi yang ingin merantau tentu tidak masalah  memilih lokasi kampus yang berbeda kota atau bahkan pulau, namun bagi yang ingin lokasinya dekat rumah tentu ini menjadi pertimbangan. Hal ini bisa disiasati dengan kos, asrama atau tinggal di rumah keluarga yang rumahnya dekat dengan kampus.

Bila lokasi kampus berada di daerah lain dengan rumah Anda, perlu diperhatikan pula lingkungan sekitar kampus. Apakah lokasinya cocok untuk Anda tinggali atau apakah Anda bisa betah bila tinggal di kota tersebut. Seperti misal kuliah di Bogor yang terkenal dingin, sedangkan Anda alergi dingin.

Pertimbangkan Biaya Kuliah yang Akan Dikeluarkan

Bingung akan Kuliah di mana?

pixabay.com

Biaya kuliah terkadang menjadi alasan seseorang gagal kuliah di kampus impiannya. Biaya untuk mendaftar di kampus tersebut atau biaya hidup di kota (bagi perantau). Oleh karena itu pastikan Anda mengetahui biaya kuliah bila ingin mendaftar ke suatu universitas. Namun ini bisa disiasati dengan mengajukan beasiswa yang tersedia.

Perhatikan Fasilitas yang Disediakan

Bingung akan Kuliah di mana?

pixabay.com

Biasanya, fasilitas yang disediakan di suatu universitas berbanding lurus dengan besarnya biaya perkuliahan di kampus tersebut. Tidak perlu lengkap, Anda cukup memastikan bahwa fasilitas akademik dan nonakademik tersedia di kampus itu. Seperti gedung kuliah yang nyaman, perpustakaan, serta dan fasilitas olahraga dan organisasi.

Kenali dengan Baik Kampus/Universitas yang Akan Dipilih

Bingung akan Kuliah di mana?

pixabay.com

Sebelum benar-benar memilih universitas, Anda perlu mengenal kampus tersebut dengan baik. Melihat informasi dari internet saja tidak cukup. Kalau perlu bisa bertanya dengan kakak kelas Anda yang sedang kuliah atau sudah menjadi alumni dari kampus tersebut. Karena informasi formal saja tidak cukup. Isu seperti gedung berhantu atau jenis makanan di sana bisa jadi pertimbangan.

Ketahui Akreditasi Kampus Tersebut

Bingung akan Kuliah di mana?

pixabay.com

Yang tidak kalah penting, Anda perlu mengetahui akreditasi kampus tersebut. Bila Anda berencana merantau, pilihlah kampus yang memiliki akreditasi A, B atau setidaknya memiliki akreditasi yang lebih baik dibandingkan universitas di kota/daerah tempat tinggal Anda.

Bandingkan dengan Beberapa Universitas Pilihan lainnya

Bingung akan Kuliah di mana?

pixabay.com

Dengan mempertimbangkan 6 poin sebelumnya, saat ini Anda pasti sudah bisa menentukan beberapa kampus yang akan menjadi pilihan. Bila masih bimbang memilih di antara beberapa kampus tersebut, Anda bisa saling membandingkannya. Setiap universitas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pilih yang paling cocok.

Bicarakan dengan Orang Terdekat

Bingung akan Kuliah di mana?

pixabay.com

Tips terakhir memilih universitas yang tidak boleh dikesampingkan adalah saran dari orang-orang terdekat. Dalam hal ini adalah orang tua atau saudara kandung. Anda bisa meminta pendapat mereka terkait mana kampus yang lebih baik. Setidaknya saran dari mereka bisa menjadi pertimbangan tambahan untuk Anda. namun kembali lagi, yang paling tahu apa yang Anda butuhkan adalah diri sendiri.

Nah, sekarang apa sudah punya bayangan ingin memilih universitas mana?

Be the first to write a comment.

Your feedback