7 Tips Jitu Membuat Presentasi Menarik dan Mendapat Nilai Terbaik dari Dosen

Jessica,
0
Membuat Presentasi Menarik

Mahasiswa selalu identik dengan membuat tugas makalah dan mempresentasikannya. Melakukan presentasi sendiri atau berkelompok merupakan bagian dari tugas kuliah yang diberikan dosen. Agar dosen kamu memberikan nilai terbaik, kamu harus membuat presentasi menarik. Presentasi yang menarik akan membuat teman-temanmu tertarik dan presentasi kamu lebih hidup. Bagaimana caranya? Yuk, disimak.

1. Pahami Materi yang Dipresentasikan

Membuat Presentasi Menarik

peluangbisnismoment.com

Membaca semua isi slide PowerPoint-mu menunjukkan kamu tidak siap dengan presentasi. Hal ini juga menandakan kalau kamu tidak memahami materi yang dipresentasikan. Pahami dulu materi. Ini adalah hal yang harus kamu perhatikan agar presentasi kamu menarik. Jika kamu paham, kamu bisa menjawab pertanyaan yang diajukan teman-temanmu. Akibatnya dosen akan memberikan nilai yang terbaik.

2. Buatlah Tampilan Powerpoint yang Menarik

PowerPoint adalah salah satu media yang digunakan untuk membuat presentasi lebih menarik dan fokus. Agar PowerPoint kamu menarik perhatian, buatlah slide PowerPoint lebih berwarna dengan menambahkan animasi, bunyi, tabel, grafik, atau video. Kamu bahkan bisa mengunduh berbagai rancangan template yang menarik serta gratis dari internet guna mendukung presentasimu. Buat juga poin-poin penting namun singkat dari materi yang akan kamu jelaskan di slide.

3. Buatlah Pembukaan Presentasi yang Menarik Perhatian

Membuat Presentasi Menarik

squlline.com

Tips jitu untuk membuat presentasi menarik lainnya adalah dengan membuat pembukaan presentasi menarik perhatian. Kamu bisa memulai presentasi kamu dengan bertanya kepada teman-temanmu. Tujuannya adalah agar teman-temanmu memperhatikan serta ikut berpartisipasi dalam presentasi yang kamu lakukan. Selain itu, kamu bisa menggunakan intonasi suara yang bersemangat dan antusias sehingga teman-temanmu akan terus memperhatikan presentasi yang kamu lakukan sampai selesai. Mungkin saja selain bonus nilai, kamu akan mendapat pujian dari dosen.

4. Sampaikan dengan Singkat dan Lugas

Membuat presentasi menarik dapat kamu lakukan dengan cara menyampaikan presentasi secara singkat dan lugas. Hal ini penting agar presentasimu tidak keluar dari materi. Presentasi yang panjang akan membuat teman-temanmu bosan dan tidak memperhatikan. Jadi hindari presentasi yang panjang dan bertele-tele.

5. Gunakan Teknologi Pendukung

Membuat Presentasi Menarik

bukupedia.com

Membuat presentasi menarik dapat kamu lakukan dengan menggunakan teknologi pendukung. Kamu bisa menggunakan teknologi berupa handled remote. Teknologi ini akan memudahkan kamu untuk melakukan presentasi tanpa membatasi ruang lingkup kamu untuk bergerak. Kamu bisa mengganti slide PowerPoint kamu ke slide selanjutnya tanpa harus mendekati laptop. Dengan teknologi pendukung, kamu bisa berinterasi dengan semua temanmu saat melakukan presentasi. Presentasi jadi lebih fleksibel.

6. Perhatikan Penampilan

Penampilan sangat penting ketika melakukan presentasi. Gunakan pakaian yang rapi dan sopan sehingga dosenmu akan terkesan dengan persiapan yang kamu lakukan. Tampilan yang rapi akan membuat kamu lebih percaya diri saat presentasi. Penampilan rapi juga mengesankan bahwa kamu menghargai dosen dan teman-temanmu.

7. Lakukan Kontak Mata

Membuat Presentasi Menarik

priceza.co.id

Tips jitu lainnya dalam membuat presentasi menarik adalah dengan melakukan kontak mata. Dengan cara ini kamu mengajak temanmu untuk terlibat serta aktif dalam kelancaran presentasimu. Presentasi yang aktif akan membuat dosen terkesan sehingga dosenmu beranggapan presentasi yang kamu buat dan lakukan menarik. Kamu berhak mendapatkan nilai terbaik.

Apakah kamu sudah pernah melakukan tips-tips di atas? Jika belum, yuk, coba terapkan 7 tips jitu membuat presentasi menarik untuk kuliah kamu. Selain kamu mendapatkan nilai presentasi yang bagus, hal ini akan melatih kemampuan presentasimu. Kemampuan presentasi yang baik memudahkan kamu ketika kamu bekerja dan harus berpresentasi dengan berbagai orang yang berbeda.

Be the first to write a comment.

Your feedback