Tips Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Melakukan Presentasi

Jessica,
0
Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Perasaan grogi ketika akan menyampaikan diskusi makalah sebuah pelajaran memang merupakan hal yang wajar. Namun apa jadinya jika hal itu justru menganggu kamu berbicara di depan teman-teman kelas kamu. Rasa malu yang kamu dapat karena ada kesalahan berbicara pasti berdampak kepada psikis kamu. Namun, hal demikian bisa diatasi dengan mengikuti beberapa tips tentang bagaimana meningkatkan rasa percaya diri ketika sedang melakukan presentasi kelas. Coba ikuti langkah-langkah berikut ini:

Jangan Memikirkan Hal yang Aneh

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sumber : strategidanbisnis.com

 

Salah satu kunci sukses agar presentasi dan diskusi kelas kamu lancar adalah bersikap tenang. Untuk melakukan hal ini sebenarnya sangat mudah yakni dengan selalu berpikiran positif. Pada umumnya, rasa percaya diri menjadi hilang diakibatkan pikiran negatif dan rasa khawatir yang berlebihan. Jangan pernah sekali-kali membayangkan jika teman-teman kelas kamu nanti tidak akan menyukai kamu gara-gara penampilan yang kurang maksimal. Tidak masalah mereka memiliki berbagai macam persepsi tentang dirimu; yang terpenting adalah kamu merasa nyaman dan tidak tegang di hadapan mereka semua.

Menarik Napas Dalam-Dalam

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sumber : m.lakeybanget.com

 

Tips untuk meningkatkan rasa percaya diri berikutnya bisa dibilang sangat mudah namun sukar dipraktikkan ketika berada di lapangan. Memang pada saat kita merasa gugup, denyut nadi dan jantung terasa lebih lebih kencang. Maka dari itu, kamu perlu menarik napas pelan-pelan dan dalam. Jika masih susah untuk melakukannya, gunakan cara yang lain yakni dengan membayangkan sesuatu yang indah. Sambil memikirkan hal yang membuat kamu bahagia, tariklah napasmu sekuat tenaga paling tidak tiga kali.

Memanjatkan Doa Sebelum Melakukan Presentasi

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sumber : vebma.com

 

Ingat apa pun agama kamu, memanjatkan doa itu sangat penting karena berpengaruh dalam meningkatkan rasa percaya diri. Mintalah kepada Tuhan agar kamu dilancarkan segala urusan – untuk kali ini, doamu berkaitan erat dengan kelancaran presentasi pelajaran. Berdoa juga memiliki peran penting dalam membuat perasaan tenang, nyaman dan damai pada diri seseorang. Kamu tidak perlu berdoa keras-keras di depan teman-teman kelas kamu, di dalam hati sebenarnya sudah cukup.

Berlatih di Depan Cermin Ketika Berada di Rumah

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sumber : sukita.info

 

Jika kamu sebagai introvert, mungkin kamu akan selalu menemui berbagai jenis hambatan ketika harus dihadapkan dengan masalah bersosialisasi. Sebenarnya tidak ada yang salah menjadi seorang penyendiri, namun demikian, kamu bisa mulai berlatih berbicara sedikit demi sedikit di depan cermin untuk mengatasi masalah krisis percaya diri yang sedang kamu alami saat ini. Di hadapan cermin, kamu akan tahu bahwa kamu mempunyai potensi lebih sebagai seorang pembicara. Ekspresi dan suara kamu ternyata memang memukau.

Tahu Bagaimana Harus Bersikap di Depan Audiens

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sumber : fromme.lv

 

Cara paling ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika menyampaikan diskusi di depan kelas adalah tentu saja dengan power posing. Mungkin sebagian dari kamu belum begitu mengerti istilah ini. Baiklah, power posing mengacu kepada sikap tubuh dalam menghadapi sesuatu (dalam hal ini adalah audiens). Beberapa pokok yang harus digaris bawahi adalah ketika sikap tubuh kamu salah seperti kurangnya rasa percaya diri, maka penampilanmu di depan orang akan menjadi kurang baik. Sebaliknya, orang dengan sikap tubuh positif akan menghasilkan energi positif yang memukau.

Kelima tips untuk meningkatkan rasa percaya diri saat melakukan presentasi (baik pelajaran atau diskusi kelompok) di depan kelas pada dasarnya mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memutuskan untuk melakukannya atau tidak karena semuanya berada di tangan kamu.

Be the first to write a comment.

Your feedback