Selain Dokter, Ini Lo Jurusan Kesehatan dengan Peluang Kerja yang Besar

Jessica,
0
Jurusan Kesehatan

Kedokteran masih menjadi jurusan yang paling banyak peminatnya sampai sekarang ini. Di dunia kesehatan, profesi dokter merupakan salah satu bagian dari tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit ataupun puskesmas. Jika Anda tertarik untuk menempuh pendidikan di bidang kesehatan, Anda bisa memilih salah satu jurusan ini karena memiliki prospek kerja yang cerah. Apa saja? Yuk, disimak.

Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)

Jurusan Kesehatan

pixabay.com

Pernah mendengar ‘administrasi kesehatan’? Jurusan ini memberikan peluang kerja yang besar setelah Anda lulus. Fokus pembelajarannya yakni menyelesaikan permasalahan-permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat. Selain mendapat materi, Anda juga akan langsung terjun ke lapangan untuk mempraktikkan yang Anda pelajari. Permasalahan dan penyelesaiannya didasarkan pada informasi, data, dan status kesehatan masyarakat.
Setelah tamat kuliah di jurusan AKK, Anda bisa bekerja sebagai manajer puskesmas, manajer rumah sakit, manajer layanan medis, dan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan. Jurusan ini biasanya tergabung dengan jurusan kesehatan masyarakat.

Radiologi

Jurusan Kesehatan

pixabay.com

Salah satu jurusan kuliah di bidang kesehatan yang memiliki peluang kerja yang besar adalah radiologi. Masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu radiologi dan materi yang akan dipelajari sehingga kurang peminatnya.

Jika Anda mengambil jurusan ini, Anda akan belajar mengenai penggunaan sinar X, gelombang mekanik, ilmu tulang, dan lain-lain. Lulusan radiologi memiiki kesempatan untuk bekerja menjadi radiografer, konselor genetis, terapis radiasi, dan lain-lain. Profesi tersebut sangat dibutuhkan di berbagai rumah sakit.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Jurusan Kesehatan

pixabay.com

Tertarik menjadi pengawas dan penyelidik kebakaran, konsultan kesehatan dan keselamatan kerja (K3), atau spesialis K3? Anda bisa memilih jurusan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).
Jurusan ini memiliki peluang kerja yang besar di tempat pelayanan kesehatan, rumah sakit, dan berbagai perusahaan yang membutuhkan layanan jasa K3. Di jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai materi terkait dengan risiko dan bahaya yang mungkin terjadi di tempat kerja atau di dalam suatu proyek, cara pencegahan dan mengatasi bahaya, berbagai metode untuk mengurangi kecelakaan kerja, dan masih banyak yang lainnya.

Fisioterapi

 

Jurusan Kesehatan

pixabay.com

Jurusan fisioterapi bisa menjadi jurusan kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan. Selain jurusan ini masih kurang peminatnya, jurusan ini memiliki peluang kerja yang sangat besar. Banyak rumah sakit membutuhkan ahli fisioterapi.

Fisioterapi mempelajari tentang bentuk sendi, otot, dan tulang, cara kerja gerak otot, hingga fungsi gerak tubuh manusia. Setelah tamat kuliah jurusan ini, Anda bisa bekerja sebagai terapis ataupun dokter pengobatan fisik dan rehabilitasi di rumah sakit atau ahli fisioterapi bagi atlet-atlet berbagai cabang olahraga.

Farmasi

Jurusan Kesehatan

pixabay.com

Jika Anda masih bingung memilih jurusan kesehatan yang memiliki peluang kerja yang besar, cobalah memilih farmasi. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang farmasi mencari lulusan farmasi terbaik. Selain bekerja di perusahaan obat, dan rumah sakit, Anda juga bisa bekerja sebagai apoteker di berbagai apotek.

Selain itu, di jurusan farmasi, Anda akan mempelajari dan mempraktikkan berbagai hal seperti cara membuat formula obat, kombinasi bahan obat, sekaligus analisis dampak terhadap penggunaan obat.

Bagaimana, tertarik untuk memilih salah satu jurusan kesehatan di atas? Selain memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja di berbagai rumah sakit dan perusahaan kesehatan, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan gaji yang cukup besar. Yuk, segera daftar!

Be the first to write a comment.

Your feedback