Ingin Punya IPK Tinggi atau Aktif Organisasi? Berikut ini 6 Hal yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Jessica,
0
Ingin Punya IPK Tinggi atau Aktif Organisasi?

Masa perkuliahan sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan masa SMA. Masa perkuliahan adalah masa di mana Anda harus benar-benar memikirkan arah rencana Anda untuk masa depan. Ada pilihan yang harus diambil, seperti pertanyaan: mengejar IPK tinggi atau aktif organisasi?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu tahu apa tujuan yang ingin dicapai di masa depan nanti. Tidak selamanya IPK tinggi lebih baik dibandingkan pengalaman saat berorganisasi, namun terlalu fokus pada organisasi tentu akan menghambat kuliah yang menjadi tujuan awal.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih antara IPK tinggi atau aktif organisasi.

Organisasi Mengasah Soft Skill dan Menambah Pengalaman

Ingin Punya IPK Tinggi atau Aktif Organisasi?

Apa yang akan Anda dapatkan di dalam organisasi dan kepanitiaan tidak akan bisa ditemukan di lingkungan perkuliahan. Hal ini sangat penting, terutama ketika Anda lulus kuliah nanti. Karena sejatinya bukan hanya nilai kuliah yang akan membantu Anda dalam menghadapi kerasnya hidup.

Organisasi Memperbanyak Relasi dan Meningkatkan Kecakapan Bersosialisasi

Ingin Punya IPK Tinggi atau Aktif Organisasi?

pixabay.com

Bergabung dengan berbagai organisasi dan kegiatan akan membuat relasi atau pertemanan menjadi semakin luas. Bukan hanya teman di jurusan yang sama, Anda bahkan dapat mengenal berbagai macam orang dari fakultas lain atau bahkan universitas lain yang memiliki organisasi serupa.

Bukan hanya itu, organisasi juga akan membuat Anda lebih cakap dalam bersosialisasi. Mengenal berbagai karakter orang dan mengerti bagaimana cara bersosialisasi dengan mereka.

Organisasi Menjadi Nilai Lebih pada CV

Ingin Punya IPK Tinggi atau Aktif Organisasi?

pixabay.com

Ada nilai lebih yang akan Anda dapatkan bila aktif di organisasi, selain bisa menambah keterampilan bersosialisasi dan melatih jiwa kepemimpinan, berorganisasi juga memberikan nilai tambah pada CV (Cirriculum Vitae) Anda.

Poin ini akan menjadi pertimbangan yang cukup penting bila Anda melamar pekerjaan. Dengan berorganisasi, Anda dianggap memiliki keterampilan bersosialisasi yang lebih matang sehingga ketika nanti ditempatkan di lapangan dan berhubungan langsung dengan masyarakat, Anda bisa berinteraksi lebih baik dibandingkan mereka yang tidak pernah berorganisasi.

IPK Tinggi Mudah Mendapatkan Beasiswa

Ingin Punya IPK Tinggi atau Aktif Organisasi?

pixabay.com

Meski tidak mutlak, nilai IPK tinggi menjadi syarat utama yang ditetapkan oleh penyelenggara beasiswa. Bukan hanya beasiswa selama kuliah, ada juga perusahaan yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi, dengan IPK yang tinggi. Bila benar-benar bagus Anda bahkan berkesempatan mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut ketika telah lulus nanti. Jadi jangan sepelekan IPK tinggi.

Banyak Perusahaan Mencari IPK Tinggi

Ingin Punya IPK Tinggi atau Aktif Organisasi?

pixabay.com

IPK merupakan sebuah standar yang dijadikan acuan keberhasilan studi seorang mahasiswa. Bahkan ada beberapa perusahaan yang mengharuskan IPK minimal 3 atau lebih dari itu. Bila IPK Anda kurang bagus, kesempatan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut mungkin lebih kecil, meski memiliki pengalaman berorganisasi.

IPK Tinggi Menjadi Kebanggaan Tersendiri

Ingin Punya IPK Tinggi atau Aktif Organisasi?

pixabay.com

Bukan hanya Anda yang akan bangga atas nilai tersebut, tapi orang tua pun akan bahagia mengetahuinya. Ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan Anda lupakan. Terlebih ketika Anda menjadi salah satu mahasiswa dengan IPK tertinggi.

Sebenarnya agak sulit bila harus memilih salah satu di antara IPK tinggi atau aktif organisasi, karena masing-masing punya peran penting dalam dunia kerja dan di masa depan.

Jadi mana yang lebih penting, IPK tinggi atau aktif organisasi? Tentu saja yang bisa menjawab itu adalah Anda sendiri. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, sejak sekarang Anda sudah harus menentukan prioritas. Prioritas yang harus difokuskan tanpa mengesampingkan yang lainnya. Karena keduanya tetap penting.

Be the first to write a comment.

Your feedback