Lakukan 5 Cara Ini untuk Memulai Gerakan Literasi di Rumah

Jessica,
0
Gerakan Literasi

Membaca dan menulis merupakan bagian dari literasi. Ternyata ada 5 cara untuk memulai gerakan literasi di rumah.

Apakah Anda tahu sekarang pemerintah sedang menggalakkan program gerakan literasi? Selama 3 tahun berturut-turut Indonesia berada di peringkat bawah menurut hasil capaian Program for International Students Assessment (PISA) yang dilakukan oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan  (OECD) atas budaya literasi.

Menurut hasil penelitian dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO 2012), indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Hal ini bisa diartikan bahwa hanya satu dari 1000 orang yang memiliki minat membaca. Hal ini didukung dengan hasil survei pada tahun 2016 Indonesia berada di peringkat ke-66 dari 72 negara. PISA juga mencatat hasil indeks budaya literasi siswa Indonesia dari tahun 2000 sampai 2015 berada pada skala 397 pada 2015.

Dikarenakan rendahnya minat baca dan m++enulis siswa di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menggiatkan program gerakan literasi. Gerakan literasi ini juga bisa Anda lakukan di rumah. Yuk, simak 5 caranya:

 

Membangun Perpustakaan Mini di Rumah

Gerakan Literasi

lvluxhome

 

Salah satu cara meningkatkan minat baca di rumah Anda adalah dengan membangun perpustakaan mini di rumah. Memiliki perpustakaan tidak memerlukan ruangan yang besar. Anda bisa memaksimalkan ruang kosong di rumah Anda. Anda bisa mendekorasinya sesuai dengan keinginan Anda. Buatlah perpustakaan mini Anda ini nyaman sehingga Anda bisa betah berlama-lama membaca buku di sana. Setelah siap dengan perpustaan mini, Anda bisa mengisi perpustakaan Anda dengan berbagai koleksi buku yang Anda sukai. Membaca menjadi menyenangkan dan Anda sudah melakukan gerakan literasi.

 

Mengisi Perpustakaan dengan Berbagai Buku Bacaan

Gerakan Literasi

noithatboomdesign

 

Tidak lengkap melakukan gerakan literasi di rumah tanpa adanya buku-buku. Selain memiliki tempat untuk perpustakaan mini, Anda harus mengisi perpustaan Anda dengan berbagai buku bacaan yang terbaru. Buku-bukunya bisa berupa novel, biografi, ensiklopedia, komik, atau pun berbagai buku pengetahuan. Untuk mendapatkan berbagai buku bacaan yang murah, Anda bisa mengunjungi toko buku yang menjual buku-buku diskon. Anda juga bisa membeli buku-buku bekas layak baca di toko-toko buku bekas. Koleksi buku menjadi beragam.

 

Membaca 20 Menit sebelum Tidur

Gerakan Literasi

londrali

 

Jika sulit membiasakan diri dengan membaca, Anda bisa melakukannya pelan-pelan. Coba lakukan kebiasaaan membaca 20 menit sebelum tidur. Untuk memulainya, Anda bisa memilih satu buku yang tidak terlalu tebal. Setiap malam sebelum tidur sempatkan membaca buku tersebut selama 20 menit. Lakukan 20 menit di malam berikutnya. Dengan melakukan kegiatan ini, Anda mampu menyelesaikan membaca berbagai buku yang menarik.

 

Membuat Reading Diary

Gerakan Literasi

go365wellness

 

Kurangnya minat baca dan tulis menjadikan kegiatan membaca dan menulis ini sulit untuk dilakukan. Untuk itu Anda perlu membiasakan diri dengan melakukan gerakan literasi di rumah. Salah satunya adalah membuat reading diary. Anda bisa mengubah ketidaksukaan Anda membaca dengan membaca buku minimal 20 menit sehari. Lalu Anda mengisi reading diary yang berisi  judul buku, tanggal membaca, halaman buku, serta isi dari cerita yang dibaca. Tidak mudah memang, tetapi bukanlah tidak mungkin.

 

Membentuk Klub Membaca

Gerakan Literasi

Housely

 

Berkumpul dengan teman-teman bukan berarti hanya ngobrol dan bergosip, lo. Anda bisa memanfaatkan waktu bersama teman-teman dengan membentuk klub membaca di rumah sehingga gerakan literasi yang Anda lakukan di rumah tidak membosankan. Anda bisa mengajak teman-teman Anda untuk memotivasi dan berbagi tentang cara menumbuhkan minat membaca dan menulis. Anda bisa mengajak teman-teman Anda yang gemar melakukan hal-hal tersebut dalam kegiatan klub membaca ini. Anda dan teman-teman bisa melakukan diskusi tentang penulis-penulis favorit, buku-buku yang direkomendasikan, serta isi buku yang telah dibaca. Lakukan secara rutin dan bergiliran, maka Anda sudah memulai gerakan literasi ini di rumah bersama teman-teman Anda.

Ayo mulailah untuk memupuk minat membaca dan menulis melalui gerakan literasi di rumah. Dengan melakukannya secara teratur, Anda akan terbiasa dan menyukai kegiatan-kegiatan bermanfaat ini.

Be the first to write a comment.

Your feedback