7 Tips Membaca Buku-Buku Kuliah Tanpa Mudah Lelah

Jessica,
0
Tips Membaca Buku-Buku Kuliah

Mahasiswa pasti tidak akan lepas dari tugas membaca. Buku-bukunya pasti juga banyak dan tebal-tebal. Kalau kamu termasuk malas membaca, pastinya kamu akan menderita. Namun, bagi penyuka buku, deadline tugas yang terlalu berdekatan juga masalah. Makanya, kamu butuh tips membaca buku-buku kuliah tanpa mudah lelah.

Selain rasa malas, ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab kamu lelah saat membaca buku kuliah. Selain karena kelelahan, bisa jadi bukunya kurang menarik. Bahkan, yang suka membaca pun punya pilihan genre yang paling digemari. Tapi, karena wajib, kamu tetap harus membaca buku-buku yang mungkin terasa membosankan.

Nah, cobalah tujuh (7) tips membaca buku-buku kuliah tanpa mudah lelah ini:

Kuatkan niat dan ingat komitmen untuk menyelesaikan kuliah

Tips Membaca Buku-Buku Kuliah

pixabay.com

Inilah salah satu tips membaca buku-buku kuliah tanpa mudah lelah paling pertama. Apa pun yang dilakukan dengan niat yang kuat, hasilnya akan sepadan. Lagi pula, kamu juga ingin segera menyelesaikan tugas, bukan?

Pilih waktu yang tepat untuk membaca

Jangan memaksakan diri membaca bila sudah mengantuk atau pun lelah. Pilihlah waktu yang paling tepat dan nyaman bagimu. Ada yang lebih nyaman membaca saat pagi hari, karena pikiran masih segar. Ada yang bisa melakukannya saat jam istirahat di kampus atau malah sebelum tidur.

Temukan posisi paling nyaman saat membaca

Tips Membaca Buku-Buku Kuliah

pixabay.com

Ini juga tips membaca buku-buku kuliah tanpa mudah lelah. Posisi duduk tegak tanpa harus tegang adalah yang paling tepat. Kamu tidak akan cepat merasa pegal atau mengalami kram pada leher dan punggung. Kalau membaca sambil berbaring atau terlalu bersandar, yang ada kamu malah jatuh tertidur.

Pilih lingkungan yang paling nyaman dan menyehatkan untuk membaca

Hindari membaca di dalam gelap, karena dapat merusak penglihatanmu. Selain itu, mungkin kamu lebih suka membaca dalam suasana sunyi dan tenang, seperti di perpustakaan atau kamar tidur. Ada juga yang bisa tahan membaca di tempat ramai, seperti di kafe kampus.

Ada juga yang membaca sambil mendengarkan musik. Yang pasti, pilihlah yang paling membuatmu nyaman saat membaca buku.

Siapkan camilan dan minuman pembangkit semangat

Tips Membaca Buku-Buku Kuliah

pixabay.com

Tidak ingin otakmu terlalu lelah saat membaca? Siapkan snack, teh, atau kopi agar energi otakmu terjaga. Tidak perlu makanan yang berat-berat, kue-kue kecil juga bisa. Bahkan, kalau mau lebih sehat, sediakan buah-buahan dan minuman air putih untuk menemanimu membaca.

  1. Beri target membaca harian secara realistis.

Ini tidak hanya berlaku sebagai tips membaca buku-buku kuliah tanpa mudah lelah. Kamu juga bisa menyelesaikan tugas membaca secara lebih efektif.

Misalnya: sekali membaca, ternyata kamu kuat menyelesaikan 10 halaman atau bahkan satu bab. Bila ternyata kamu punya waktu luang dua kali untuk membaca (seperti pagi hari dan malam sebelum tidur), berarti kamu kuat membaca 20 halaman atau dua bab per hari. Jadikan itu sebagai target harian sesuai kemampuanmu.

Gunakan bookmark berwarna dan motif menarik untuk menandai halaman terakhir yang dibaca

Tips Membaca Buku-Buku Kuliah

pixabay.com

Jangan malas untuk menggunakan bookmark, apalagi bila bukunya kamu pinjam dari perpustakaan kampus. Daripada melipat halamannya, lebih baik gunakan bookmark sebagai penanda halaman terakhir yang kamu baca. Pilihlah yang berwarna cerah dan motif menarik agar tambah semangat membaca.

Inilah tujuh (7) tips membaca buku-buku kuliah tanpa mudah lelah. Jangan lupa luangkan waktu istirahat bagi matamu, ya. Selain itu, hindari membaca lebih dari satu buku dalam waktu bersamaan. Yang ada, kamu malah kewalahan karena tidak bisa menyerap semua informasi berbeda sekaligus.

Be the first to write a comment.

Your feedback