Yuk Atur Kamarmu Supaya Lebih Nyaman Untuk Belajar!

Jessica,
0
Lebih Nyaman UntukBelajar!

Di mana biasanya kamu belajar? Apakah dengan berbaring di tempat tidur dengan laptop bersandar pada lutut sambil kamu makan camilan?Jika jawabannya demikian, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membenahi kamar sebagai ruang belajar. Kamu tentu harus memastikan bahwa kamarmu dapat membantumu belajar dengan lebih baik. Karena itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur kamar supaya lebih nyaman untuk belajar.

  1. Singkirkan semua hal yang bisa mengganggu kegiatan belajar

Lebih Nyaman Untuk Belajar!

impressiveinteriordesign.com

Agar kamarmu lebih nyaman untuk belajar, singkirkan semua hal yang bisa mengganggu konsentrasimu. Sebaiknya jangan taruh video game atau benda sejenisnya di kamar karena itu bisa mengalihkan perhatianmu. Tujuan dari ruang belajar adalah untuk memaksimalkan perhatian yang dapat kamu curahkan untuk belajar sambil meminimalkan jumlah usaha yang diperlukan untuk melakukannya. Kamu tidak akan dapat melakukannya jika kamarmu penuh dengan gangguan.

  1. Memiliki akses mudah ke segala hal yang kamu butuhkan

Lebih Nyaman Untuk Belajar

independent.co.uk

Cara berikutnya adalah dengan membuat akses mudah ke segala hal yang kamu butuhkan. Dengan begitu, kamarmu pun akan terasa lebih nyaman untuk belajar. Pertama-tama, catat semua barang yang kamu butuhkan dalam menunjang kegiatan belajarmu. Setelah daftar itu rampung, susun semuanya dengan rapi di meja belajarmu.

  1. Perhatikan pencahayaan di kamar

Lebih Nyaman Untuk Belajar!

dezeen.com

Menurut sebuah penelitian di Jerman, yang mengamati efek suhu dan kecerahan warna pada produktivitas mahasiswa di Universitas Cologne, mahasiswa cenderungbekerja lebih kreatif di bawah cahaya hangat (3000K), tetapi memiliki konsentrasi lebih baik di bawah cahaya dingin (6000K). Karena itu, kamu mungkin bisa mencoba mengerjakan tugas di dekat jendela, sehingga tubuhmu terkena cahaya alami yang masuk ke dalam kamar.

Tips lainnya untuk membuat kamar terasa lebih nyaman untuk belajar adalah bereksperimen dengan tingkat kecerahan dan suhu warna yang berbeda sampai kamu menemukan sesuatu yang pas dengan kebutuhanmu.

Dalam hal ini, pencahayaan sangat penting jika kamu suka membaca buku atau harus mengerjakan tugas rumit, seperti soal-soal matematika misalnya. Pada kasus ini, lampu meja adalah investasi penting untuk kamarmu. Benda itu bisa memberimu cahaya yang jelas dan terfokus, yang diperlukan untuk membaca.

  1. Kondisikan suhu kamar agar terasa lebih sejuk

Lebih Nyaman Untuk Belajar

pinterest.com

Selain dari suhu warna, suhu udara dikamar juga merupakan faktor penting dalam upaya membuat ruanganmu terasa lebih nyaman untuk belajar. Para peneliti di Universitas Helsinki dan Lawrence Berkeley National Laboratory meninjau beberapa studi tentang bagaimana suhu mempengaruhi produktivitas pekerja kantor. Mereka menemukan bahwa rata-rata produktivitas tertinggi terjadi pada rentang suhu antara 22 sampai 25 derajat Celcius. Di bawah atau di atas rentang itu, kesalahan meningkat.

Meski kamarmu tidak memiliki pendingin ruangan, kamu tentu tetap bisa mengaturnya agar bisa berada di kisaran suhu ideal tersebut. Contohnya, kamu bisa menaruh kipas angin di kamar untuk membuat suhu ruangan tetap terasa sejuk. Kamu juga bisa membuka jendela kamar, sehingga pertukaran udara di ruangan tetap baik.

  1. Letakkan beberapa tanaman di kamar

Lebih Nyaman Untuk Belajar

thespruce.com

Beberapa jenis tanaman dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Selain itu, sesuatu yang hijau dan hidup tentunya dapat membuat suasana ruang belajarmu menjadi lebih sejuk. Tetapi jika kamu takut tidak bisa merawatnya dengan baik, belilah tanaman dengan perawatan minim, seperti kaktus atau lidah mertua.

Pada akhirnya, kamu adalah yang paling tahu tentang dirimu. Maka, pilihlah tempat belajar yang paling sesuai dengan suasana hatimu ketika itu. Misalnya, jika kamu harus belajar larut malam dan mudah mengantuk jika berada di dalam kamar, cobalah untuk pindah ke ruang tamu atau tempat lain di rumah.Intinya, buatlah dirimu merasa senyaman mungkin saat belajar.

Be the first to write a comment.

Your feedback


Deprecated: WP_Query was called with an argument that is deprecated since version 3.1.0! caller_get_posts is deprecated. Use ignore_sticky_posts instead. in /var/www/vhosts/educenter.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5607