6 Cara Maksimalkan Penggunaan Laptop untuk Mahasiswa

Jessica,
0

Selama beberapa tahun ke belakang, berbagai gawai mulai dari laptop, tablet hingga smartphone semakin banyak digunakan. Sayangnya karena banyak anak sekolah dan mahasiswa menggunakan gawai untuk bermain game, banyak yang menilai ketiganya lebih memiliki dampak buruk ketimbang positif. Meski begitu, tidak semua laptop buruk untuk mahasiswa. Jika kamu cukup kreatif, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk maksimalkan penggunaan laptop.

Sudah siap lebih produktif dengan maksimalkan penggunaan laptop milikmu? Simak 6 tips berikut ini!

Kamu Bisa Mendapatkan dan Menyimpan Bahan Kuliah dengan Lebih Efisien

Maksimalkan Penggunaan Laptop

blogs.windows.com

 

Kamu pasti pernah membayangkan betapa beratnya buku-buku yang harus dibawa setiap harinya ke kampus. Kamu bisa maksimalkan penggunaan laptop dengan memanfaatkannya sebagai sarana untuk menyimpan berbagai materi kuliah. Materi pembelajaran online yang interaktif juga semakin banyak muncul dan waktu-waktu belajar menjadi lebih seru. Manfaatkan laptopmu untuk menyimpan dan mempelajari materi-materi itu.

Hindari Menginstal Program yang Mengganggu

Maksimalkan Penggunaan Laptop

youtube.com

 

Salah satu yang menyebabkan banyak orang menyalahgunakan laptop adalah menginstal program yang sebenarnya tidak membantu aktivitas kuliahmu. Kamu bisa memulai dengan menghapus game yang berpeluang membuatmu kecanduan. Mematikan internet dan berbagai notifikasi terutama di jam-jam kuliah atau saat sedang mengerjakan tugas adalah salah satu cara ampuh maksimalkan penggunaan laptop milikmu.

Gunakan Laptop untuk Berkomunikasi dengan Teman dan Dosenmu

Maksimalkan Penggunaan Laptop

mylaptopmakesmemoney.com

 

Sebelum era digital, satu-satunya cara yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi adalah dengan bertatap muka. Sayangnya, ini sudah tidak praktis lagi. Apalagi untuk kamu yang memiliki dosen pembimbing dengan jadwal super sibuk dan membuatnya jarang datang ke kampus. Kamu bisa maksimalkan penggunaan laptop untuk berkomunikasi, mendiskusikan tugas kuliah hingga masalah-masalah lain dengan dosen pembimbingmu.

Sekarang juga semakin banyak kampus yang memanfaatkan aplikasi Google Hangout dan platformonline lain untuk berkomunikasi. Kamu bisa melakukan semua itu dengan laptop yang kamu punya.

Jaga Laptopmu dalam Keadaan Rapi

Maksimalkan Penggunaan Laptop

bodrex.com

 

Kita semua tahu bahwa menjaga segala hal tetap terorganisir adalah hal yang sangat penting. Bukan hanya ruangan, laptop pun tetap harus terjaga dengan rapi. Dekstop yang terlalu penuh dengan atau file yang tidak tersusun dengan baik akan membuatmu pusing sendiri. Akhirnya segala aktivitas yang kamu lakukan akan melambat dan akhirnya malah membuatmu malas.

Jauhkan Laptop Saat Kamu Sedang di Kelas

Maksimalkan Penggunaan Laptop

news.okezone.com

 

Tidak semua mahasiswa punya cara yang sama maksimalkan penggunaan laptop mereka. Belajar untuk memanfaatkannya untuk tujuan positif dengan cara yang positif adalah hal yang penting. Terlepas dari semua usaha yang kamu lakukan, kamu mungkin akan tetap bertanya-tanya apakah kehadiran laptop itu membawa lebih banyak manfaat atau justru sebaliknya?

Untuk menghindari segala gangguan, ada baiknya selama di dalam kelas dan saat mendengarkan kuliah dosen kamu sebaiknya meninggalkan laptop di luar kelas. Meski sebenarnya kamu bisa mencatat dengan laptop, menulis dengan tangan secara ilmiah ternyata masih memiliki lebih banyak manfaat.

Rawat dan Batasi Penggunaan Laptop

Maksimalkan Penggunaan Laptop

infokomputer.grid.id

 

Sebagai salah satu sarana yang mempermudah aktivitasmu selama berkuliah, laptop juga sama seperti barang-barang milikmu yang lain. Perlu perawatan dan pembatasan penggunaan demi menjaga performanya tetap baik. Cobalah untuk mematikan laptop setelah 90 menit hingga 120 menit penggunaan. Jangan lupa lakukan servis secara berkala, terutama ketika kamu merasa laptopmu mulai melambat.

Untuk maksimalkan penggunaan laptop, usahakan jangan menggunakannya untuk searching hal-hal di luar materi kuliah. Beri batasan pada dirimu sendiri tentang berapa lama waktu yang bisa kamu gunakan untuk surfing di internet. Selain menjaga kondisi laptop, ini juga akan menjagamu dari hal-hal yang bisa mengganggu belajarmu.

Itulah 6 langkah yang bisa kamu lakukan untuk maksimalkan penggunaan laptop selama duduk di bangku kuliah.

Be the first to write a comment.

Your feedback