Tips Menghentikan Kecanduan Game pada Remaja

Jessica,
0
Tips Menghentikan Kecanduan Game

Tidak bisa dimungkiri jika kemajuan teknologi saat ini membawa banyak dampak bagi kehidupan dan aktivitas masyarakat masa kini, termasuk remaja. Salah satu hal yang paling mencolok yaitu semakin banyaknya remaja yang mengalami kecanduan game. Kemudahan akses game di ponsel dan jenisnya yang bervariasi membuat remaja semakin banyak yang mengalami kecanduan, bahkan mengganggu prestasi belajarsekolahnya. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Yuk, simak tips menghentikan kecanduan game pada remaja berikut ini:

Pahami Bahwa Kecanduan Game Tidak Berjalan Tiba-tiba

Tips Menghentikan Kecanduan Game

liputan6.com

 

Game sebenarnya dapat berfungsi sebagai sarana hiburan, namun seiring dengan berjalannya waktu tidak sedikit remaja yang jatuh pada kondisi adiksi atau kecanduan. Kecanduan game ini tentu tidak berjalan tiba-tiba, melainkan akumulasi dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, untuk menyembuhkan adiksi game ini juga diperlukan proses dan tidak bisa dihentikan secara mendadak.

Untuk remaja yang mengalami kecanduan tingkat ringan, beberapa aktivitas dapat membantu menghentikannya. Namun, jika telah berada pada kondisi kecanduan berat, maka diperlukan bantuan psikiater atau psikolog. Kecanduan berat game bahkan dapat dikategorikan ke dalam gangguan jiwa berdasarkan DSM-V (Diagnostic and Statistical Mental Disorders-V).

Jelaskan Tentang Dampak Kecanduan Game

Tips Menghentikan Kecanduan Game

jagad.id

 

Tips menghentikan kecanduan game yang utama yaitu menjelaskan kepada remaja tentang dampak buruk adiksi game. Berikan penjelasan bahwa ada banyak hal lain yang menarik selain game. Selain itu, bimbing remaja untuk memiliki cita-cita dan tujuan hidup agar waktunya tidak disia-siakan untuk bermain game saja.

Buat Kesepakatan Batas Waktu Bermain Game

Tips Menghentikan Kecanduan Game

sains.compas.com

 

Tip menghentikan kecanduan game berikutnya yaitu mendisiplinkan remaja tentang waktu bermain game. Buat kesepakatan batas waktu bermain game, misal 1 jam di siang hari dan 1 jam di malam hari. Jika remaja mampu disiplin menerapkan hal ini, berikan penghargaan atau hadiah. Sebaliknya, jika dia gagal atau melanggar kesepakatan , berikan hukuman yang mendidik.

Menyediakan Alternatif Kegiatan

Tips Menghentikan Kecanduan Game

avicenna-education.com

 

Tips menghentikan kecanduan game berikutnya yaitu menyediakan alternatif kegiatan di rumah dan di sekolah. Motivasi remaja untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah agar mereka memiliki aktivitas positif yang dapat mengurangi durasi bermain game.

Alternatif kegiatan yang menarik juga perlu disediakan ketika remaja berada di rumah. Ajak mereka berkebun, mendekorasi ulang kamar, membuat ketrampilan, melakukan perjalanan wisata, dan kegiatan lain yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari game.

Gali Hobi Remaja

Tips Menghentikan Kecanduan Game

lifestyle.okezone.com

 

Tips menghentikan kecanduan game selanjutnya yaitu menggali hobi remaja. Kenali hobi mereka lalu bantulah mereka mengembangkan hobi tersebut. Misalnya, remaja yang menyukai musik, ikutkan mereka les untuk mengembangkan hobi tersebut. Jika mereka menyukai olahraga, Anda dapat memasukkan mereka ke klub-klub olahraga agar energi mereka tersalurkan secara positif.

Beri Dukungan untuk Menghentikan Kecanduan Game

Tips Menghentikan Kecanduan Game

health.detik.com

 

Untuk menghentikan kecanduan game, diperlukan tekad yang kuat dari si remaja dan dukungan maksimal dari orang tua. Jangan melabeli si remaja sebagai remaja yang bandel karena seringkali banyak dari mereka yang ingin sekali berhenti namun tidak mampu melakukannya. Oleh karena itu, merangkul mereka dan mencari jalan keluar bersama merupakan salah satu tips menghentikan kecanduan game yang paling efektif.

Demikian beberapa tips menghentikan kecanduan game pada remaja. Mari selamatkan remaja dan masa depan mereka. Semoga bermanfaat.

Be the first to write a comment.

Your feedback