5 Tips Belajar Otodidak Lebih Mudah

Jessica,
0
Belajar Otodidak

Ada banyak cara untuk bisa menguasai keterampilan atau ilmu pengetahuan. Mengikuti kelas di sekolah secara akademik atau mendaftarkan diri di kelas kursus untuk mengembangkan kemampuan non-akademik adalah yang paling sering dilakukan.

Tidak hanya terbatas pada kelas dan guru, seorang juga bisa mulai belajar otodidak sesuai minat dan kebutuhan masing-masing. Ada beberapa cara untuk membuat belajar otodidak menjadi lebih mudah dan menarik, berikut tipsnya.

 

Tentukan subjek yang ingin dipelajari

Belajar Otodidak

Sumber : cloudfront

 

Sekolah maupun tempat kursus mungkin tidak bisa menyediakan semua materi yang diinginkan oleh siswa. Maka dari itu, sebagai siswa sudah sepatutnya aktif untuk mencari tahu apa yang kurang dan perlu dipelajari lagi. Belajar otodidak tidak melulu hanya berkutat tentang pelajaran di sekolah, tetapi juga keterampilan lain di luar itu.

Nah, ketika menentukan subjek ini, perlu dipertimbangkan aspek-aspek yang mengikutinya. Seperti contoh ingin belajar tentang fotografi. Biasanya biaya untuk ikutan kursus akan sangat mahal, maka belajar otodidak bisa menjadi solusi. Tapi tentu saja ketika ingin memperdalam ilmu ini, harus ditunjang dengan kamera yang dimiliki.

 

Manfaatkan teknologi

Belajar Otodidak

Sumber : aje

 

Di era yang semakin berkembang dan teknologi yang semakin maju, informasi dapat diakses dengan mudah hanya melalui telepon genggam yang dilengkapi koneksi internet. Memanfaatkan teknologi seperti ini bisa menjadi cara paling menarik dan praktis untuk belajar otodidak. Membuka panduan di Youtube, menggunakan mesin pencarian Google, hingga berselancar di banyak website yang menyediakan informasi terkait subjek yang dibutuhkan dan kursus online.

 

Buat catatan yang menarik

Belajar Otodidak

Sumber : skchase

 

Mempelajari banyak hal dari berbagai sumber tentu tidak akan mungkin untuk kemudian disimpan sekaligus dalam sekali waktu. Di sinilah pentingnya sebuah catatan. Ilmu yang dicari sendiri dan akan digunakan oleh diri sendiri membuat seorang bebas untuk membuat catatan semenarik mungkin. Jadi, ketika ingin belajar tidak akan terasa monoton karena bukan hanya buku biasa dengan bolpoin warna hitam, tetapi bisa dikreasikan dengan menambahkan gambar dan berbagai bolpoin warna warni.

 

Mempraktikkan ilmu yang didapat

Belajar Otodidak

Sumber : pixabay

 

Karena subjek yang dipilih benar-benar sesuai passion, biasanya seorang siswa akan tak sabar untuk segera mencoba dan mempraktikannya. Sebagai gambaran, belajar fotografi tidak hanya berdasarkan teori tanpa mencoba dan mencari tahu hasilnya. Setelah mempelajari dasar dari pengenalan kamera hingga tips dan triknya, maka dibutuhkan aksi. Ketika mempraktikkan teori yang didapat dari belajar otodidak inilah seorang akan bisa menjadi terampil dan terlatih.

 

Ekspresikan kreativitas

Belajar Otodidak

Sumber : incimages

 

Selama proses belajar otodidak akan muncul beragam pertanyaan dan rasa ingin tahu. Untuk memenuhinya, siswa tersebut akan dengan giat mencari referensi dari banyak sumber. Imajinasi dan kreativitas yang sejauh ini belum bisa tercurahkan mungkin bisa tersalurkan melalui belajar ini. Karena melalui belajar dengan diri sendiri, rasa percaya diri untuk mencoba hal baru menjadi lebih kuat.

Tidak hanya itu, dengan belajar otodidak, seorang akan belajar pula untuk bisa manajemen waktu mereka sendiri. Cara-cara seru bisa diterapkan tanpa harus meninggalkan tugas dan kewajiban selama di sekolah.

Belajar otodidak menjadi salah satu cara untuk mengekplorasi minat dan bakat yang dimiliki. Agar lebih maksimal, orang tua dan guru harus turut berperan dalam melakukan pengawasan agar siswa tetap berada pada lingkup yang aman.

Be the first to write a comment.

Your feedback