Kuliah Sambil Bisnis? Perhatikan 7 Tips agar Lancar Kuliah dan Bisnis

Jessica,
0
Kuliah Sambil Bisnis

Menyandang status sebagai mahasiswa merupakan dambaan semua pelajar yang saat ini sedang duduk di kelas tiga SMA. Hal ini sangat beralasan karena mahasiswa identik dengan kebebasan dan fleksibilitas dalam hal waktu kuliah, yang tentunya sangat berbeda ketika sekolah. Selain itu, mahasiswa juga terkenal memiliki kreativitas yang tinggi sehingga tidak heran banyak mahasiswa yang membangun sebuah bisnis bersama rekan mahasiswa lainnya. Kuliah sambil bisnis pun menjadi dua hal penting yang dijalani bersamaan.

Menjalani bisnis saat masih kuliah tentunya akan memberikan pengalaman dan pembelajaran tersendiri bagi seorang mahasiswa. Namun, menjalani kuliah sambil bisnis memang bukanlah hal mudah. Dibutuhkan komitmen yang kuat agar kuliah dan bisnis bisa berjalan dengan lancar. Lalu, bagaimana caranya agar lancar kuliah sambil bisnis? Simak artikel berikut ini.

Ketahui Prioritas

Kuliah Sambil Bisnis

Mamikos.com

 

Kuliah dan berbisnis merupakan dua hal yang sama-sama menyenangkan. Namun, yang harus kamu ingat, kamu tidak bisa memilih salah satu di antara keduanya. Kamu harus bisa mengatur prioritas antara kuliah dan bisnis. Agar berhasil kuliah sambil bisnis, sebaiknya kamu mengurangi kegiatan kampus yang tidak berhubungan dengan bisnis kamu. Kamu harus cermat mengatur waktu di luar kuliah untuk mengurus bisnis kamu.

Tentukan Target

Kuliah Sambil Bisnis

hellosehat.com

 

Kuliah dan bisnis merupakan dua hal yang harus kamu tentukan targetnya. Misalkan dalam hal bisnis, tentukan target dari sisi keuntungan bisnis kamu. Sedangkan dalam hal kuliah, target kamu adalah lulus tepat waktu 4 tahun. Target tersebut dibuat agar kamu terus termotivasi untuk menjalani kuliah sambil bisnis.

Cepat Menangkap Ilmu Baru

Kuliah Sambil Bisnis

Trivia.id

 

Salah satu hal yang harus kamu asah saat menjalani kuliah sambil bisnis adalah cepat menangkap ilmu baru. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menghemat waktu sehingga kamu bisa menggunakan waktu luang untuk mengurus bisnis. Konsentrasi sangat dibutuhkan agar kamu cepat menangkap ilmu baru dalam hal kuliah dan juga bisnis kamu.

Selalu Berpikir Positif

Kuliah Sambil Bisnis

entrepreneurcamp.id

 

Menjalankan kuliah sambil bisnis bukanlah hal yang mudah. Di saat teman-teman yang lain sedang nongkrong di mal atau menonton film terbaru di waktu luangnya, kamu masih disibukkan dengan urusan bisnis kamu. Apalagi ditambah dengan tugas kuliah yang tidak jarang menumpuk. Agar kamu tidak stres dan tertekan, kamu harus selalu menanamkan pikiran positif. Hal ini akan membuat kamu enjoy dalam menjalankan kuliah sambil bisnis.

Pilih Bisnis yang Sesuai dengan Mahasiswa

Kuliah Sambil Bisnis

sirclo.com

 

Salah satu kiat sukses kuliah sambil bisnis adalah memilih bisnis yang mudah dijalankan oleh seorang mahasiswa. Pilihlah bisnis yang mudah dan fleksibel dalam pengaturan waktunya, seperti bisnis kuliner, bisnis online shop, bisnis jual beli pulsa elektrik hingga menjadi guru privat. Jangan sampai bisnis kamu mengganggu waktu kuliah kamu, ya.

Jangan Pernah Menyerah

Kuliah Sambil Bisnis

lesprivatdibogor.com

 

Ini dia yang menjadi kunci sukses dalam menjalankan kuliah sambil bisnis, yaitu pantang menyerah. Sikap pantang menyerah sangat diperlukan jika kamu merasa sedang stress dan tertekan menjalankan kuliah dan berbisnis. Satu hal yang harus kamu ingat, menjalankan keduanya akan memberikan pengalaman yang berharga dalam hidup kamu. Selain itu, dibandingkan dengan teman-teman lainnya, kamu sudah setingkat lebih maju karena kamu berhasil menjalankan bisnis dan kuliah secara bersamaan. Jadi, harus tetap semangat ya!

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa diikuti agar kamu bisa lancar dalam menjalankan kuliah dan berbisnis. Jika kamu sedang stres dan tertekan, kamu harus ingat perjuangan kamu mencapai titik kesuksesan ini, ya. Tetap semangat!

Be the first to write a comment.

Your feedback