Ini Petuah Jack Ma dalam Meraih Kesuksesan, Bagus untuk Masa Depan Kariermu!

Jessica,
0
Petuah Jack Ma

Pada tahun 2018 lalu, majalah Forbes menobatkan Jack Ma sebagai orang terkaya di Tiongkok. Jack Ma sendiri dikenal sebagai pendiri dan CEO dari perusahaan Alibaba Group, e-commerce terbesar di negeri tirai bambu. Namun di balik kesuksesan itu, pria kelahiran 1964 ini sempat mengalami banyak kegagalan, lho. Nah, berikut adalah beberapa petuah Jack Ma yang bisa kamu jadikan pegangan dalam meraih kesuksesan.

Jangan Gampang Menyerah

Petuah Jack Ma

id.wikipedia.org

“Jangan pernah menyerah. Hari ini sulit, esok pasti lebih sulit, tetapi besok lusa akan indah.”

Ini adalah salah satu petuah Jack Ma yang patut kamu renungkan. Pasalnya, memupuk mental baja bukan persoalan mudah, apalagi saat kegagalan datang silih berganti. Semasa muda, Jack Ma pernah ditolak 30 perusahaan saat pertama kali melamar kerja.

Bahkan, ketika KFC membuka cabang pertamanya di Hangzhou, dari 27 orang yang melamar cuma Jack Ma yang tidak diterima. Namun, pria lulusan Cheung Kong Graduate School of Business ini tidak menyerah dan menganggap penolakan itu hanya bagian dari proses menuju kesuksesan.

Kuncinya adalah Kreatif dan Inovatif

Petuah Jack Ma

en.kremlin.ur

“Hanya mereka yang kreatif dan inovatif, yang bisa bertahan.”

Menurut Jack Ma, menjadi kreatif dan inovatif itu penting. Pria yang pernah bermain dalam film Gong Shou Dao ini mengatakan bahwa dirinya selalu berusaha untuk menemukan ide-ide baru yang brilian. Ketika ide tersebut muncul, Jack Ma pun akan langsung mengeksekusinya. Dia tidak akan menunggu apalagi sampai menunda untuk mengimplementasikannya.

Alipay adalah salah satu terobosan besar yang pernah dilakukan Jack Ma pada bisnis e-commerce-nya. Di awal kemunculannya, platform pembayaran daring tersebut mendapat respons negatif dari banyak pihak. Namun kenyataannya sekarang, sistem pembayaran itu malah banyak ditiru oleh perusahaan bisnis lain.

Memiliki Tim yang Solid

Petuah Jack Ma

Flickr.com

“Jika kita tim yang solid dan tahu apa yang diinginkan, satu dari kita bisa mengalahkan 10 dari mereka.”

Petuah Jack Ma yang satu ini memberi gambaran bahwa untuk bisa sukses, seseorang butuh tim yang solid. Semakin solid dan kuat sebuah tim, Jack Ma percaya bahwa itu jadi kunci untuk memperbesar sebuah bisnis.

Untuk mewujudkan sebuah tim yang solid, pasangan dari Cathy Zhang ini ternyata punya cara yang unik, lho. Jack Ma tidak suka mempekerjakan orang yang terlalu pintar di dalam timnya. Fakta tersebut diungkap oleh Duncan Clark dalam bukunya yang berjudul Alibaba: The House That Jack Ma Built.

Belajarlah dari Kompetitormu!

Petuah Jack Ma

commons.wikipedia.org

“Kamu perlu belajar dari kompetitormu, tapi jangan menjiplak. Menjiplak dan kamu gagal.”

Apakah kamu juga setuju dengan petuah Jack Ma yang satu ini? Untuk menjadi besar, Jack Ma juga melakukan hal yang sama. Dia belajar dari pengusaha lain yang sudah sukses di bisnis e-commerce. Dalam hal ini, Amazon dan eBay adalah dua raksasa e-commerce yang menjadi inspirasi Jack Ma.

Namun, Jack Ma menggarisbawahi bahwa apa yang dilakukannya hanya sebatas mencari inspirasi, bukan meniru apalagi menjiplak bisnis yang sudah ada. Karena alasan itulah, Alibaba Group tidak menerapkan pola bisnis yang sama dengan Amazon dan eBay. Perusahaan yang berkantor di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, ini tidak menyediakan barang, melainkan hanya menjadi perantara bagi para penjual yang ingin memasarkan barang mereka ke pembeli.

Itulah beberapa petuah Jack Ma yang bisa kamu jadikan acuan untuk mengukir masa depan yang lebih cerah. Bagi Jack Ma sendiri, selama seseorang tidak menyerah, dia pasti akan mendapatkan kesempatan. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk sukses, ya!

Be the first to write a comment.

Your feedback