5 Jurusan SMK yang Memiliki Prospek Cerah di Masa Depan

Jessica,
0
Jurusan SMK

Bagi kamu yang masih duduk di kelas sembilan SMP, memilih untuk masuk SMA atau SMK bisa membuat pusing. Namun, jika kamu berkeinginan untuk bekerja setelah tamat sekolah, kamu bisa melanjutkan ke SMK. Di sekolah kejuruan ini, kamu akan diajari keahlian khusus sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Sebagai referensi, ini lo 5 jurusan SMK yang memiliki prospek cerah untuk bekerja saat tamat nanti. Yuk, disimak.

1. Perhotelan

Jurusan SMK

pexels.com

Mungkin jurusan perhotelan merupakan jurusan yang sudah umum dan banyak peminatnya. Namun, jurusan ini sangatlah menjanjikan dan memiliki prospek masa depan yang bagus. Peluang kerja sangat terbuka lebar. Apalagi pembangunan hotel di Indonesia sangat signifikan.
Di jurusan SMK perhotelan, kamu akan diajari tentang seluk-beluk pekerjaan di hotel, seperti pelayanan dan standar hotel. Pun, kemampuan berbahasa Inggris juga patut kamu kuasai. Setelah tamat, kamu bisa bekerja di berbagai hotel mulai dari bintang 3 hingga bintang 5.

2. Tata Kecantikan Rambut

Jurusan SMK

pexels.com

Masalah kecantikan rambut tidak akan pernah ada habisnya. Jurusan SMK yang bisa kamu ambil adalah tata kecantikan rambut. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai serba serbi tentang kecantikan rambut, seperti bagaimana memotong rambut, mewarnai rambut, bahkan merawat rambut dan tentu saja mempraktikkan caranya. Setelah tamat, kamu bisa bekerja di salon atau mendirikan salon sendiri.

3. Tata Boga

Jurusan SMK

pexels.com

Tata boga bisa menjadi jurusan pilihan yang kamu ambil saat di SMK, mengingat peluangnya juga sangat bagus di masa depan. Di jurusan ini, kamu akan diajari teknik memasak, menghias, sert membuat berbagai jenis kue dan masakan lainnya.
Jika kamu mengambil jurusan ini, kamu bisa bekerja di restoran ataupun rumah sakit sebagai juru masak. Selain itu, kamu bisa berinovasi membuat makanan dan membuka layanan jasa boga atau rumah makan sendiri.

4. Farmasi

Jurusan SMK

pexels.com

Jurusan SMK di bidang farmasi memiliki prospek cerah di masa depan. Keahlian lulusan ini tentunya sangat dibutuhkan dunia medis.
Di jurusan farmasi, kamu akan diajari mengenai bahan-bahan kimia serta cara meracik obat. Kamu juga akan melakukan praktik kerja lapangan langsung ke pabrik obat sesuai dengan ilmu yang kamu terima, yaitu tentang cara meracik obat. Setelah tamat SMK, kamu bisa bekerja di apotek hingga rumah sakit sebagai tenaga farmasi.

5. Animasi dan Multimedia

Jurusan SMK

pexels.com

Jurusan SMK berikutnya yang memiliki prospek masa depan cerah adalah animasi dan multimedia. Pasalnya, berbagai sektor sangat membutuhkan kemampuan di bidang tersebut demi mengikuti laju era digital.
Jika kamu memilih jurusan animasi dan multimedia, kamu akan belajar tentang pengembangan permainan, multimedia, industri media, dan situs web. Selain belajar teori, kamu juga akan mempraktikkan cara melakukan dan mengembangkan keahlian tersebut. Setelah tamat SMK, kamu bisa bekerja menjadi seorang animator, ahli desain grafis, atau layouter.
Yang pastinya jurusan ini banyak dicari karena semua kantor telah terkoneksi dengan internet dan perangkat digital. Kamu juga bisa membuka jasa privat bagi siapa saja yang ingin membuat situs web atau animasi.

Nah, itulah 5 jurusan SMK yang bisa kamu pilih karena memudahkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan. Selain bekerja, tentunya kamu tetap bisa bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Be the first to write a comment.

Your feedback