Pentingnya Belajar Memasak untuk Anak sejak Usia Dini

Jessica,
0
Memasak untuk Anak

Memasak itu banyak manfaatnya buat anak-anak Anda, lho. Belajar memasak untuk anak baik itu anak laki-laki maupun perempuan dapat menstimulasi berbagai pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak Anda. Untuk lebih lengkapnya, yuk, cek pentingnya belajar memasak untuk anak Anda sejak usia dini berikut ini.

1. Berhitung Jadi Menyenangkan dengan Memasak

Memasak untuk Anak

medium.com

Anak yang gemar memasak pastinya pandai membaca resep dan menghitung takaran bahan makanan yang harus diolah. Memasak jadi sarana belajar membaca dan berhitung yang menyenangkan buat anak Anda, terlebih setelah memasak anak Anda dapat melahap makanan yang dibuatnya dengan rasa bangga.

2. Belajar Nutrisi Makanan Bersama

Memasak untuk Anak

creativechild.com

Anak Anda yang memiki kebiasaan makan yang pemilih alias “picky eater” dapat belajar mengenai pentingnya berbagai nutrisi makanan saat melakukan aktivitas memasak. Sembari memasak untuk anak, Anda dapat menjelaskan mengapa tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda-beda. Lambat laun anak Anda pasti doyan melahap segala jenis makanan yang Anda masak. Cobalah!

3. Memperat Ikatan Keluarga

Memasak untuk Anak

foodnetwork.com

Belajar memasak untuk anak dapat mempererat ikatan atau kelekatannya dengan keluarga, terutama dengan Ayah dan Bunda. Oleh karena itu, selama aktivitas memasak jalinlah komunikasi aktif dan intens dengan si kecil. Tunjukkan kepada buah hati Anda bahwa Anda sangat senang dia mau membantu memasak di dapur dan semakin menyayanginya.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Memasak untuk Anak

dorismarket.com

Siapa yang tidak bangga apabila hasil masakannya dipuji oleh orang lain. Demikian juga dengan anak Anda. Rasa kepercayaan diri Anak akan meningkat apabila Ayah dan Bunda mengungkapkan pujian dan kebanggaan atas hasil masakannya. Rasa percaya diri yang baik dapat membuat anak Anda menjadi pribadi yang mudah bergaul dengan lingkungan sekitar dan membuatnya berani mencoba berbagai kreativitas baru.

5. Kerja Sama Tim? Bukan Masalah!

Memasak untuk Anak

paisleypark.com

Anak yang gemar memasak biasanya pandai bekerja sama dalam tim. Cobalah membuat pembagian tugas dan berikan tanggung jawab tertentu kepada buah hati Anda saat memasak. Misalnya, anak Anda bertugas untuk mengocok kuning telur dan mengoleskannya ke permukaan kue kering yang sedang Anda buat bersama. Nah, dari pembagian tugas yang sederhana ini anak Anda akan belajar bahwa kerja tim itu sangat efisien sehingga pekerjaan memasak pun jadi lebih cepat selesai saat dilakukan bersama-sama.

6. Melatih Kemampuan Motorik Anak

Memasak untuk Anak

tamingtwins.com

Siapa sangka bahwa pekerjaan memasak di dapur bisa melatih kemampuan motorik Anak. Pekerjaan seperti mengaduk adonan dengan sendok maupun menggunakan spatula berfungsi melatih kemampuan motorik halus buah hati Anda. Semakin sering dilakukan, maka kemampuan motorik halus si kecil pun akan terasah dengan baik. Tak hanya itu, aktivitas memasak untuk anak juga melibatkan lima indra untuk mendapatkan cita rasa makanan yang enak dan menarik saat dilihat. Kolaboraksi aktif penglihatan, pendengaran, penciuman, indra pengecap, dan perasa menjadikan aktivitas memasak ini sarana pembelajaran yang efektif untuk melatih kepekaan indra buah hati Anda.

7. Belajar Hidup Bersih dan Higienis dengan Memasak

Memasak untuk Anak

statefarm.com

Satu lagi manfaat memasak yang dapat dipetik oleh buah hati Anda, yaitu membiasakan dia untuk hidup bersih dan higienis. Selama proses memasak anak Anda akan belajar untuk menjaga kebersihan tangan, sayur, dan bahan makanan lain yang sedang diproses, di mana memasak sendiri adalah salah satu proses untuk mematikan bakteri dan kuman penyakit. Anda bisa menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan bahan makanan dan mencucinya, serta proses pemanasan makanan yang berfungsi mematikan penyakit dan mencegah kebusukan.

Itu dia tujuh manfaat memasak bagi si kecil. Tunggu apalagi Ayah Bunda? Ayo, ajak anak Anda untuk belajar memasak sejak dini. Jadikan dapur Anda sarana belajar yang menyenangkan. Anda juga bisa menumbuhkan minat memasak pada anak dengan mengikutsertakan si kecil di kursus memasak. Banyak kursus memasak untuk Anak yang bisa Anda coba lho, contohnya di educenter.id. Selamat belajar bersama si kecil ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback