4 Cara Memotivasi Diri agar Giat Belajar

Jessica,
0
Memotivasi Diri

Bagi banyak orang, menumbuhkan kebiasaan untuk giat belajar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Selain sulit menghilangkan kebiasaan buruk, ketidakmampuan seseorang untuk memotivasi diri sendiri juga menjadi faktor penyebab yang paling umum.

Mencari motivasi pada kenyataannya memang tidak semudah mendengarkan omongan motivator terkenal. Dibutuhkan beberapa trik agar Anda dapat senantiasa menjaga motivasi untuk belajar. Jika hanya bermodal niat, dapat dipastikan bahwa Anda pada akhirnya akan menyerah dan lupa terhadap tujuan awal.

Untuk membantu Anda memotivasi diri, ada 4 cara yang bisa dicoba, yaitu:

  1. Mencoba Self-Hypnosis

Memotivasi Diri

joelfjhnson.com

Self-hypnosis adalah sebuah metode untuk memberikan sugesti kepada diri sendiri. Metode ini telah diakui sebagai sebuah cara untuk membangkitkan motivasi dan semangat yang terpendam dalam benak Anda.

Ada bermacam-macam cara yang bisa dicoba untuk melakukan self-hypnosis. Salah satunya adalah dengan menatap cermin dan memberi kata-kata motivasi dengan lantang. Saat ini ada banyak buku dan panduan untuk melakukan self-hypnosis. Cobalah untuk menggali metode-metode yang bisa Anda lakukan demi menuai hasil yang maksimal.

  1. Menetapkan Target yang Spesifik dan Terukur

Memotivasi Diri

ritzacademy.com

Menetapkan target yang jelas sebagai tujuan adalah cara yang ampuh untuk memotivasi diri. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak melakukan hal ini dengan benar sehingga mereka kesulitan untuk merasa termotivasi.

Target yang jelas harus memuat hasil yang spesifik dan realistis. Sebagai contoh, jika Anda pada semester lalu meraih nilai 5 pada mata pelajaran matematika, maka cobalah untuk menargetkan nilai 7 pada ujian di semester ini. Target yang masuk jelas dan masuk akal akan menambah motivasi Anda untuk giat belajar dalam jangka panjang.

Jika Anda terlalu tinggi menetapkan target, hal tersebut justru dapat merusak motivasi yang Anda bangun selama ini. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam menentukan target agar tujuan Anda bisa tercapai.

  1. Miliki Cita-Cita yang Jelas

Memotivasi Diri

healthline.com

Semua orang sejatinya memiliki cita-cita. Akan tetapi, seiring waktu ada banyak hal yang bisa mengubah cita-cita Anda ketika beranjak dewasa. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memotivasi diri supaya giat belajar.

Tentukan hal apa yang menjadi hendak Anda kembangkan sebagai profesi di masa depan. Sebagai contoh, jika Anda berniat untuk menjadi seorang dokter, maka Anda harus memiliki nilai yang baik pada mata pelajaran IPA agar dapat mewujudkan impian tersebut.

  1. Mengubah Kebiasaan Sehari-Hari

Memotivasi Diri

kompas.com

Seorang siswa kerap mengalami kesulitan untuk menemukan motivasi belajar dari diri sendiri karena terbiasa melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mulai mengganti kebiasaan negatif Anda dengan kebiasaan yang lebih positif dan membawa manfaat bagi diri sendiri.

Melalui kebiasaan yang baik, Anda akan lebih mudah memotivasi diri untuk belajar walaupun sedang merasa malas. Beberapa kebiasaan positif yang bisa Anda coba di antaranya adalah bangun pagi setiap hari (bahkan di hari libur), mengurangi waktu bermain smartphone atau gim di komputer, dan merapikan kamar secara teratur.

Itulah 4 cara yang bisa dicoba untuk memotivasi diri agar giat belajar. Sebagai penutup, kesulitan dalam memotivasi diri biasanya berkaitan erat dengan kondisi kesehatan mental dan psikis Anda. Oleh sebab itu sebaiknya jangan memendam isi hati Anda sendirian.

Kemukakanlah apa yang ada di dalam benak Anda secara gamblang pada orang-orang yang percaya. Selain ampuh untuk menjaga kondisi mental, hal ini juga terbukti mampu membuat Anda menjadi pribadi yang lebih positif dan terbuka.

Be the first to write a comment.

Your feedback