5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Anda

Jessica,
0
Jurusan Kuliah

Apakah sebentar lagi Anda atau anak Anda akan lulus SMA? Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana memilih jurusan kuliah yang baik. Oh ya, sebelumnya perlu diingat bahwa jurusan kuliah yang baik bukanlah dengan passing grade tertinggi atau peminat terbanyak, tetapi memang cocok untuk Anda ataupun anak Anda.

Namun, ada banyak anak SMA yang mengalami kegalauan dalam memilih jurusan kuliah. Perasaan galau itu terjadi lantaran mereka tak tahu mana yang sesuai serta adanya keinginan untuk mengungguli kawan mereka pada saat kuliah nanti. Nah, supaya tragedi salah masuk jurusan tidak terjadi, yuk kenali apa saja sih tips memilih jurusan yang sesuai dan bermanfaat? Mari kita simak:

Memahami TujuanDiri

Jurusan Kuliah

hakimgroup.co.uk

Semua jurusan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan tentunya memiliki dampak yang berbeda-beda bagi setiap orang. Nah, manakah jurusan yang akan membawa Anda pada kesuksesan?

Semua itu sejatinya tergantung pada tujuan Anda di depan dan definisi kesuksesan menurut Anda. Bila Anda ingin menjadi seorang technopreneur misalnya, jelas jurusan teknik akan lebih sesuai ketimbang jurusan kedokteran. Bila Anda ingin berkecimpung di dunia kreatif, jurusan desain komunikasi visual atau sastra akan sangat menunjang impian Anda. Jadi, pahami dulu apa tujuan Anda setelah kuliah nanti? Lalu, apa yang Anda pikirkan tentang kesuksesan? Cobalah untuk jujur kepada diri sendiri saat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas ya.

Cari Tahu Tentang Materi Kuliah

Jurusan Kuliah

blog.cengage.com

Di era modern ini, setiap kampus, terutama kampus-kampus dengan akreditasi A dan B memiliki halaman digital yang juga memuat kurikulum perkuliahan. Nah, jangan hanya tertarik pada nama sebuah jurusan, pahami pula apa yang akan Anda temui di sana.

Sebagai contoh misalnya, jurusan sastra. Banyak orang yang mengira bahwa hal-hal yang dipelajari di jurusan ini hanyalah seputar buku-buku fiksi dan metode penulisan. Anggapan ini salah besar karena nyatanya, para mahasiswa jurusan sastra juga mempelajari tentang linguistik, semantik, metode komunikasi, hingga sistem politik negara yang bahasanya mereka pelajari. Ketidakpahaman ini bisa-bisa akan membuat Anda terkejut saat memasuki jurusan kuliah tertentu.

Perhatikan Kemampuan dan Kondisi Tubuh

Jurusan Kuliah

idealistcareers.org

Mau tidak mau, harus diakui bahwa kondisi tubuh berpengaruh terhadap jurusan kuliah yang cocok untuk Anda. Sebagai contoh, seseorang yang menderita buta warna parsial tidak dapat masuk ke jurusan teknik tertentu atau kedokteran. Contoh lainnya, seseorang dengan kondisi yang mudah sakit juga tak terlalu cocok masuk ke jurusan olahraga.

Nah, perhatikan hal ini supaya nantinya, tidak ada masalah besar yang menanti Anda saat kuliah. Persiapkan opsi kedua apabila jurusan idaman ternyata tak sesuai dengan kondisi fisik Anda.

Masuk Tanpa Paksaan

Jurusan Kuliah

wellesley.edu

Banyak anak yang terjebak bertahun-tahun di sebuah jurusan dengan nasib yang tak pasti karena tidak menyukai jurusan tersebut. Tak jarang pada akhirnya mereka harus rela menghadapi ancaman drop-out, lantaran tak bisa mengikuti pelajaran-pelajaran yang tak mereka sukai.

Nah, jangan masuk ke jurusan yang tak disukai dan jangan menjadi orang tua pemaksa. Jadilah sukses dengan menekuni hal-hal yang bermanfaat dan tentunya kita sukai.

Berkonsultasi pada Orang Terdekat

Jurusan Kuliah

lbdschool.co.in

Bila Anda merasa bingung dengan jurusan yang akan Anda ambil, tak ada salahnya berkonsultasi pada guru atau orang terdekat lainnya yang mengenal Anda dengan baik. Tanyakan kepada mereka potensi apa yang mereka lihat dari diri Anda atau anak Anda, apa kelebihan dan kekurangan Anda, serta metode pembelajaran seperti apa yang sesuai.

Jangan malu untuk lebih mengenal diri sendiri melalui kacamata orang lain. Pasalnya orang lain bisa memberikan pandangan mengenai diri Anda dengan cara yang berbeda dan mungkin tak Anda ketahui.

Itulah beberapa tips memilih jurusan yang sesuai untuk kita semua. Nah, jangan sampai salah pilih jurusan apalagi memilih jurusan tertentu tanpa pertimbangan masak ya. Ingat, pilihan ini amat menentukan nasib kita bertahun-tahun ke depan, lho.

Be the first to write a comment.

Your feedback