5 Cara yang Bisa Anda Coba untuk Meningkatkan Produktivitas Belajar

Jessica,
0

Kalau ingin dapat nilai bagus saat ujian, tentu harus ditunjang dengan kualitas belajar yang baik pula. Sayangnya, sering kali belajar menjadi salah satu aktivitas pemicu stres dan akhirnya materi yang diserap jadi tidak maksimal. Ini dia 5 cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan produktivitas belajar.

 

Buat Rencana Belajar

Meningkatkan Produktivitas

Sumber : naminakiky.com

 

Jangan biasakan memulai hari tanpa rencana yang matang. Apalagi bagi Anda yang masih menempuh jenjang pendidikan, padatnya jadwal perkuliahan tentu bisa membuat fokus jadi terpecah dan ujung-ujungnya tidak produktif. Asal Anda tahu, fokus jadi faktor penting untuk meningkatkan produktivitas, lho.

Tak ingin hari Anda berakhir sia-sia bukan? Maka dari itu, ayo mulai dengan membuat rencana belajar. Rencana berlajar ini sudah termasuk tugas apa yang harus Anda selesaikan di hari itu. Membuat rencana belajar artinya Anda mencegah tugas jadi menumpuk hingga menyebabkan kewalahan.

Pastikan rencana belajar yang Anda buat ini berada pada tempat terlihat agar tidak terlupakan. Menggunakan aplikasi notes yang ada di ponsel Anda misalnya.

 

Bangun Lebih Pagi

Meningkatkan Produktivitas

Sumber : orami.co.id

 

Untuk meningkatkan produktivitas pastikan Anda memiliki energi yang cukup. Caranya, biasakan pergi tidur tepat waktu dan bangunlah lebih pagi di ke esokan harinya.  Ya, menurut beberapa penelitian, di pagi hari tubuh menyimpan lebih banyak energi dan kemampuan konsentrasi jauh lebih meningkat. Jadi, belajar di pagi hari memungkinkan Anda untuk menyerap lebih banyak materi dengan tajam. Hasilnya, proses belajar Anda akan jauh lebih produktif.

Adapun alternatif lain yang bisa Anda lakukan sebelum memulai belajar ialah berolahraga. Setidaknya sisihkan waktu sebanyak 30 menit untuk melakukan pemanasan ringan agar tubuh tetap sehat dan berenergi selama belajar nantinya.

 

Hindari Gangguan

Meningkatkan Produktivitas

Sumber : cakapsehat.com

 

Gangguan itu banyak bentuknya. Bisa berasal dari dalam diri sendiri atau lingkungan sekitar seperti suasana yang terlalu bising. Nah, kira-kira hal apa sih yang paling mengganggu Anda saat belajar? Coba deh cari tahu, lalu temukan ide untuk mengatasinya. Bagi generasi milenial, ponsel mungkin bisa jadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, saat aktivitas belajar dimulai, sebisa mungkin jauhkan ponsel dari pandangan Anda atau cukup mengaktifkan mode senyap, bila dirasa hal tersebut sudah bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi.

 

Belajar di Waktu yang Tepat

Meningkatkan Produktivitas

Sumber : berbagitips.blogspot.com

 

Belajar jadi lebih produktif kalau Anda bila dilakukan tepat pada waktunya. Lalu, bagaimana cara mengetahui kapan waktu yang pas untuk belajar? Coba kenali jam biologis Anda.

Umumnya ada dua tipe jam biologis yakni early bird dan night owl. Early bird merupakan sebutan bagi Anda yang lebih produktif di pagi hari. Untuk itu, maksimalkan waktu tersebut untuk mereview pelajaran-pelajaran yang telah dijelaskan. Sedangkan night owl adalah sebutan bagi Anda yang produktif di sore atau malam hari. Maka, luangkanlah sebagian sore atau malam hari untuk meningkatkan produktivitas belajar Anda.

Nah, kalau Anda termasuk yang mana?

 

Belajar Sambil Mendengarkan Musik

Meningkatkan Produktivitas

Sumber : hellosehat.com

 

Tiap orang punya metode belajar yang berbeda-beda, ada yang suka belajar sambil mendengarkan musik. Ada juga lebih suka belajar dengan suasana tenang. Lebih produktif katanya. Nah, kalau Anda termasuk golongan orang yang belajar sambil mendengarkan musik, nyatanya hal tersebut tidak menjadi sesuatu yang salah, lho.

Belajar sambil mendengarkan musik dipercaya dapat meningkatkan daya ingat. Bahkan dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak lebih aktif saat mendengarkan musik. Alhasil, suasana hati akan terasa lebih baik dan membuat otak lebih fokus.

Lantas jenis musik apa yang bisa meningkatkan produktivitas belajar? Ada yang bilang musik klasik ala Mozart adalah pilihan yang tepat. Namun, Anda juga bisa mendengarkan musik sesuai dengan selera atau musik dengan lirik positif yang dapat membangkitkan semangat belajar.

Nah, semoga ke lima tips tersebut bisa membuat waktu belajar Anda jadi lebih efektif dan efisien. Oh iya, sebelum memulai belajar, jangan lupa berdoa supaya ilmu yang didapat menjadi berkah dan bermanfaat.

Be the first to write a comment.

Your feedback