Pahami 7 Trik Mengatur Waktu Belajar Secara Efektif dan Efisien

Jessica,
0
Mengatur Waktu Belajar

Terbiasa mengatur waktu belajar akan membantu Anda mengatur prioritas hidup yang lebih penting.

Salah satu kewajiban seorang pelajar adalah belajar, tidak hanya di sekolah tapi juga di rumah. Mungkin banyak di antara Anda yang saat ini merasa kesulitan mengatur waktu belajar karena kesibukan organisasi atau rutinitas lain.

Salah satu kunci kesuksesan adalah mampu mengatur waktu dengan baik. Asal dilakukan dengan pola yang tepat, sebenarnya mengatur waktu tidak terlalu sulit. Setiap orang memiliki waktu yang sama, yang membedakan adalah bagaimana setiap orang memanfaatkan waktunya masing-masing dengan efektif dan efisien.

Berikut ini 7 trik mengatur waktu belajar secara efektif dan efisien:

 

Buat Jadwal Harian

Mengatur Waktu Belajar

Job-Like

 

Mengatur waktu belajar dapat dilakukan dengan cara membuat jadwal harian. Jadwal yang tepat akan membuat kegiatan lebih terorganisasi, sehingga kegiatan Anda dari bangun hingga tidur lagi menjadi lebih berarti. Pastikan juga jadwal tersebut rutin Anda lakukan.

 

Kontrol Diri

Mengatur Waktu Belajar

Odysssey

 

Bermain game atau melakukan hal menyenangkan bukan sesuatu yang dilarang, justru dianjurkan untuk mengurangi tingkat stres dalam diri. Namun tentunya Anda paham bahwa semua ada batasannya. Apapun jika dilakukan berlebihan tidak akan baik, apalagi sesuatu yang bukan prioritas. Oleh karena itu, diperlukan kontrol terhadap diri sendiri agar waktu Anda tidak terbuang percuma.

 

Tentukan Prioritas

Mengatur Waktu Belajar

Universidadescr

 

Untuk mengatur waktu belajar, harus ada skala prioritas. Jadikan yang terpenting sebagai peringkat teratas yang harus dikerjakan lebih dulu, salah satunya adalah belajar. Dengan begitu, Anda akan terbiasa mengutamakan belajar daripada hal lain.

 

Hindari Menunda Pekerjaan

Mengatur Waku Belajar

Solusisehatku

 

Menunda pekerjaan seringkali menjadi masalah setiap orang. Apalagi saat memiliki lebih banyak waktu luang. Padahal waktu luang bisa dimanfaatkan dengan sesuatu yang lebih bermanfaat. Biasanya alasan orang-orang menunda pekerjaan adalah karena pekerjaan tersebut tidak disukai.

Sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan mencicil. Setidaknya paksa diri Anda untuk melakukan pekerjaan itu 10 menit setiap harinya. Semakin hari tambah porsi waktu menjadi lebih banyak. Dengan begitu, alam bawah sadar akan terbiasa mengerjakan tugas yang tidak Anda sukai.

 

Tak Perlu Sempurna

Untuk langkah awal, tidak perlu hasil yang sempurna. Yang terpenting adalah lakukan secara rutin setiap hari. Perlahan, Anda akan terbiasa dan tugas atau setiap yang dilakukan akan semakin baik.

 

Disiplin dan Konsisten

Mengatur Waktu Belajar

Ecurrent

 

Selalu disiplin dan konsisten terhadap aturan dan jadwal yang telah dibuat. Diperlukan komitmen yang kuat untuk memulainya. Jangan melanggar, meskipun hanya sekali. Karena sekali saja melanggar, Anda akan ketagihan dan melakukannya berualang-ulang.

Kalau perlu, buat kesepakatan atau sanksi untuk diri sendiri. Anda bisa menerapkan hukuman seperti mengganti waktu belajar menjadi 2x lipat untuk keesokan harinya, tidak makan malam, atau sanksi lain yang membuat jera. Untuk mengaplikasikan saksi ini, Anda bisa meminta bantuan saudara atau orangtua agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Tidur 7-8 Jam Sehari

Istirahat yang cukup akan membantu Anda belajar secara efektif dan efisien. Jangan sepelekan hal ini, karena jika Anda belajar dalam kondisi mengantuk tentu belajar akan jadi percuma. Pelajaran tidak akan diserap baik dalam kondisi otak yang cukup. Jadi, biasakan tidur setidaknya 7-8 jam sehari.

Sebenarnya mengatur waktu belajar bisa dilakukan dengan menarapkan hal-hal sederhana. Tengok saja orang-orang sukses, meskipun memiliki waktu 24 jam seperti orang lain, mereka mampu mengatur waktu dengan maksimal. Oleh karena itu, mengatur waktu adalah satu langkah kecil Anda menuju kesuksesan.

Be the first to write a comment.

Your feedback