5 Manfaat Pelajaran Matematika Untuk Masa Depan

Jessica,
3
Manfaat Pelajaran Matematika

Tidak sedikit siswa yang menyatakan bahwa dirinya ‘alergi’ dengan pelajaran matematika dan tidak mengetahui letak manfaat pelajaran matematika. Sebagian lainnya, bahkan menolak untuk benar-benar mencoba menyukainya. Alhasil, nilai pelajaran matematika acap kali menjadi momok di buku rapor siswa. Padahal, belajar matematika sesungguhnya membawa banyak manfaat dan keuntungan yang akan kamu rasakan kelak ketika menginjak dewasa dan menjalani kehidupan yang sesungguhnya.

Mau tahu apa saja manfaat pelajaran matematika? Simak ulasan berikut, ya.

  1. Pola Pikir Sistematis

    Matematika adalah salah satu pelajaran yang membantu kamu berpikir secara sistematis. Hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan, baik dalam pekerjaan maupun keseharian.
    Melalui kebiasaan berhitung, berlatih deret, dan sejenisnya, secara tidak sadar kamu telah memaksa otak untuk terbiasa berpikir secara runut. Hal ini akan membuatmu mudah dalam mengorganisasi segala sesuatu. Kemampuan ini yang juga sangat mendukung untuk menjadi seorang pemimpin kelak ketika kamu dewasa.

  2. Logika Berpikir Lebih Berkembang

    Seluruh aspek dalam pelajaran matematika berbicara mengenai kemampuan berpikir logis. Tidak ada asumsi, praduga, atau tebak-tebakan. Semua harus dihasilkan melalui penghitungan yang tepat.
    Bahkan berdasarkan literasi yang ditulis oleh Johnson dan Rising (1972), matematika dibentuk atas dasar kebutuhan pembuktian yang logis. Pernyataan ini tentu semakin menguatkan posisi matematika sebagai media pembelajaran efektif agar kamu tumbuh menjadi orang yang anti-galau. Logika akan membantu menajamkan pola pikir, yang tentu membuat kamu mampu mengambil keputusan secara matang.
    Tentu kamu cukup peka melihat kondisi masyarakat sekarang yang mudah terbius informasi hoax, kan? Itu adalah satu dari contoh kemampuan berpikir logis yang rendah. Melakukan latihan soal matematika akan secara paralel melatih otak menggunakan logika berpikir secara optimal. Setidaknya, kamu akan menjadi generasi yang lebih banyak berpikir dengan logika sebelum bertindak.

  3. Terlatih Berhitung

    Siapa yang tidak membutuhkan kemampuan berhitung? Tidak ada, bukan? Semua orang butuh keterampilan berhitung. Bahkan dalam skala yang sangat sederhana seperti menghitung uang kembalian.
    Sayangnya, hal ini kurang disadari oleh sebagian siswa. Penggunaan angka yang sejatinya simbol untuk mengukur hasil, malah menjadi hal yang dihindari. Perlu dicamkan, kebutuhan berhitung memang tidak perlu ahli, namun setidaknya mampu melakukannya dengan tepat dan cepat. Apalagi, jika kelak kamu adalah seorang pebisnis. Tentu kamu tidak ingin salah menghitung keuntungan.

  4. Mampu Menarik Kesimpulan Secara Deduktif

    Matematika sering disebut juga sebagai ilmu yang bersifat deduktif. Artinya, matematika membantu seseorang dalam menarik kesimpulan berdasarkan pola yang umum. Hal ini akan membiasakan otak kita untuk berpikir secara objektif.
    Kemampuan berpikir objektif lagi-lagi adalah satu dari sekian banyak soft skill yang dicari oleh seluruh bidang kerja. Bukan cuma itu, dengan sering menyelesaikan latihan matematika berupa kasus logika, kamu pun akan terbiasa berpikir secara rasional.

  5. Menjadi Teliti, Cermat, dan Sabar

    Pelajaran matematika sarat akan soal-soal yang rumit dan panjang. Hal yang tentu membutuhkan kesabaran dalam menyelesaikannya. Terlebih jika salah satu langkah saja, maka bisa jadi kamu harus mengulang kembali proses menghitung dari awal.
    Tahukah kamu, seorang yang terbiasa menyelesaikan persoalan matematika yang rumit dapat berkembang menjadi seorang yang lebih teliti, cermat, serta sabar? Kondisi ini bisa lahir melalui pembiasaan dengan soal-soal matematika. Buktinya, profesi semacam analis, ilmuwan, atau akuntan, biasa dijalani oleh orang-orang yang teliti dalam menelaah data.

Terlepas dari apapun cita-cita kamu, pelajaran matematika dapat membantumu untuk mencapainya. Karena inilah manfaat pelajaran matematika yang pada hakikatnya beririsan dengan beragam bidang kerja. Maka, mulailah mencintai pelajaran matematika, niscaya kamu akan menikmati saat mempelajarinya dan juga menggunakan manfaat pelajaran matematika di kehidupanmu.

Feedback


  1. sangat setuju sekali dengan tulisannya ..
    lalu, bagaimana agar matematika dapat tersampaikan? Maka salahsatunya adalah dengan bermain kartu matematika.
    sidomath.com, menghadirkan produk kartu matematika yang dapat membuat anak senang dengan makin cinta dengan matematika. Jika sudah senang dan cinta maka kreativitaspun bisa didapat oleh anak dan akhirnya mereka dapat menemukan hal-hal baru sehingga mendapat pengalaman “AHA” moment. Selain itu, anak juga mendapatkan pengalaman berpikir berbeda(“Think Different”). Selain itu, karena konsep sidomathdotcom adalah bermain kartu yang sangat cocok kalau dimainkan bersama teman-teman maupun keluarga sehingga terjalin interaksi sosial antar pemain.
    Bersama sidomath.com matematika masa depan, menjadi subjek pelajaran yang paling diminati.


  2. monoton ga kreatif

Your feedback