5 Alasan Mengapa Pelajaran Matematika Penting untuk Kehidupan Anda di Masa Depan

Jessica,
0
Pelajaran matematika

Banyak orang bilang bahwa pelajaran matematika itu sangat susah. Dari mulai anak SD, SMP, SMA, bahkan para mahasiswa sering menghindari pelajaran berhitung yang satu ini. Stereotip itu lahir turun-temurun akibat rumus-rumus yang begitu rumit dan membuat orang-orang kesulitan.

Orang-orang, dan mungkin salah satunya Anda, menganggap bahwa pelajaran matematika sama sekali tidak relevan di dalam kehidupan nyata. Seperti contoh materi logaritma, siapa sih yang berpikir kalau logaritma digunakan untuk transaksi jual beli? Pasti tidak ada.

Tentu hal itu tidak diperlukan dalam dunia nyata. Namun, ada alasan-alasan yang masuk akal mengenai pentingnya pelajaran matematika untuk masa depan.

Matematika Merupakan Ratunya Ilmu

Pelajaran Matematika

pixabay.com

Tahukah Anda bahwa matematika merupakan ratunya ilmu? Apa maksudnya? Ya, matematika merupakan pelajaran paling dasar yang digunakan untuk mempelajari pelajaran-pelajaran lain.

Tanpa pelajaran matematika, mungkin kita tidak akan bisa belajar ekonomi, akuntansi, manajemen, atau malahan pelajaran-pelajaran IPA seperti biologi kimia atau fisika. Dalam bidang yang bertolak belakang pun kita tetap butuh matematika baik di bidang IPA maupun IPS.

Jadi, yakin Anda tidak mau mempelajari matematika?

Matematika Mampu Membentuk Pola Pikir

Pelajaran Matematika

pixabay.com

Matematika mampu membentuk pola pikir. Inilah alasan mengapa kita perlu belajar trigonometri, limit, integral, turunan, atau materi-materi lain yang tidak bersinggungan secara langsung dengan kehidupan nyata. Ternyata, meskipun hal tersebut tidak bisa diaplikasikan dalam kehidupan secara langsung, pelajaran matematika mampu membentuk pola pikir manusia.

Dengan belajar soal-soal rumit, Anda akan menjadi pribadi yang lebih kritis dan disiplin. Ketekunan Anda dalam upaya menyelesaikan soal-soal matematika akan membuat anda menjadi orang yang solutif alias bisa menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan.

Membuat Kita Jadi Kreatif

Pelajaran Matermatika

pixabay.com

Belajar matematika juga bisa membuat Anda kreatif, lho. Anda tahu, kan, bahwa dalam menyelesaikan soal-soal matematika, ada berbagai cara atau penyelesaian. Dari berbagai cara tersebut, Anda dibebaskan untuk memilih cara mana yang paling efektif.

Bahkan, Anda boleh membuat cara sendiri atau membuat penyelesaian sendiri dengan hasil akhir yang sama. Hal itulah yang akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih kreatif nantinya.

Membuat Kita Jadi Berpikir Secara Sistematis

Pelajaran Matematika

pixabay.com

Benarkah dengan belajar matematika akan membuat kita jadi berpikir secara sistematis? Tentu saja benar. Dalam pelajaran matematika, kita mengenal namanya tahap-tahap untuk memperoleh hasil akhir.

Anda tidak bisa langsung menemukan jawabannya tanpa berproses dahulu. Maka, dari sini tentulah dengan belajar matematika akan membuat kita jadi berpikir secara sistematis. Kita akan menyelesaikan berbagai masalah secara global lalu mengerucut sehingga memperoleh hasil yang sesuai.

Matematika Sangat Penting di Berbagai Lini Kehidupan

Pelajaran matematika

pixabay.com

Dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya penjumlahan, perkalian, pembagian, dan pengurangan saja matematika digunakan. Banyak juga materi dalam pelajaran matematika yang digunakan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya: aljabar. Dengan belajar aljabar, Anda bisa menghitung laba rugi dengan efektif bahkan tanpa menggunakan kalkulator. Di dalam matematika, Anda juga akan belajar cara menghitung peluang.

Dengan materi peluang, Anda bisa memperkirakan keputusan mana yang seharusnya diambil berdasarkan peluang yang ada. Dalam matematika, Anda juga belajar geometri. Siapa yang tidak tahu bahwa kehidupan sehari-hari menggunakan materi geometri terutama dalam hal membangun tata kota. Pekerjaan sipil memerlukan pelajaran geometri. Nah, tidak hanya itu. Banyak juga materi-materi lain yang bersinggungan secara langsung di berbagai lini kehidupan.

Dari berbagai poin di atas, masihkah Anda berpikir bahwa matematika tidak betul-betul penting untuk kehidupan sehari-hari? Tentu tidak, karena matematika memiliki manfaat yang sangat banyak.

Be the first to write a comment.

Your feedback