Matematika Itu Sulit? 5 Strategi Belajar Ini Dapat Membantu Anda

Jessica,
0
Strategi Belajar

Matematika sering kali menjadi pelajaran yang ditakuti oleh para siswa. Pasalnya tak sekadar harus pandai berhitung, banyak juga rumus matematika yang wajib dihafalkan. Nah, bagi Anda yang masih kesulitan belajar matematika, coba simak 5 strategi belajar ini. Siapa tahu satu di antaranya bisa membantu.

Menggunakan Teknologi

Strategi Belajar

Sumber : gotomalls.com

 

Bagi anak milenial, teknologi bisa menjadi segalanya. Termasuk sebagai strategi belajar yang menyenangkan. Nah, selain digunakan sebagai media komunikasi, Anda juga bisa belajar matematika melalui smartphone, lho.  Bagaimana caranya? Coba buka Playstore dan unduh beberapa aplikasi seperti Math Tricks, MalMath, dan Mathway.

Di aplikasi tersebut Anda bisa belajar matematika mulai dari level mudah hingga yang paling sulit. Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa memanfaatkan video pembelajaran seperti yang disediakan oleh aplikasi ruangguru atau video tutorial pembelajaran lainnya yang ada di Youtube.

Cari Tahu Triknya

Strategi Belajar

Sumber : trenprime.com

 

Jadi siapa nih yang masih merasa kesulitan ketika belajar matematika? Pusing dengan kombinasi angka yang begitu rumit, hingga berbagai rumus yang perlu dihafalkan? Sebenarnya belajar matematika itu mudah dan menyenangkan, lho. Asalkan Anda tahu triknya. Tidak percaya?

Coba perhatikan tabel perkalian angka 9. Bila dilihat lebih jeli, ternyata perkalian angka 9 dengan angka 1 hingga 10 menghasilkan susunan angka yang bersifat palindrom (dibaca dari depan dan belakang sama).

Ada lagi cara mudah untuk mencari tahu hasil perkalian suatu angka dengan angka 11.  Misalnya 72 x 11, susun angka 7 di urutan pertama, jumlahkan angka 7 dan 2 lalu letakkan di urutan ke dua, terakhir tambahkan angka 2 di urutan ke tiga. Hasilnya yaitu 792.

 

Mengaplikasikan Materi Matematika di Dunia Nyata

Strategi Belajar

Sumber : steemit.com

 

Satu lagi strategi belajar matematika yang unik yaitu dengan mencari tahu pengaplikasian materi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih termotivasi untuk belajar matematika. Misalnya menghubungkan matematika dengan jenjang karier di masa depan. Sebagai contoh bila Anda ingin menjadi seorang aktuaris, orang yang ahli mengaplikasi ilmu matematika, statistik dan probabilitas, tentu Anda akan lebih semangat belajar menghitung peluang terjadinya suatu peristiwa seperti risiko keuangan di masa yang akan datang.

Selain itu, ada juga materi aljabar yang bisa Anda manfaatkan untuk memanajemen uang saku yang Anda terima setiap minggunya dari orang tua. Ya, dengan aljabar Anda bisa menentukan berapa pengeluaran uang saku Anda per harinya.

Banyak Berlatih dan Belajar

Strategi Belajar

Sumber : kitamuda.id

 

Setelah tahu strategi belajar matematika yang menyenangkan, jangan lupa untuk terus mengulang dan berlatih lebih giat. Karena pada dasarnya apa yang telah Anda pelajari tidak akan ada gunanya bila ujung-ujungnya Anda tidak belajar dan berlatih dengan rajin dan konsisten. Paling tidak dalam sehari luangkan 30 menit waktu Anda untuk belajar matematika.

Adapun tips belajar yang baik yaitu, pertama pahami materinya lengkap dengan rumusnya. Cobalah mengerjakan soal latihan tanpa melihat pembahasannya. Lalu kerjakan soal lain dengan tipe yang sama. Ulangi dan terus berlatih soal-soal yang lain. Terakhir, biasakan belajar dari banyak sumber karena biasanya pembahasan yang ada di satu buku tidak cukup detail.

 

Belajar Bersama Teman

Strategi Belajar

discoverynewschool.org

 

Kadang, belajar bersama teman jauh lebih menyenangkan ketimbang belajar sendiri. Kalau tidak paham apa yang Anda pelajari, Anda bisa langsung bertanya kepada mereka yang lebih mengerti. Bila aktivitas belajar bersama dilakukan secara terus-menerus, maka daya ingat Anda akan semakin tajam. Apalagi bila soal-soal yang Anda pelajari bersama mereka keluar di sebuah ujian.

Selain itu, belajar bersama juga memungkinkan Anda untuk menyelesaikan soal matematika dengan cara lebih bervariasi karena biasanya hasil soal matematika tak hanya di dapatkan dari satu cara. Lebih, dari itu belajar bersama juga bisa menjadi wadah untuk bersosialisasi dan membangun pertemanan agar lebih erat.

 

Itu dia 5 strategi belajar yang bisa Anda praktikkan. Semoga ke limanya bisa membuat Anda lebih termotivasi untuk belajar matematika dengan giat. Selamat mencoba.

Be the first to write a comment.

Your feedback