Stres Menjelang Ujian? Cek 5 Rahasia Belajar Paling Ampuh Ini untuk Persiapan Ujian

Jessica,
0
blogspot.com

Belajar merupakan sebuah proses bertahap yang tidak dapat dilakukan dalam sekejap. Di sekolah, setiap pelajaran biasanya memiliki kurikulum tertentu dengan kadar pemberian materi sesuai kompetensi siswa. Dalam sebuah pembelajaran juga ada ujian yang berfungsi mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap suatu materi. Ujian biasanya dilakukan secara berkala di akhir pembelajaran.

Nah, ujian inilah yang selalu menjadi momok bagi siswa. Rasa takut akan kegagalan selalu menghampiri dan menimbulkan stres. Sebenarnya, kalau kita memiliki persiapan ujian yang mumpuni, tak perlu merasa khawatir berlebihan. Apa sih rahasia belajar yang ampuh menjelang ujian? Yuk, simak penjelasan berikut!

Siapkan ‘Senjata’ yang Canggih

Siapkan ‘Senjata’ yang Canggih-indonesiamengglobal.com

Siapkan ‘Senjata’ yang Canggih-indonesiamengglobal.com

Ibarat hendak bertempur di medan perang, kita harus memiliki senjata. Begitu pula untuk persiapan ujian. Sebelum memulai belajar, kita harus mengetahui materi apa yang akan diujikan. Jangan sampai salah materi dalam belajar.

Di setiap pelajaran biasanya ada silabus atau kisi-kisi yang bisa dijadikan acuan. Kita juga bisa bertanya kepada guru. Ketahui juga bentuk soal yang akan diujikan, apakah pilihan ganda, esai, menjawab singkat, dsb. Selain materi, ada baiknya kita juga menyiapkan kumpulan soal ujian tahun lalu dari kakak kelas untuk dipelajari.

Pilih Lokasi Belajar yang Membangun Suasana

Pilih Lokasi Belajar yang Membangun Suasana-www.piknikdong.com

Pilih Lokasi Belajar yang Membangun Suasana-www.piknikdong.com

Memori otak kita bekerja lebih baik saat dihadapkan dengan hal yang mirip. Jika kita menerima suatu materi di kelas misalnya, kita akan lebih mudah mengingatnya lagi dengan suasana lokasi yang sama.

Kita bisa membuat suasana yang mirip seperti kelas di kamar kita untuk belajar demi persiapan ujian. Buat ruang belajar kita senyaman mungkin. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti meja, alat tulis dan buku teks. Jauhkan hal-hal yang sekiranya mengganggu proses belajar seperti video game.

Pilih Metode yang Tepat

Pilih Metode yang Tepat-licdn.com

Pilih Metode yang Tepat-licdn.com

Tiap pelajaran memiliki keunikan dan cara belajarnya masing-masing. Misalnya untuk belajar ilmu pasti yang mementingkan aplikasi konsep seperti matematika dan fisika, latihan menjawab soal adalah metode yang tepat. Sedangkan untuk ilmu sosial seperti sejarah dan bahasa asing, bisa digunakan semacam kartu memori (flash card) untuk mengulang hafalan.

Apabila bosan, kita bisa mengajak teman untuk berdiskusi dan saling memberi pertanyaan. Buat juga rangkuman ringkas dalam kartu kecil yang bisa dibawa ke mana-mana untuk dibaca sebagai persiapan ujian.

Buat Simulasi Ujian Semirip Mungkin

Buat Simulasi Ujian Semirip Mungkin-papasemar.com

Buat Simulasi Ujian Semirip Mungkin-papasemar.com

Sebuah simulasi untuk persiapan ujian akan mengurangi kegugupan kita dalam menghadapi ujian yang sebenarnya. Biasanya, simulasi ini diadakan oleh sekolah dengan suasana mirip ujian aslinya. Kita juga bisa membuat simulasi sendiri dan menyiapkan pertanyaan sesuai kisi-kisi. Tujuan utamanya adalah untuk membuat otak kita memanggil (recall) sebanyak mungkin memori.

Jangan Terlalu Banyak Belajar

Jangan Terlalu Banyak Belajar-maribelajar.blogspot.com

Jangan Terlalu Banyak Belajar-maribelajar.blogspot.com

Meskipun sedang sangat serius belajar untuk persiapan ujian, namun kita perlu ingat bahwa otak juga membutuhkan istirahat agar bisa tetap fokus. Supaya lebih terarah, buatlah jadwal khusus untuk mengulang pelajaran. Biasanya jadwal ini dibuat untuk sebulan sebelum ujian.

Sisipkan waktu khusus untuk refreshing. Bisa dengan bepergian ke suatu tempat atau melakukan hobi yang kita senangi. Tidak perlu melakukan hal yang ekstrem, karena kita juga perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit saat ujian. Bisa juga sekadar istirahat di rumah dan memperbanyak makan makanan bergizi.

Nah, itulah 5 strategi yang bisa dilakukan untuk persiapan ujian.  Seperti kutipan kata Benjamin Franklin berikut, “By failing to prepare, you’re preparing to fail”, yang artinya kurang lebih, bila Anda gagal merencanakan, artinya Anda berencana untuk gagal. Maka persiapan ujian yang baik sangat diperlukan untuk membantu kita agar lebih siap dan menghindari kegagalan dalam ujian. Jangan lupa pula untuk berdoa dan meminta restu orang tua sebelum ujian.

Be the first to write a comment.

Your feedback