Cara Membuat Anak Suka Matematika

Jessica,
2
Membuat Anak Suka Matematika

Matematika sejauh ini masih menjadi salah satu mata pelajaran yang paling ditakuti oleh sebagian besar siswa. Apakah hal itu juga terjadi pada anak Anda? Apabila demikian, berikut ini adalah beberapa cara membuat anak suka matematika yang bisa Anda lakukan.

  1. Ajak Bermain Sambil Berhitung

    Siapa sih yang tidak senang bermain? Seperti halnya bermain, belajar memang sudah seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Jadi, untuk membuat belajar menjadi menyenangkan, Anda bisa mengajak anak Anda untuk belajar matematika sambil bermain. Beberapa jenis permainan, seperti ular tangga dan congklak dapat Anda gunakan untuk mengajari mereka berhitung dan merupakan salah satu membuat anak suka matematika. Supaya lebih menyenangkan, undanglah teman anak untuk bermain bersama.

  2. Perbaiki Cara Berkomunikasi

    Beberapa orang tua mungkin memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan tentang pelajaran matematika di masa lalu. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang sampai saat ini masih menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga ketika anak mengalami kesulitan belajar, mereka malah mengatakan bahwa “Matematika itu memang sulit”. Akhirnya, anak pun ikut berpikir bahwa matematika itu sulit. Ucapan orang tua kepada anak secara berulang-ulang akan memengaruhi alam bawah sadar anak untuk selalu berpikir demikian. Oleh sebab itu, apabila anak Anda mengalami masalah dengan pelajaran matematika, katakan bahwa matematika itu mudah. Dia hanya perlu mencermati soal dan mengerjakannya dengan rumus matematika yang sudah ada.

  3. Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

    Pernahkah Anda mendapati anak Anda membawa pulang nilai matematika yang buruk? Mungkin Anda tidak melakukan hal ini, tapi beberapa orang tua akan memarahi anaknya saat mendapat nilai matematika yang buruk. Tidak hanya tertekan, anak-anak bisa merasa stres karena merasa rendah diri di hadapan keluarga sendiri. Oleh karena itu, hal yang perlu Anda lakukan adalah memaafkan anak sekaligus berterima kasih atas kejujuran dan keberaniannya menyampaikan nilainya yang masih jelek. Setelah itu, dampingi anak saat belajar supaya dia tidak merasa sendiri. Tanyakan selalu bagian yang belum dia mengerti, sampai dia bisa menyelesaikan semua soal dengan baik. Jika perlu, catat perkembangan nilai matematika yang diperoleh anak. Apabila dia sudah mendapat nilai yang tinggi, tanpa perlu menjanjikannya terlebih dahulu, berikan dia hadiah. Dengan begitu, dia tidak akan merasa rendah diri lagi. Sebaliknya, kepercayaan dirinya akan meningkat. Dia menjadi makin yakin bahwa dia bisa mengerjakan soal-soal matematika.

  4. Terapkan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

    Salah satu hal yang membuat anak sulit memahami matematika adalah karena dia berpikir bahwa matematika hanyalah soal angka dan tidak nyata. Akhirnya, mereka merasa bahwa pelajaran matematika itu tidak penting. Oleh sebab itu, anak perlu mengetahui betapa pentingnya matematika untuk kehidupan nyata dengan cara terlibat langsung dalam kegiatan sehari-hari yang menggunakan hitungan dan rumus matematika. Sebagai contoh, saat memotong kue, Anda bisa memberi pertanyaan kepada anak tentang bilangan pecahan. Saat sedang bepergian menggunakan mobil atau sepeda motor, Anda juga bisa menjelaskan fungsi spidometer pada kendaraan dan mengaitkannya dengan pelajaran matematika tentang kecepatan. Dengan demikian, anak menyadari bahwa matematika itu sangat berguna dan penting untuk dipelajari.

  5. Berikan Soal Cerita Matematika

    Mendengarkan cerita adalah satu hal yang disukai anak-anak. Mereka bisa membayangkan tokoh dan benda-benda dalam cerita sesuai keinginan mereka. Membuat soal matematika dalam bentuk cerita akan membuat anak lebih mudah memahami maksud soal. Melalui cerita, dia dapat membayangkan jumlah benda yang dikali, dibagi, ditambah, dan dikurangi, yang diberikan atau diperoleh tokoh-tokoh dalam cerita dengan lebih mudah dibandingkan dengan saat mereka hanya melihat angka-angka saja. Meskipun akhirnya anak tetap akan menghitung dengan angka-angka, setidaknya ini adalah membuat anak suka matematika dengan latihan melalui cerita dapat membuat anak menyadari bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan.

Menyukai pelajaran adalah kunci utama anak berprestasi. Semoga penjelasan mengenai cara membuat anak suka matematika di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Feedback

  1. Sahat Nainggolan


    Artikelnya sudah saya baca, sungguh menarik dan bagus untuk merangsang anak-anak gemar matematika. .

  2. kredit selbstaendig privatkredit widerrufen


    You do have a way with people! They look relaxed, and interesting in response to whatever you’re doing with them. She is beautiful! Thanks for the tips, too. Cynthia

Your feedback