5 Cara Tingkatkan Daya Ingat Anak

Jessica,
0
Teknik Mengajari Anak

Seringkali orang tua kerepotan menghadapi anak yang sulit mengingat sesuatu. Orang tua merasa bahwa daya ingat anak mereka masih tergolong lemah dan bingung bagaimana mengatasinya.

Jika ini terjadi pada anak Anda, ada baiknya Anda mulai mengenali teknik-teknik jitu untuk mempermudah anak mengingat. Teknik tersebut bisa mulai Anda terapkan ke anak dan lihat hasilnya.

Apa saja teknik yang dimaksud? Yuk, simak ulasan berikut ini:

  1. Teknik bermain warna

Teknik Bermain Warna

Teknik Bermain Warna

Warna ternyata memiliki pengaruh yang besar bagi daya ingat anak. Anak akan mudah mengingat sesuatu yang berkaitan dengan warna.

Jika anak Anda sudah berada di bangku sekolah dan sulit untuk menghapal hal-hal penting, ada baiknya Anda mengenalkan teknik ini. Mintalah anak untuk membaca buku pelajarannya dan menggoreskan spidol berwarna pada bagian kata-kata yang mereka anggap susah untuk diingat.

Memberikan highlight warna pada buku pelajaran akan membantu anak untuk mengingat dan mengulang ingatan tersebut di pikirannya. Cara ini telah terbukti secara ilmiah melalui ilmu neurologi.

  1. Teknik Visualisasi

Teknik Visualisasi

Teknik Visualisasi

Melakukan visualisasi akan suatu hal akan membantu meningkatkan daya ingat anak. Anak akan mudah mengingat sesuatu yang dilihat, didengar atau yang mengenai salah satu indera tubuhnya. Untuk itu, Anda bisa mencoba teknik visualisasi dalam rupa gambar, suara dan sentuhan.

Anda harus bertindak kreatif jika ingin melakukan hal ini. Misalnya, Anda bisa membuat gugusan planet atau bentuk tata surya dengan menggunakan kertas atau bola yang telah dihias menyerupai bentuk aslinya. Dengan melihat dan menyentuh, maka anak akan lebih mudah mengingat satuan tata surya tersebut.

  1. Teknik memancing ingatan

    Teknik memancing ingatan

    Teknik memancing ingatan

Saat anak harus mengingat sesuatu, arahkan ia untuk mengaitkannya pada sesuatu yang pernah terjadi. Dengan memancing ingatan anak dan menghubungkannya dengan obyek baru, maka anak akan lebih mudah mencerna dan menyimpannya di dalam ingatan mereka.

Misalnya saat Anda dan anak sedang membahas arti sungai dan anak sungai, maka ingatkan mereka atas aktivitas yang pernah Anda dan anak lakukan saat berada di sekitaran sungai Musi Palembang. Informasikan perbedaan melalui apa yang pernah dilihat oleh mata anak Anda.

  1. Teknik belajar berbeda

    Teknik belajar berbeda

    Teknik belajar berbeda

Berikan inovasi belajar kepada anak. Dengan begitu pengetahuan dan daya ingat anak akan bertambah.

Anda bisa mencoba dengan menerapkan konsep belajar yang berbeda, seperti menghafal dengan cara bercerita, melakonkan drama peran atau membuat obyek hafalan sebagai tebak-tebakan.

Teknik mengingat seperti ini akan memberikan kesan pembelajaran tersendiri bagi anak. Selain itu rangkaian sel saraf yang berfungsi untuk mengakses informasi juga turut terbangun.

  1. Teknik mengaji ulang aktivitas anak

    Teknik Mengajari Anak

    Teknik Mengajari Anak

Teknik review aktivitas yang telah dilakukan selama satu hari akan membantu perkembangan daya ingat anak. Dengan menerapkan hal ini, Anda secara tidak langsung membantu komunikasi anak menjadi lebih baik lagi.

Mintalah mereka untuk mengulang cerita aktivitas mereka selama satu hari penuh. Tanyakan hal-hal yang menarik terkait aktivitas tersebut. Tanyakan juga padanya tentang orang-orang yang ia jumpai selama satu hari tersebut. Cara ini akan membantu dia melakukan panggilan ingatan (recall) dan menyampaikannya secara lisan.

Jika anak masih berusia di bawah lima tahun, maka teknik ini bisa digantikan dengan cara meminta anak memasukkan barang mainan mereka ke tempat-tempat yang sudah disediakan. Mintalah mereka untuk mengelompokkan barang mainan tersebut dan menempatkannya pada wadah yang sesuai peruntukannya. Hal ini akan membantu anak mengingat hal-hal detail sekaligus meningkatkan kedisiplinannya.

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat anak. Mintalah pasangan dan anggota keluarga lain untuk membantu Anda menerapkan lima hal ini sehingga anak bisa menjadi lebih baik.

Be the first to write a comment.

Your feedback