Pertimbangkan 5 Faktor Berikut Sebelum Memilih Sekolah Swasta

Jessica,
0
Memilih Sekolah Swasta

Tahun ajaran baru kini semakin dekat. Anda yang memiliki anak usia sekolah mungkin telah merasa bingung dalam memilih sekolah. Pemilihan sekolah adalah salah satu kunci kesuksesan anak di masa depan. Sekolah yang baik dapat mengembangkan minat dan bakat anak sehingga potensi maksimalnya tercapai.

Bagi Anda yang telah memantapkan hati menyekolahkan anak ke sekolah swasta, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan, salah satunya memilih sekolah swasta. Kini, sekolah swasta semakin bertaburan di kota besar, dan masing-masing sekolah menawarkan fasilitas lengkap sebagai daya tariknya. Karena itu, memilih sekolah swasta bisa jadi membingungkan. Jika Anda kesulitan memilih sekolah swasta, berikut 5 faktor yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih.

Jarak dari rumah ke sekolah

Memilih Sekolah Swasta

pixabay.com

Sekalipun bagus, sekolah swasta yang terlalu jauh dari rumah akan membuat anak lelah setiap harinya karena perjalanan pulang-pergi yang menguras tenaga. Kemacetan di pagi dan siang hari dapat mengurangi potensi belajar anak. Karena itu, jika memungkinkan, pilihlah sekolah dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari rumah. Dengan memilih sekolah yang dekat dari rumah, Anda juga dapat menghemat biaya transportasi.

Kurikulum yang diajarkan

Memilih Sekolah Swasta

pixabay.com

Sebagian besar sekolah swasta mengajarkan kurikulum nasional 2013 pada siswanya. Namun, sekolah swasta internasional juga menawarkan kurikulum International Baccalaurate (IB) atau Cambridge. Jika Anda berencana menguliahkan anak ke luar negeri, tentunya sekolah dengan kurikulum internasional bisa menjadi pertimbangan. Siswa yang lulus dari sekolah berkurikulum internasional juga dapat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan melakukan penyetaraan ijazah terlebih dahulu.

Biaya sekolah

Memilih Sekolah Swasta

pixabay.com

Salah satu aspek terpenting yang harus dipertimbangkan saat memilih sekolah swasta adalah biaya yang perlu dikeluarkan. Selain biaya SPP, sekolah swasta juga umumnya mengenakan biaya gedung, biaya praktikum, biaya karyawisata, dan berbagai biaya lainnya. Pastikan Anda telah melakukan perencanaan keuangan sebelum mantap memasukkan anak ke sekolah swasta pilihan. Ingatlah bahwa setelah anak selesai bersekolah, Anda masih harus mengeluarkan biaya untuk kuliahnya kelak.

Fasilitas sekolah

Memilih Sekolah Swasta

pixabay.com

Sekolah swasta umumnya memiliki fasilitas yang lebih lengkap dari sekolah negeri, seperti laboratorium bahasa dan sains, lapangan olahraga, dan fasilitas pendukung ekstrakurikuler yang memadai. Kelengjapan fasilitas yang tersedia di sekolah swasta dapat mendukung minat dan bakat anak. Karena itu, fasilitas wajib menjadi poin yang harus dipertimbangkan saat memilih sekolah swasta. Namun, umumnya fasilitas yang tersedia berbanding lurus dengan biaya. Pilihlah sekolah yang menawarkan fasilitas yang memadai dan biaya yang masih terjangkau.

Kecocokan anak dengan sekolah

Memilih Sekolah Swasta

pixabay.com

Saat memilih sekolah, ajak anak mengunjungi calon sekolah barunya. Jika ia menyukai lingkungan sekolah, ia akan lebih betah dan prestasinya pun akan meningkat. Ingatlah bahwa yang akan menjalani kehidupan sekolah adalah anak Anda, bukan Anda. Hindari memaksakan kehendak soal sekolah yang harus dijalani anak. Jika memungkinkan, datangi sekolah pada hari “open house”, saat anak dapat mencoba belajar sehari di calon sekolahnya dan orang tua dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai sekolah.

Nah, setelah mempertimbangkan lima faktor berikut, siapkah Anda untuk mulai memilih sekolah swasta? Kami harap tips yang diberikan dapat membantu Anda memilih sekolah yang cocok dengan anak. Selamat memilih sekolah!

Be the first to write a comment.

Your feedback