8 Cara Mengajar Anak SD Kelas 4 yang Menyenangkan

Jessica,
0
8 Mengajar Anak SD Kelas 4

Belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh anak-anak usia sekolah. Karena menjadi rutinitas, terkadang beberapa anak merasa jenuh untuk belajar. Masalah ini sering  terjadi pada anak SD khususnya kelas 4, karena mereka mulai dipersiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional. Oleh karena itu, diperlukan cara mengajar anak SD kelas 4 yang bisa menciptakan suasana belajar menyenangkan. Harapannya anak-anak tidak merasa jenuh dan selalu semangat untuk belajar.

Anak-anak usia SD memiliki karakteristik tersendiri. Karena itu, Anda perlu mengenali karakteristik anak tersebut supaya bisa menerapkan cara mengajar anak SD kelas 4 yang tepat. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menciptakan suasana mengajar menyenangkan bagi si kecil.

Menjalin Interaksi

Cara Mengajar Anak SD Kelas 4

pixabay.com

Ketika Anda ingin mengajak anak untuk belajar, Anda tidak bisa memaksanya terlalu keras. Anda harus memulainya dengan melakukan pengkondisian. Caranya adalah dengan mulai menjalin interaksi bersama anak sehingga anak pun lebih siap untuk belajar. Anda bisa mulai untuk mengingatkannya ketika anak masih bermain ketika waktu belajar sudah tiba. Jadi, diperlukan “pancingan” terlebih dahulu agar anak menjadi lebih antusias untuk memulai belajar.

Membangkitkan Semangat

8 Mengajar Anak SD Kelas 4

pixabay.com

Sebelum proses belajar mengajar dimulai, cobalah untuk membangkitkan semangatnya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti, bernyanyi atau meneriakkan yel-yel. Hal ini dimaksudkan agar nantinya anak lebih siap untuk belajar. Cara ini memang terkesan sederhana namun dampaknya sangat bagus untuk menciptakan situasi belajar yang menyenangkan.

Manajemen Waktu

8 Mengajar Anak SD Kelas 4

pixabay.com

mengajarkan Anak mengelola waktu sejak dini merupakan hal yang penting, misalnya dengan membiasakan anak untuk belajar di pagai hari dan malam hari. Harapannya, anak Anda bisa mulai belajar untuk mengatur waktu sendiri. Cara ini mungkin terlihat sepele, tetapi dampaknya sangat besar bagi anak agar bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

Belajar Bersama Teman

8 Mengajar Anak SD Kelas 4

pixabay.com

Anak SD biasanya akan lebih senang ketika belajar bersama dengan teman-temannya. Jadi, Anda bisa meminta anak Anda untuk mengajak teman-temannya belajar bersama. Anda pun bisa ikut mengawasi bagaimana cara mereka belajar. Dengan cara ini, anak bisa belajar bahwa bekerjasama itu penting.

Praktik

8 Mengajar Anak SD Kelas 4

pixabay.com

Praktik atau melakukan secara langsung apa yang dipelajari merupakan cara mengajar anak SD kelas 4 yang mudah untuk dipahami. Hal ini karena anak-anak lebih tertarik ketika diberikan contoh saat belajar. Gambaran cara ini adalah seperti mengajarkan arah mata angina. Anda bisa meminta anak-anak untuk menunjukkan setiap arah mata angin tersebut.

Menggunakan Media Audio Visual

8 Mengajar Anak SD Kelas 4

pixabay.com

Untuk menghilangkan rasa bosan anak saat belajar, sesekali Anda bisa memanfaatkan fasilitas audio visual. Manfaatnya, anak bisa lebih tertarik untuk menyimak pembelajaran dengan menggunakan teknologi ini. Contohnya seperti, menggunakan proyektor untuk menunjukkan materi dalam bentuk video ataupun animasi. Dengan cara ini, harapannya anak akan lebih bersemangat untuk belajar.

Bermain dan Belajar

8 Mengajar Anak SD Kelas 4

pixabay.com

Anak usia SD sangat suka bermain. Oleh karena itu, Anda dapat memasukkan sebuah permainan ke dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Anda bisa menerapkan sistem pembelajaran yang berisi permainan-permainan kecil. Tentunya cara ini akan membuat anak lebih tertarik dan mudah untuk memahaminya.

Belajar dan Menggambar

8 Mengajar Anak SD Kelas 4

pixabay.com

Beberapa anak tertarik pada dunia seni, baik menggambar maupun mewarnai. Anda bisa memanfaatkan media seni ini untuk menjelaskan materi yang sedang diajarkan dan dipelajari. Jelaskan sambil menggambar obyek yang tengah dipelajari. Cara ini akan membuat materi belajar lebih mudah untuk melekat di otak anak.

Demikianlah beberapa cara mengajar anak SD kelas 4 yang efektif dan bisa anda terapkan dengan mudah. Dengan menyesuaikan karakteristik anak dan cara belajarnya, Anda bisa menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan. Yuk dicoba!

Be the first to write a comment.

Your feedback