Manfaat Menonton Film untuk Pembelajaran Si Kecil

Jessica,
0
Menonton film bisa mendukung kegiatan eksplorasi anak

Menghabiskan waktu bersama anak dengan menonton film adalah kegiatan yang menghibur sekaligus menyenangkan. Namun, tahukah Anda, film ternyata juga bisa dijadikan sebagai sarana belajar untuk anak. Memperkenalkan cerita dalam bentuk visual dan audio yang lebih nyata adalah salah satu manfaat menonton film untuk pembelajaran anak.

Film yang menarik dan sarat nilai-nilai pembelajaran tanpa disadari akan mendukung proses belajar anak. Selain itu, sejumlah manfaat lain di bawah ini juga bisa diambil ketika Anda memutuskan untuk mengajak anak menonton film.

Menonton film bisa mendukung kegiatan eksplorasi anak

Menonton film bisa mendukung kegiatan eksplorasi anak

Menonton film bisa mendukung kegiatan eksplorasi anak

Sama halnya seperti membacakan dongeng atau buku cerita, menonton film bisa menjadi kunci untuk refleksi diri dan menanamkan sikap keterbukaan dalam kegiatan eksplorasi anak. Jika anak Anda belum terlalu gemar membaca buku, film bisa menjadi alternatif lain untuk kegiatan eksplorasi tersebut.

Film menghadirkan gambaran konflik yang bisa dibandingkan dengan konflik yang juga terjadi di dunia nyata. Anak bisa menghubungkan pengalaman mereka atau menyimpulkan cerita dan pesan moral dari film yang ditonton melalui tampilan visual, audio, gerak-gerik para aktor, serta konsep spasial yang terkandung dalam latar film. Poin-poin tersebut sangat penting untuk menunjang kegiatan anak saat mulai mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

Jika Anda lebih senang memilih film berbahasa asing seperti bahasa Inggris untuk ditonton bersama anak, Anda telah membantu mereka untuk mengeksplorasi kosakata baru dalam bahasa asing serta belajar bahasa Inggris secara tidak langsung. Hal ini menjadi poin tambahan dari manfaat menonton film.

 

Film mendukung anak menjadi lebih kreatif

Film mendukung anak menjadi lebih kreatif

Film mendukung anak menjadi lebih kreatif

Selain menghibur dan menyenangkan, film dipercaya memiliki sejumlah keuntungan untuk perkembangan kreativitas anak. Menonton film mendorong anak untuk lebih imajinatif dan kreatif. Film-film yang penuh dengan nilai-nilai positif juga akan menciptakan lingkungan belajar yang mendalam dan penuh makna.

Jika Anda adalah orang tua atau guru, film juga bisa Anda jadikan sebagai media pembelajaran yang bisa memotivasi anak. Pengalaman yang diterima anak saat menonton film dapat menstimulasi mereka untuk belajar dengan cara yang lebih spontan, serta mengekspresikan ide-ide kreatif baru yang mereka terima.

Film adalah salah satu sarana belajar bahasa

Film adalah salah satu sarana belajar bahasa

Film adalah salah satu sarana belajar bahasa

Manfaat menonton film selain untuk media eksplorasi dan mengasah kemampuan berpikir kreatif adalah sebagai sarana belajar bahasa. Belajar bahasa melalui media visual seperti film adalah kombinasi dari proses input dan asimilasi bahasa. Dua poin tersebut menjadi proses kunci dalam pembelajaran bahasa.

Sama halnya dengan membaca atau dibacakan buku cerita, menonton film pun bisa membantu anak untuk mengembangkan proses input bahasa, apalagi jika anak sedang berada dalam masa belajar berbicara atau mengenal kosakata. Proses pemasukan informasi ini juga diimbangi dengan proses asimilasi atau penyesuaian, seperti memahami jalan cerita dari film untuk anak-anak usia sekolah.

 

Tiga manfaat menonton film yang disebutkan di atas bisa didapatkan dengan memilih film terbaik untuk ditonton. Pemilihan film yang tepat juga perlu diimbangi dengan pendampingan yang sesuai saat Anda menemani anak menonton film.

Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih film yang tepat untuk pembelajaran adalah nilai-nilai kultural yang terkandung dalam film. Anda bisa menyesuaikan film dengan usia anak agar mereka bisa memahami nilai-nilai tersebut. Pilihlah film ringan yang tidak membosankan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak sehingga Anda bersama mereka bisa menikmati kegiatan menonton film.

Saat mendampingi anak menonton film, Anda pun harus aktif mengajak mereka berdiskusi dan menjelaskan hal-hal yang belum dimengerti oleh mereka. Dengan begitu, manfaat menonton film untuk pembelajaran anak Anda bisa Anda dapatkan lebih sem

Be the first to write a comment.

Your feedback