Ingin Memberikan Tontonan untuk Anak? Berikut 7 Daftar Film Animasi Mendidik yang Sesuai Tumbuh Kembangnya

Jessica,
0
Film Animasi Mendidik

Memilih tontonan yang sehat untuk anak tidaklah mudah. Hal tersebut terjadi lantaran mereka adalah peniru ulung, tetapi belum bisa membedakan mana perilaku baik dan buruk. Melalui film animasi mendidik, orang tua bisa memberikan hiburan sesuai umur untuk si kecil. Selain itu, penyampaian pesan moral lebih bisa diterima oleh mereka berkat cerita serta penggambaran lucu tokoh. Apa saja tujuh daftar itu? Yuk, simak uraian berikut ini.

Curious George

Film Animasi Mendidik

flickr.com

Film animasi ini mengisahkan seekor monyet pintar bernama George yang mempunyai rasa ingin tahu tinggi seperti seorang anak secara umum. Dia bereksplorasi seorang diri, melakukan kesalahan, lalu Pria Bertopi Kuning akan mengajari bagaimana suatu hal dilakukan dengan benar.

Di setiap episode Curious George diselipkan pula pengetahuan dasar bagi anak seperti mengenal angka, huruf, dan warna. Ini akan sangat membantu orang tua dalam pembelajaran usia dini. Selain itu, cerita tentang persahabatan dan tolong menolong adalah muatan positif yang ingin dihadirkan oleh penulis.

Zootopia

Film Animasi Mendidik

commons.wikimedia.org

Film animasi mendidik yang satu ini memiliki tokoh utama bernama Judy Hopps. Dia adalah kelinci atau mamalia pertama yang menjadi anggota kepolisian, sehingga dipandang sebelah mata. Namun, dia tidak lantas menyerah begitu saja.

Judy Hopps bertekad untuk membuktikan bahwa dia mampu. Di suatu kesempatan, dia ikut serta dalam memecahkan suatu kasus bersama beberapa anggota kepolisian andalan. Langkah tersebut menjadi lompatan tinggi bagi karier si kelinci.

Kisah Judy Hopps memberikan sebuah motivasi bahwa semua orang berhak bermimpi, tidak peduli bagaimana keadaan dia saat ini. Selain itu, dapat ditanamkan pula pemahaman pada anak bahwa membeda-bedakan dan merendahkan orang lain itu tindakan buruk.

Elena of Avalor

Film Animasi Mendidik

1stplayable.com

Elena of Avalor merupakan film animasi garapan Disney. Cerita di sini sangat pas untuk dikonsumsi anak lantaran mengajarkan nilai kekeluargaan, lebih-lebih dalam hal tolong menolong. Oleh karena itu, tontonan ini dapat membantu orang tua dalam menanamkan rasa simpati pada si kecil dan ini termasuk salah satu gaya belajar efektif bagi sebagian anak.

Sponge Out of Water

Film Animasi Mendidik

commons.wikimedia.org

Apakah kata sponge pada film animasi mendidik ini mengingatkan Anda pada Spongebob? Anda tidak salah lantaran masih ada hubungan dengan warga Bikini Bottom tersebut. Hanya saja, ada perbedaan latar tempat dan karakterisasi dari versi asli.

Film animasi yang dirilis pada 6 Februari 2015 ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat, sehingga berhasil mendapatkan keuntungan sebesar 310 juta dolar. Hal tersebut dikarenakan terdapat enam sifat positif dalam tokoh Spongebob yaitu pekerja keras, disiplin, murah senyum serta ceria, hormat serta santun, setia kawan, dan pantang menyerah.

The Lorax

Film Animasi Mendidik

life360.com

Masalah lingkungan adalah fenomena yang akan terus berlangsung selama setiap individu tidak memiliki kesadaran untuk menjaga. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua menanamkan hal tersebut sedini mungkin pada anak, seperti memberikan tontonan The Lorax.

Animasi ini mengisahkan Ted yang berusaha mencari pohon asli untuk Audrey. Diketahui sang walikota, upaya menggagalkan pun dilakukan demi melindungi bisnisnya berdagang oksigen.

Mary and the Witch’s Flower

Film Animasi Mendidik

youtube.com

Petualangan magis Mary si gadis berambut merah dimulai setelah dia memetik satu tangkai bunga di dalam hutan. Kemudian, konflik muncul ketika temannya yang bernama Peter diculik oleh kepala sekolah. Apakah Mary berhasil menyelamatkannya?

Adapun dua poin penting yang ingin ditekankan penulis pada film animasi ini yaitu kejujuran dan tanggung jawab. Sikap tersebut perlu ditumbuhkan dari awal agar anak berani mengakui kesalahan dan mau menerima kosekuensi atas perbuatannya.

Adit dan Sopo Jarwo

Film Animasi Mendidik

media.iyaa.com

Kali ini, film animasi mendidik datang dari Indonesia. Sesuai judul, tokoh utama di sini adalah Adit, Sopo, dan Jarwo. Berasal dari negeri sendiri, pesan moral yang ingin disampaikan tentu lebih familiar untuk anak yaitu tentang pertemanan, toleransi, kejujuran, serta sedikit nilai religius lewat tokoh pak haji.

Itulah tujuh daftar film animasi mendidik yang sangat layak dikonsumsi anak lantaran memiliki berbagi pesan moral yang sangat relevan dalam kehidupan sehari-hari. Meski aman ditonton, sebaiknya orang tua turut mendampingi agar ada role model nyata dalam menyampaikan pesan moral tersebut.

Be the first to write a comment.

Your feedback