Mengenal Pendidikan Berkarakter di Indonesia Melalui Lima Film ini

Jessica,
0
Pendidikan Berkarakter

(Metadeskripsi)

Pendidikan berkarakter merupakan bagian dari pendidikan Indonesia. Nilai-nilai tersebut terkandung dalam film-film bertema pendidikan.

Pemerintah mengedepankan pendidikan berkarakter di setiap kurikulum sekolah di Indonesia.  Untuk mengenal lebih dekat seperti apa pendidikan di Indonesia, Anda bisa melihatnya dari berbagai film Indonesia yang mengangkat tema pendidikan. Untuk mengenal seperti apa nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya, Anda bisa menonton 5 film berikut ini.

 

5 Elang (2011)

Pendidikan Berkarakter

celebrity.okezone

 

Film 5 Elang ini dibuat tahun 2011 dengan mengangkat tema pendidikan sebagai jalan ceritanya. Film ini bercerita tentang tentang petualangan 5 anak saat mengikuti perkemahan pramuka. Film ini dimulai dengan kepindahan Baron dari Jakarta ke Balikpapan. Kepindahan Baron bertepatan dengan acara perkemahan yang harus diikuti Baron saat liburan sekolah. Petualangan pun terjadi saat perkemahan tersebut. Pendidikan berkarakter yang diangkat dalam film ini terdapat dalam kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan serta 10 pilar dasadarma menjadi kegiatan yang dapat menumbuhkan karakter bangsa dan menjadi standar tingkah laku pramuka di masyarakat.

 

Laskar Pelangi (2009)

Pendidikan Berkarakter

Deweezz

 

Siapa yang tidak tahu film Laskar Pelangi? Film yang diadaptasi dari novel terkenal yang ditulis Andrea Hirata. Film ini menceritakan 10 tokoh yang bernama Ikal, Lintang, Sahara, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Harun yang ingin tetap bersekolah walau tidak mampu secara finansial. Mereka berjuang agar sekolah mereka, SD Muhammadiyah tidak ditutup. Dan Bu Mus, seorang guru yang menginspirasi serta memiliki karakter tidak mudah menyerah dalam memajukan pendidikan. Nilai-nilai pendidikan berkarakter yang diangkat dalam film ini banyak sekali. Anda bisa melihat adanya rasa menghargai dalam keberagaman, peduli terhadap lingkungan sekitar, kasih sayang, kerjasama, serta kepemimpinan.

 

Denias Senandung di atas Awan (2006)

Pendidikan Berkarakter

papasemar

 

Film ini bercerita tentang Denias dan perjalanan hidupnya dalam meraih impian, yaitu bersekolah. Denias tinggal di dalam lingkungan masyarakat suku Boneo, di daerah Papua, Irian Jaya. Tidak ada sekolah resmi dan layak untuk dijadikan tempat belajar di daerah tempat tinggalnya. Tetapi dia dan anak-anak kampung tetap bersekolah walau hanya di sebuah Honei, bangunan yang dibuat untuk sekolah darurat. Nilai pendidikan berkarakter yang bisa Anda temui di film ini, yaitu nilai religius, kesabaran, semangat dalam mencapai cita-cita, tidak mudah menyerah, nilai sosial, serta menjunjung nilai budaya yang berlaku dengan baik.

 

Alangkah Lucunya Negeri ini (2010)

Pendidikan Berkarakter

goodnewsfromindonesia

 

Film Alangkah Lucunya Negeri ini dibuat pada tahun 2010. Film ini bercerita tentang dua pemuda yang mencoba menyadarkan anak-anak pencopet untuk beralih profesi menjadi pengasong dengan cara mendidik dan mengajari baca, tulis, dan hitung. Dua tokoh dalam film ini mencoba mengubah pola pikir anak-anak pencopet melalui pendidikan untuk berpikir lebih maju. Nilai pendidikan berkarakter yang bisa Anda temui dalam film ini adalah nilai-nilai dari sisi religiositas, hubungan manusia dengan diri sendiri, kejujuran, menghargai karya dan prestasi orang lain, demokratis, peduli, dan komunikatif,  serta nilai kebangsaan, yaitu nasionalisme.

 

Tanah Surga… Katanya (2012)

Pendidikan Berkarakter

Kapan lagi

 

Film yang berjudul Tanah Surga… Katanya dibuat pada tahun 2012. Film ini mengangkat rasa nasionalisme orang-orang yang tinggal di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Film ini memfokuskan pada tokoh bernama Hasyim. Dia tinggal dengan anaknya Haris serta cucu laki-laki, Salman dan cucu perempuan, Salina. Plot dalam cerita ini mengetengahkan konflik batin terhadap kesetiaan masyarakat Indonesia yang tinggal di perbatasan. Konflik batin juga terjadi pada Hasyim. Tetapi berkat cinta dan tanah airnya serta rasa nasionalismenya yang tinggi pada Indonesia, dia tetap dengan kesungguhannya memilih untuk bertahan menjadi warga NKRI. Jika menonton film ini, Anda akan terenyuh dan menyaksikan dengan sangat jelas nilai pendidikan berkarakter yang diangkat di film ini. Nilai cinta tanah air dan nasionalisme terhadap Negara Republik Indonesia.

Kelima film ini mengangkat tema pendidikan dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan berkarakter di dalamnya. Film-film ini sangat layak ditonton dan juga menginspirasi bagi keluarga Anda.

Be the first to write a comment.

Your feedback


Deprecated: WP_Query was called with an argument that is deprecated since version 3.1.0! caller_get_posts is deprecated. Use ignore_sticky_posts instead. in /var/www/vhosts/educenter.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5495