Yuk bikin belajar bahasa Inggris anak jadi lebih seru!

Jessica,
1
Source - pixabay

Belajar bahasa asing—terutama Bahasa Inggris—sudah menjadi hal yang lumrah di era global saat ini. Bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa Internasional paling banyak digunakan di dunia. Faktanya, menurut wikipedia, tercatat lebih dari 40 negara menggunakan bahasa ini.

Tren belajar bahasa Inggris bukan lagi digandrungi dewasa yang ingin menunjukkan skill-nya. Anak-anak, yang sejatinya memiliki kemampuan mengingat dan menyerap pengetahuan yang tinggi, sangat baik untuk diajari Bahasa asing.

Namun, mengajarkan bahasa kedua pada anak bukanlah hal yang mudah, karena selain anak sedang memperdalam bahasa ibunya, fokus belajarnya masih sering terganggu dengan keinginannya bermain.

Untuk itu, sebagai orang tua, kita harus kreatif dalam mengajarkan ilmu komunikasi yang satu ini. Dengan mengajarkan bahasa Inggris sedari kecil, kelak anak akan mendapatkan manfaatnya di masa mendatang.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar belajar bahasa Inggris menjadi lebih seru.

Bermain Bersama

Bermain sambil belajar – pixabay.com

Siapa bilang belajar harus selalu serius. Banyak anak-anak yang kerap merasa bosan setelah mendengar kata “belajar”. Namun akan berbeda proses belaja tersebut dilakukan melalui media permainan.

Bermain dan belajar memang terdengar berlawanan, tetapi kombinasi kegiatan ini akan menciptakan sebuah aktivitas yang menyenangkan, seru, dan tidak membosankan. Anak jadi lebih betah berlama-lama dan menimbulkan rasa ingin tahu. Tidak hanya mengajaknya berbicara menggunakan bahasa Inggris, mengajak anak untuk bermain kata juga bisa menjadi solusi yang tepat.

Melalui permainan, selain bisa langsung memantau perkembangan anaknya, orang tua juga bisa lebih dekat dengan anak. Salah satu permainan belajar bahasa Inggris yang seru dan populer adalah Scrabble. Melalui permainan ini, anak diajak menemukan dan menghafal kosa kata dengan cara yang menyenangkan.

Manfaatkan Aplikasi yang Ada pada Gadget

Aplikasi Bahasa Ingris Gadget – relativelylife.blogspot.co.id

Di era yang serba digital ini, sayang rasanya jika kita tidak teknologi yang ada. Sekarang bukan hanya orang dewasa yang menggunakan benda canggih ini, tetapi banyak juga orang tua yang memperkenalkan gadget pada anaknya.

Daripada mengunduhkan aplikasi games atau permainan, akan lebih baik jika orang tua mencarikan  aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa membuat belajar bahasa Inggris anak menjadi lebih menyenangkan. Cara ini cukup efektif, mengingat anak lebih mudah mengingat dari tampilan visual dan audio yang menarik.

Gunakan Musik dan Film sebagai Media

Menonton Tv – medan.tribunnews.com

Menonton film menjadi pilihan yang pas untuk keluarga yang suka menghabiskan waktu bersama. Selain bisa saling mendekatkan satu sama lain, menonton juga bisa dijadikan sarana belajar, seperti misalnya menonton tayangan kartun berbahasa Inggris.

Agar lebih optimal, pastikan orang tua tidak menyertakan terjemahannya. Dari sini tanpa sadar anak jadi belajar bahasa inggris dengan menambah kosa kata ataupun memperlancar pelafalannya.

Selain menonton film, orang tua juga bisa mencarikan lagu-lagu berbahasa Inggris sederhana yang easy listening dan mudah dicerna oleh anak-anak. Melalui musik yang menyenangkan, belajar juga bisa menjadi kegiatan yang tidak membosankan.

Percayakan pada Tempat Kursus

Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris

Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris

Bagi orang tua yang sibuk, mereka bisa memercayakan anaknya untuk mengikuti les. Sekarang ini, banyak sekali tempat kursus belajar bahasa Inggris yang terkenal dan menjamin anak bisa berbahasa dengan baik. Tentunya orang tua harus memilah-milah dengan cerdas tempat kursus seperti apa yang cocok untuk anaknya. Mulai dari seberapa bagusnya review tempat kursus itu, sampai fasilitas yang disediakan yang bisa menunjang perkembangan belajar anak. Semua harus dipikirkan dengan matang.

Agar lebih optimal, pastikan orang tua tidak menyertakan terjemahannya. Dari sini tanpa sadar anak jadi belajar bahasa inggris dengan menambah kosa kata ataupun memperlancar pelafalannya.

Banyak cara-cara menyenangkan yang bisa membantu anak jadi lebih senang belajar Bahasa Inggris. Tetap pastikan cara itu sesuai dan seru untuk anak sehingga anak tidak mudah jenuh.

 

Feedback

Your feedback