Miliki 5 Sikap Ini Supaya Tidak Mudah Menyerah Saat Belajar Bahasa Inggris!

Jessica,
0
Source - pixabay

Ada banyak alasan kenapa orang perlu belajar Bahasa Inggris, di antaranya untuk memperoleh beasiswa hingga melamar pekerjaan. Tak heran, banyak orang yang mencari cara untuk mempelajari Bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Ada banyak cara mempelajari Bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan, mulai dari mengikuti kursus hingga belajar melalui situs online.  

Kebanyakan orang menganggap bahwa Bahasa Inggris sulit dipelajari. Banyaknya kosa kata yang harus dihapal membuat kita sering kali mudah menyerah, padahal bahasa Inggris sangat bermanfaat, terutama untuk kamu yang ingin studi di luar negeri.

Dengan semakin ketatnya persaingan, menguasai Bahasa Inggris sangat penting untuk membantu studi maupun karier kita. Menguasai bahasa Inggris tidaklah instan karena dibutuhkan kesabaran dan sikap pantang menyerah. Berikut ini ada beberapa sikap yang perlu kamu miliki agar tidak mudah menyerah saat belajar bahasa Inggris.

 

1. Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar

Source - news.okezone

Source – news.okezone

 

Banyak orang yang mengalami kesulitan belajar karena takut membuat kesalahan saat belajar bahasa Inggris, baik kesalahan lisan maupun tulisan. Perlu diingat bahwa kesalahan yang muncul ketika proses belajar berlangsung sangatlah wajar.

Saat kita mengetahui bahwa kita melakukan kesalahan, secara otomatis hal tersebut membuat kita mengetahui mana yang benar. Jika kita mengetahui hal yang benar, kita akan mampu memperbaiki kesalahan. Dengan demikian, Bahasa Inggris kita pun akan mengalami kemajuan dari hari ke hari.

 

2. Percaya diri

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Selalu tanamkan kepercayaan pada dirimu sendiri. Sebab, Tuhan telah menciptakan kita semua dalam bentuk serta potensi sebaik-baiknya. Jangan pernah merasa minder saat kamu ingin mempelajari hal baru, seperti Bahasa Inggris.

Memiliki rasa percaya diri yang baik akan membantu proses belajar bahasa Inggris lebih mudah dan menyenangkan. Kamu tidak akan mudah menyerah dalam menghadapi tantangan saat proses belajar. Kamu juga akan merasa yakin dapat menguasai Bahasa Inggris cepat atau lambat.

 

3. Bersabar

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Ingatlah bahwa tidak ada sesuatu yang instan. Semua hal yang ada membutuhkan waktu, apalagi proses pembelajaran. Buang jauh-jauh pikiran bahwa kamu bisa menguasai Bahasa Inggris dalam waktu sekejap.

Nikmatilah proses belajar yang kamu lalui untuk membantumu tetap bersemangat dalam mempelajarinya. Ada tahapan proses yang harus kita lalui saat belajar Bahasa Inggris sehingga penting untuk menghilangkan rasa benci saat melewatinya dan berusahalah untuk menikmatinya.

 

4. Selalu berpikir positif

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Kamu adalah satu-satunya orang yang mampu mengendalikan pikiran serta emosi yang ada di dalam diri. Pikiran akan menjadi penentu sikap serta langkah saat belajar.

Namun, permasalahan yang sering kali muncul adalah banyaknya pikiran negatif yang menurunkan semangat belajar. Tetaplah berpikir positif dengan mencari tahu di mana titik kelemahanmu dan berusahalah memperbaikinya. Dengan berpikir positif, semangat belajar bahasa Inggris akan tetap terjaga.

 

5. Jangan malu bertanya

Belajar - pixabay.com

Source – pixabay

 

Dalam proses belajar bahasa Inggris, kita akan banyak menemukan masalah. Misalnya, ragu dengan konteks penggunaan tata bahasa atau kata yang tidak kita ketahui artinya. Saat kamu merasa tidak tahu atau ragu, sebaiknya tanyakan kepada orang yang lebih memahaminya.

Hindarilah perasaan malu bertanya karena takut dianggap bodoh. Perlu diingat bahwa bertanya pada orang yang tepat akan membuat kamu lebih mampu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris.

Itu dia 5 sikap yang harus kamu miliki saat belajar bahasa Inggris. Jadi, mulai sekarang tidak perlu lagi merasa kalau bahasa Inggris itu susah. Dengan kesabaran dan sikap pantang menyerah akan membantu kamu untuk lebih mudah menguasai bahasa Inggris. Semoga bermanfaat!

Be the first to write a comment.

Your feedback