Mengapa Belajar Bahasa Asing ini Penting

Jessica,
1

Bahasa Inggris sudah menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang. Dengan semakin berkembangnya perekonomian dan bisnis lintas negara, orang yang memiliki tambahan kemampuan bahasa asing selain Inggris semakin dicari. Oleh karenanya, tak mengherankan jika tempat kursus bahasa Inggris menjamur di Indonesia.

Lalu, apa saja bahasa yang penting dipelajari dan mengapa bahasa tersebut penting? Berikut ulasannya.

  1. Bahasa Cina/Mandarin digunakan oleh 14 Persen Populasi Dunia
Source - wikipedia

Source – wikipedia

Bahasa Cina merupakan bahasa asing yang penting dipelajari karena dipakai oleh lebih dari 800 juta orang. Bahasa Cina dipakai sebagai bahasa sehari-hari di beberapa negara selain Indonesia, yaitu Singapura, Tibet, Taiwan, Hong Kong, Macau dan lainnya. Negara-negara berbahasa Cina tersebut memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dan diprediksi mendongkrak ekonomi Asia hingga mengalahkan India dan Eropa.

Bagi kebanyakan orang, bahasa Cina sulit dipelajari karena sistem penulisan yang kompleks dan intonasi yang multiarti. Namun, belajar bahasa asing ini akan sangat berharga dalam karier dan pergaulan.

  1. Bahasa Spanyol Bisa Memperdalam Wawasanmu tentang Budaya Latin
Source - kelaspoligot

Source – kelaspoligot

Ada yang mengatakan kalau bahasa Latin adalah akar dari bahasa yang banyak digunakan saat ini, terutama bahasa Spanyol, Perancis, dan Italia. Oleh karena itu, mempelajari bahasa Latin seperti mempelajari keseluruhan tata bahasa Indo-Eropa.

Bahasa Spanyol adalah bahasa yang resmi yang dipakai di Amerika Utara (Mexico), Karibia, Amerika Selatan, dan Afrika (Guinea Khatulistiwa). Struktur bahasa Spanyol jauh lebih sederhana dibandingkan dengan bahasa mandarin. Bahkan beberapa orang mengatakan, belajar bahasa Spanyol lebih mudah dibandingkan belajar bahasa Inggris karena hampir 30 persen kosakatanya berasal dari bahasa latin.

  1. Bahasa Arab bukan hanya untuk mengerti agama, tapi juga urusan bisnis
Source - pixabay

Source – pixabay

Kedatangan Raja Salman ke Indonesia menghasilkan perjanjian di bidang keamanan, budaya, investasi, pertanian-perikanan, UMKM, dan lainnya. Artinya, akan ada banyak kerja sama yang membutuhkan orang yang mampu berbahasa Arab.

Sama dengan bahasa lainnya, bahasa Arab juga memiliki dialek tergantung daerahnya. Bahasa Arab dialek gulf paling banyak dipakai, terutama di Bahrain, Kuwait, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Qatar.

Tantangan belajar bahasa arab adalah kamu perlu menghafalkan kombinasi bentuk tunggal dan jamak dari setiap kata benda. Aturan tata bahasa Arab sangat banyak, salah satunya adalah perubahan kata benda sesuai pembicaranya. Meski demikian, bahasa Arab sangat terstruktur.

  1. Bahasa Perancis Digunakan di Berbagai Institusi Internasional
Source - garisbuku

Source – garisbuku

Jika kamu bermimpi untuk bekerja di institusi internasional, maka belajar bahasa Perancis ini wajib di samping tiga bahasa di atas. Beberapa institusi internasional yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi/working language di antaranya Komisi Eropa (European Comission), Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN), Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), Organisasi Buruh Internasional (ILO), dan sebagainya.

Bahasa Perancis adalah satu-satunya bahasa yang diajarkan di setiap negara setelah berbahasa Inggris. Tingkat kesulitan belajar bahasa Perancis setara dengan bahasa Spanyol. Namun, bahasa Perancis memiliki aksen dan pelafalan khusus.

Terkadang, terjadi peleburan kata jika akhir suatu kata berhuruf konsonan dan kata berikutnya di awali vokal. Selain itu, perubahan kata kerja tergantung dari subjek/pembicara dan kata benda memiliki ‘gender’ yang menentukan arti sebuah kalimat.  

  1. Bahasa Jepang Menunjang Pengembangan Jaringan Baru
Source -dreamstime

Source -dreamstime

Salah satu pengguna internet terbesar di dunia ternyata berbahasa Jepang. Oleh karena itu, fasih bahasa Jepang akan meningkatkan kemungkinan profil/usahamu agar dilirik mereka. Inovasi dan teknologi terbaru dari Jepang bisa dipelajari secara langsung jika kamu mengerti bahasa asing ini.

Belajar bahasa Jepang secara lisan lebih mudah dibandingkan tulisan. Hal ini dikarenakan bahasa Jepang tidak membutuhkan intonasi khusus. Lain halnya ketika memahami bahasa Jepang tulisan. Kamu perlu mempelajari tiga karakter bahasa Jepang, yaitu Katakana, Kanji, dan Hiragana.  

Nah, selain untuk mengembangkan keterampilan, menguasai bahasa lain juga akan bermanfaat dalam berbagai kesempatan. Misalnya, pengalaman traveling-mu akan semakin kaya jika menguasai bahasa lokal. Kamu bisa berinteraksi dengan penduduk setempat untuk mendalami budaya mereka secara langsung.  

Feedback

Your feedback