4 Tips Mengatasi Murid yang Sulit Fokus Belajar

Jessica,
0
Sulit Fokus Belajar

Murid bisa sulit fokus belajar ketika ia selalu disibukkan dengan hal lain tiap kali guru menerangkan materi pembelajaran. Ketika murid ditanya mengenai pelajaran tersebut, ternyata dia tidak memahami materi yang disampaikan. Mengatasi murid yang sulit fokus belajar bisa dimulai dengan melatih konsentrasi hingga memahami penyebab sulitnya fokus belajar anak didik Anda.

Salah satu alasan murid sulit fokus belajar adalah ada hal lain yang menurut dia lebih menarik perhatian. Inilah yang dinamakan stimulus. Faktanya, anak-anak bisa lebih betah berlama-lama bermain games atau menonton video dibandingkan harus menerima pelajaran selama berjam-jam. Ini dikarenakan games bisa menyuplai zat kimiawi otak yang berfungsi untuk mengatur fokus. Lalu, bagaimana cara mengatasi murid yang sulit fokus belajar? Praktikkan tips-tips berikut ini.

Lakukan pendekatan pada murid

Sulit Fokus Beajar

pixabay.com

Dalam proses pendekatan ini, tanyakan pada murid mengenai apa saja yang membuatnya sulit fokus belajar. Hindari menanyakan mengapa ia tidak fokus, namun tanyakan tentang apa yang membuatnya mau mengerjakan tugas sampai tuntas (stimulus). Dengan mengetahui stimulusnya, Anda bisa mencari aktivitas lain yang lebih menarik perhatian murid tersebut. Lakukan aktivitas tersebut sambil mengamati perkembangan tingkat konsentrasi murid Anda.

Dalam fase ini, Anda juga bisa meyakinkan bahwa murid mampu untuk menyelesaikan tugasnya. Tanamkan pada pikirannya tentang rasa percaya diri. Ketika seorang murid memiliki rasa percaya diri, maka konsentrasinya juga akan naik secara signifikan. Dia akan merasa mampu untuk memahami materi pembelajaran sehingga dia bisa fokus menyelesaikan tugas dengan baik. Bahkan rasa percaya diri juga salah satu penentu kesuksesan murid.

Berikan jeda dalam pemberian tugas

Sulit Fokus Belajar

pixabay.com

Selain faktor eksternal (contoh: teman sekelas), penyebab murid sulit fokus belajar adalah faktor internal, yaitu dirinya sendiri. Ini terjadi ketika si murid sangat mudah teralihkan oleh pikirannya sendiri. Misalnya ketika murid menerima pelajaran dari guru, tiba-tiba terpikir hal lain sehingga langsung bergerak menuju hal yang dipikirkan tersebut. Tentu hal ini juga mengganggu proses pemahamannya pada pelajaran yang diberikan.

Jangan biarkan murid Anda berkutat pada satu tugas dalam waktu yang lama karena akan membuatnya cepat bosan dan lelah. Anda perlu memilah tugas-tugas ke beberapa bagian. Beri mereka jeda setelah menyelesaikan satu tugas. Anda bisa memperdengarkan musik yang lembut atau video yang bisa membuat mereka diam lebih lama.

Gunakan media pembelajaran yang menarik

Sulit Fokus Belajar

pixabay.com

Ada berbagai macam media pembelajaran menyenangkan yang bisa membuat murid Anda betah belajar. Sebagian anak-anak akan menyukai belajar dengan games atau video. Anda bisa unduh berbagai macam video pembelajaran sesuai topik yang akan Anda bahas dan menampilkannya ke murid. Selain itu, Anda bisa mengkreasikan materi pembelajaran menjadi sebuah permainan yang menarik. Mungkin awalnya sedikit rumit untuk memberi mereka petunjuk permainannya. Akan tetapi, jika para murid telah memahami jalannya permainan, maka pembelajaran akan berjalan kondusif. Pastikan level kesulitan permainan yang Anda gunakan sesuai dengan level pendidikan murid Anda.

Konsultasikan dengan orang tua murid

Sulit Fokus Belajar

pixabay.com

Sebagai seorang guru, penting bagi Anda untuk selalu berhubungan baik dengan orang tua murid. Ceritakan perihal permasalahan apa yang Anda hadapi ketika mengajari anaknya tersebut. Hubungan yang baik antara guru dengan orang tua juga berdampak baik bagi murid. Jika orang tua mengetahui permasalahan anaknya di sekolah, maka mereka akan ikut bertindak mengatasi permasalahan tersebut. Bagaimanapun, peran orang tua dalam mengatasi murid yang sulit fokus belajar tetaplah yang terpenting.

Demikianlah tips mengatasi murid yang sulit fokus belajar. Selamat mempraktikkannya!

Be the first to write a comment.

Your feedback